Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Strategi Jitu Ajukan Kredit untuk Bisnis

by hanna on 23 September, 2015

Dalam waktu dekat ini Anda berencana memulai bisnis. Setelah mencari teori yang ada, ditemukan bahwa ketika ingin memulai bisnis diperlukan keahlian, kreativitas, networking, motivasi, serta tekad kuat.

Walaupun segala hal itu terdengar sebagai paket lengkap yang ideal, namun pada kenyataannya yang kerap kali dibicarakan justru modal uang. Mengajukan pinjaman atau kredit usaha dalam mengembangkan bisnis pun ada dalam pilihan.

Agar Anda tidak gagal dalam mengajukan pinjaman atau kredit untuk tujuan tersebut, berikut adalah beberapa langkah yang perlu diketahui:

Tentukan tujuan baik dari uang yang dipinjam

Tentu saja tujuan pinjaman Anda ini adalah untuk berbisnis. Namun ketika berbicara tentang pinjaman untuk bisnis, ada alasan baik dan alasan buruk. Dan hal itu bisa menjadi acuan apakah Anda layak diberi pinjaman oleh pihak pemilik uang.

Biasanya, alasan yang baik adalah uang yang dipinjam terkait dengan tujuan pembiayaan peralatan, pembelian properti, pengembangan perangkat lunak dalam jangka panjang, atau pengembangan produk dalam musim tertentu – misalnya menjual pakaian di saat musim lebaran.

Sebaliknya, alasan yang buruk adalah uang yang dipinjam ditujukan untuk mengatasi kerugian keuangan yang sedang berlangsung – jika Anda ternyata sudah memulai bisnis sebelumnya, membangun kantor, atau memperoleh aset bisnis yang tidak esensial.

Tentukan banyak uang yang dibutuhkan

Pemberi pinjaman akan menilai besar kecilnya bisnis Anda. Karena itu, jangan meremehkan jumlah uang yang ingin diajukan. Sebab sebuah usaha kecil tidak meminta pinjaman yang besar.

Sementara itu, ketika terlalu melebih-lebihkan jumlah uang yang ingin dipinjam dan tidak sebanding dengan nilai bisnis yang dimiliki, maka pemberi pinjaman nantinya akan mempertanyakan.

Bila perlu, cobalah untuk memiliki dan membuktikannya dengan rencana anggaran yang didukung oleh proyeksi keuangan akan bisnis yang dilakukan. Misalnya, dengan menyertakan laporan laba dan rugi, serta laporan arus kas yang wajar.

Ketahui nilai kredit Anda

Pemberi pinjaman juga akan melakukan penilaian dengan melihat nilai kredit atau kemampuan kredit yang Anda miliki sebagai pemilik bisnis. Agar aman, cobalah ketahui dari awal apa yang dicari oleh pemberi pinjaman, dan bagaimana membandingkan skor yang dimiliki, dengan harapan mereka. Jadi, Anda bisa menghitung dan mengukur jenis usaha dan jumlah pinjaman yang bisa diajukan.

Bandingkan pinjaman

Setiap pemberi pinjaman memiliki kriteria dan persyaratan yang berbeda. Mereka juga memiliki bunga yang berbeda. Ada baiknya Anda membandingkan terlebih dahulu bank-bank yang memiliki kredit usaha. Lakukan riset kecil untuk bank yang Anda ingin pilih. Cara mudahnya adalah dengan melakukan perbandingan kredit usaha secara online.

Buat paket dokumen

Saat melakukan pengajuan pinjaman, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Agar tidak terburu-buru dan bisa mengajukan pinjaman untuk beberapa bank yang telah dibandingkan, siapkan beberapa peket dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen-dokumen ini biasanya seperti data Anda sebagai pemilik bisnis dan rencana bisnis yang Anda miliki, laporan dan proyeksi keuangan, informasi keuangan pribadi.

Baca selengkapnya…

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.