Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Strategi Jitu Bangun Bisnis yang Sukses Bersama Pasangan

by Rafly Aditia on 21 Januari, 2016

tips atur uang untuk pasangan _ investasi - CekAja.com

Menjalani bisnis yang dibangun bersama pasangan sangat mungkin menjadi menyenangkan. Selain bisa menjadi bos bagi diri sendiri, kamu juga tetap bisa menghabiskan waktu bersama pasangan.

Sayangnya, acap kali bisnis yang dibangun bersama pasangan berujung pada kegagalan apabila kamu tidak merencanakan dan menjalaninya dengan baik. Maka dari itu kamu harus mengetahui strategi yang tepat untuk model bisnis seperti ini. Berikut ini tips yang perlu kamu jalani bersama pasangan demi membangun bisnis yang sukses.

Cocokkan ide dengan si dia

Hal pertama yang harus kalian berdua lakukan adalah membuat daftar ide bisnis beserta konsepnya. Setelah itu, gabungkan daftar tersebut dan carilah kecocokan.

Kombinasikan konsep-konsep yang telah ada di pikiranmu dan si dia untuk dijadikan sebagai sesuatu yang unik, baru, dan pastinya menarik minat para calon pelanggan kamu nantinya.

(Baca juga: Inspirasi Usaha yang Bisa Dijalankan Sambil Kerja Kantoran)

Miliki semangat bersama

Berhubung kamu membangun bisnis ini bersama pasangan, pastikan kalian berdua sama-sama memiliki semangat tinggi. Pastikan juga kamu dan pasangan akan terus berusaha bersama.

Jangan sampai semangat kamu atau pasanganmu mengendur di tengah jalan. Hal ini bisa membuat rencana bisnis yang sudah dijalankan berantakan.

Tetapkan tujuan

Saat merencanakan sesuatu, maka kamu harus memiliki tujuan. Buat daftar tujuan-tujuan bisnis kalian berdua dalam jangka pendek dan jangka panjang. Melalui tujuan-tujuan tersebutlah kalian bisa membangun strategi untuk menjalankan bisnis.

Dengan tujuan yang telah ditetapkan, kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam waktu dekat ini serta apa saja yang harus dimiliki untuk mendorong perkembangan bisnis nanti.

Lakukan analisa risiko

Jangan lupa untuk melakukan analisa risiko dari bisnis ini. Yup, tidak ada bisnis besar yang berjalan lancar tanpa hambatan. Pasti apa saja hambatan yang akan kalian hadapi. Untuk itu diperlukanlah analisa risiko jauh hari sebelumnya. Sehingga kamu bisa mengetahui bagaimana caranya mengatasi masalah yang mungkin saja menimpa bisnis tersebut.

Atur perencanaan keuangan

Hal yang sangat penting dalam bisnis adalah perencanaan keuangan. Benar sekali, kamu harus mengatur rencana keuangan bisnis kamu bersama pasangan. Sebaiknya, mulai dari hal yang paling dasar yaitu urusan modal.

Berapa uang yang harus kalian keluarkan masing-masing untuk modal bisnis. Lalu buat daftar apa saja barang dan kebutuhan yang perlu dibeli untuk menunjang bisnis.

(Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Bagi-bagi tugas

Pastikan bahwa kamu dan pasangan memiliki tugas masing-masing yang harus dikerjakan dalam menjalankan bisnis tersebut. Jangan pernah membiarkan satu pekerjaan ditangani berdua selama masih bisa ditangani sendiri.

Karena hal ini tidak hanya mengurangi efektifitas dan efisensi dalam berbisnis, tetapi juga berpotensi memicu konflik di antara kalian berdua. Jadi, bagilah tugas pekerjaan sesuai kemampuan dan minat.

Disiplin dan profesional

Setelah selesai melakukan keenam langkah di atas, maka langkah ketujuh yang harus dilakukan adalah menjalani semuanya dengan disiplin dan profesionalitas. Kamu dan pasangan harus bersikap profesional saat menjalani bisnis ini. Buatlah perjanjian-perjanjian mulai dari pembagian saham, kontrak dan sebagainya.

Tetapi ingat, ini bukan berarti bahwa kamu harus kaku dalam menjalani bisnis dengan pasangan. Lengkapi juga bisnis ini dengan rasa sayang sehingga suasana dalam bekerja menjadi hangat dan memberikan energi positif bagi kalian berdua.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.