Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Gunakan Kartu Kredit untuk Liburan? Ini Strateginya Agar Lebih Untung

by Rafly Aditia on 1 Desember, 2015

Akhir tahun telah tiba, warna merah di kalender pun mulai banyak bermunculan. Dari libur natal hingga libur tahun baru menjadi agenda yang dapat kamu manfaatkan untuk merefresh otak dari segala rutinitas yang selama ini dijalani.

Tentunya, kamu perlu memanfaatkan waktu senggang yang bisa dibilang cukup panjang tersebut untuk berlibur bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang kamu miliki, ternyata aktifitas liburan dapat menjadi lebih efektif dan irit, loh.

Bagaimana bisa menggunakan kartu kredit saat liburan menjadi lebih efektif dan efisien? Simak 5 cara efektif menggunakan kartu kredit saat liburan berikut;

Disertai rencana

Ketika kamu sudah memiliki kepastian akan berlibur ke suatu tempat, pastikan kamu sudah membaut perencanaan penggunaan kartu kredit. Semuanya sudah harus terencana dengan jelas dan terperinci.

Hal ini nantinya akan membantu kamu untuk tidak menggunakan kartu kredit di luar batas kemampuan yang kamu miliki. Karena, bukan rahasia lagi kalau saat berlibur banyak sekali pemicu impulsive shopping yang bisa membuat kamu latah berbelanja dan rencana keuangan dan berlibur kamu jadi gagal total.

(Baca juga: Liburan Kamu Bisa Lebih Irit Jika Pakai Cara Ini)

Buat beli tiket diskonan

Bagi kamu yang ingin liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, kamu dapat menggunakan fasilitas kartu kredit yang seringkali menyediakan jasa potongan harga pembelian tiket transportasi.

Terutama untuk layanan transportasi udara, beberapa kartu kredit sering memberikan promo potongan harga dan juga ada fasilitas makanan dan minuman gratis di Airport Lounge.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan, kamu dapat menikmati beberapa hidangan gratis yang ditujukan untuk pengguna kartu kredit tertentu.

Diskon hotel bisa jadi pilihan menarik

Saat ini banyak sekali kerja sama antara penyedia layanan jasa kartu kredit dengan hotel-hotel atau penginapan tertentu. Untuk itu, kamu harus memanfaatkannya dengan baik agar liburanmu menjadi lebih tertata dan pastinya irit biaya.

Kamu dapat mencari informasi mengenai hotel-hotel yang bekerja sama dengan kartu kredit pilihanmu, lalu lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan diskon dan memastikan bahwa kamu sudah mendapatkan tempat penginapan yang layak di tempat wisata tujuan.

Buat makan di restoran tempat wisata

Selain diskon hotel dan promo-promo tiket transportasi, biasanya kartu kredit juga memberikan promo potongan harga bagi kamu yang ingin makan di restoran-restoran tertentu.

Fasilitas ini akan sangat membantumu saat kamu sedang liburan, dengan mendapatkan potongan harga saat kamu makan bersama teman, keluarga atau pasangan di restoran. Maka biaya liburanmu akan lebih irit dan tidak membuat dompet kamu tercekik.

(Baca juga: Hati-hati Gunakan Kartu Kredit di Lima Tempat Ini)

Jaga kartu kreditmu dan jangan berikan kepada siapapun

Sebaiknya, kamu tidak memberikan kartu kreditmu ke tangan orang lain terutama orang-orang yang tidak bisa kamu percayai. Karena, salah-salah memberikan kartu kredit kepada orang lain dapat membuat tagihan bulananmu membengkak.

Selain itu, kamu juga harus menjaga kemanan kartu kredit yang kamu miliki. Simpanlah di tempat yang selalu bisa kamu awasi. Jangan sampai kartu kreditmu hilang dan berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami