Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Strategi Membeli Cincin Nikah yang Bisa Bikin Untung

by Surtan Siahaan on 26 Januari, 2016

cincin nikah _ kartu kredit - CekAja.com

Cincin nikah atau cincin pertunangan adalah pengeluaran yang harus disiapkan calon pengantin. Meski tidak diatur agama, keberadaan cincin seperti sebuah keharusan dalam pernikahan. Sayangnya harga sepasang cincin, baik emas, perak maupun platina, tidak murah.

Nah, agar kantongmu tidak jebol usai menikah, berikut ini strategi yang bisa diterapkan untuk memperoleh cincin murah:

1. Manfaatkan diskon ultah

Beberapa toko emas seperti di sentra emas Cikini, Cikini Gold Center, Jakarta Pusat, memiliki program khusus bagi pelanggannya. Salah satunya adalah potongan harga bagi mereka yang merayakan ulang tahun.

Biasanya, potongan harga ini dimaksudkan agar pembelian cincin untuk hadiah ulang tahun meningkat. Selain itu, pada bulan-bulan tertentu seperti Februari, sentra toko emas juga memberlakukan diskon khusus bagi pelanggan.

(Baca juga: 5 Nasehat Keuangan untuk Wanita Single yang Mau Menikah)

2. Kurangi sedikit kadar emas

Bagi kamu yang ingin menikah tapi punya bujet terbatas, biaya pembelian cincin sebenarnya bisa dikurangi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengurangi kadar emas. Cara lain, kamu bisa mencampur emas murni dengan bahan lain yang biasanya ditawarkan oleh pemilik toko. Konsultasikan terlebih dahulu dengan toko langgananmu.

3. Langsung lunasi

Emas adalah logam mulia yang harganya fluktuatif. Kondisi ini seringkali merugikan bagi kamu yang ingin membeli perhiasan seperti cincin nikah. Nah, salah satu cara untuk menghindari dari fluktuasi harga emas adalah melakukan pembelian tunai.

Dengan membeli secara tunai, kamu terhindar dari kenaikan harga emas. Sebab, penjual biasanya menggunakan harga hari terakhir saat pembeli ingin melunasi pesanannya. Dengan begini, kamu akan terhindar dari penambahan harga yang bisa membuat perencanaan keuanganmu berantakan seketika.

4. Beli jauh hari

Untuk mendapatkan harga yang murah, sebaiknya beli cincin yang kamu incar jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan jarak waktu yang panjang, kamu bisa mencermati perubahan. Biasanya perubahan harga emas tidak akan terjadi dalam hitungan hari, melainkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan demikian, kamu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas.

(Baca juga: 11 Lokasi Pre Wedding Keren dan Gratis di Jakarta)

5. Gunakan perak atau titanium

Jika bujet terbatas, cincin dengan bahan perak atau titanium bisa jadi alternatif. Agar hasilnya maksimal, lakukan riset untuk mencari model cincin yang menarik. Meski biayanya lebih mahal, namun harga cincin berbahan perak dan titanium lebih murah. Namun, cincin dengan bahan ini punya banyak kekuarangan khsusunya dari segi harga jual. Namun, karena ini cincin nikah yang akan dipakai seumur hidup, tentu tidak jadi masalah.

Tentang Penulis