Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Strategi Memilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhanmu

by Tisyrin on 6 Mei, 2017

kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit punya julukan sebagai kartu sakti. Hanya dengan menggesek atau menggunakan nomornya, transaksi pembayaran apapun menjadi semakin mudah.

Bahkan, pengguna kartu kredit dapat menikmati program cicilan ketika melunasi tagihan. Sebelum memutuskan menggunakan sebuah kartu kredit, ada baiknya membandingkan berbagai kartu kredit terlebih dahulu.

Kenali masing-masing keunggulannya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ada kartu kredit yang banyak memberikan potongan ketika belanja, ada pula yang sangat menguntungkan saat dibawa traveling.

Selain belanja dan traveling, kartu kredit tertentu bahkan tercipta untuk mendukung berbagai kegiatan bisnis. Dan, banyak sekali kartu kredit yang kerap menghadirkan promo menarik yang membuat aktivitas hangout menjadi lebih hemat. Lebih lengkapnya, berikut ini gambaran untuk memilih kartu kredit sesuai kebutuhan.

Belanja

Belanja adalah rutinitas sekaligus kegiatan yang menyenangkan. Para ibu harus pandai-pandai memilih kartu kredit untuk urusan yang satu ini. Para ibu yang gemar berbelanja di pasar swalayan boleh bernafas lega, karena banyak penerbit kartu kredit yang menjalin kerja sama dengan minimarket, supermarket, atau hypermarket. Dengan kerja sama tersebut, pengguna kartu kreditpun akan mencicipi sederet keuntungan yang menggiurkan.

Contoh kartu kredit yang tepat:

BNI Mastercard Lottemart Gold atau Platinum

BNI Mastercard Lottemart Gold atau Platinum memberikan diskon 5% untuk barang dengan merek label pribadi Lotte Mart. Ada pula cashback 3% untuk transaksi di Lotte Mart Hypermarket. Dan, tambahan 0,5% cashback jika melakukan transaksi cicilan di Lotte Mart Hypermarket.  Pengguna juga akan mendapatkan cashback jika transaksi dilakukan pada mesin EDC BNI.

Mandiri Visa Hypermart Classic atau Gold

Belanja buah, sayuran, daging ayam, atau bahan makanan laut akan lebih hemat dengan Mandiri Visa Hypermart Classic atau Gold, mengapa? Karena pengguna kartu tersebut berhak mendapatkan diskon 10% di Hypermart dan Foodmart ketika membeli bahan makanan segar.

Permata Visa Hero Classic, Gold, dan Platinum

Pengguna kartu ini berhak mendapatkan diskon 5% untuk pembelian produk label pribadi di Hero, Guardian, dan Giant. Selain itu, ada cashback 3,5% untuk transaksi ritel di Hero, Guardian, dan Giant.

BCA Card Indomaret

Pelanggan setia Indomaret dapat menggunakan BCA Card Indomaret. Penggunanya berhak mendapatkan diskon 5% saat membeli produk khusus dari Indomaret. Pada waktu tertentu, pemilik BCA Card Indomaret juga bisa menikmati harga khusus.

Traveling

Kalau kamu senang melakukan perjalanan ke luar kota, luar provinsi, luar pulau, atau bahkan luar negeri, kartu kredit adalah salah satu benda yang wajib dimiliki. Kartu kredit bisa membantumu mendapatkan promo diskon tiket pesawat, hotel, bahkan restoran. Jadi, tak hanya kemudahan dalam transaksi, tetapi kartu kredit juga dapat menghemat biaya perjalanan.

Namun, alangkah lebih baik jika kamu memilih kartu kredit khusus yang memberikan banyak keuntungan untuk traveler.

Contoh kartu kredit yang tepat:

Mandiri Skyz Card

Keunggulan bertransaksi dengan Mandiri Skyz Card yakni akan mendapatkan nilai tukar kurs terendah dalam setiap transaksi mata uang asing. Pengguna juga berhak mendapatkan lebih banyak Mandiri Power Point setiap bertransaksi di luar negeri.

Terdapat pula fitur fly now spend later, yaitu terbang gratis meski jumlah poin belum mencukupi, sistemnya yakni dengan mengganti kekurangan poin di lain waktu. Sementara Advance Miles membuat pemegang kartu mendapatkan sejumlah mileage di muka, asalkan memenuhi syarat tertentu.

ANZ Travel Visa Platinum/Signature

Sistem poin dalam kartu kredit ini dikonversikan ke dalam mileage, artinya pengguna bisa menukar ANZ Mileage untuk Garuda Frequent Flyer, KrisFlyer, dan Asia Miles. Pengguna juga berhak atas fasilitas bandara di kota-kota besar seluruh Indonesia serta akses ke Executive Airport Lounges di 56 negara yang tergabung dalam Veloce Lounges Network.

Tak hanya itu, ada pula fasilitas perlindungan untuk kecelakaan perjalanan, keterlambatan penerbangan dan bagasi, kompensasi kehilangan, serta biaya pengobatan di luar negeri.

CIMB Niaga Air Asia BIG Card

Kartu kredit ini cocok untuk pengguna setia maskapai Air Asia. Pengguna akan mendapatkan 3X BIG Point untuk setiap transaksi kelipatan Rp6.000 melalui pembelian di airasia.com. Nantinya akumulasi BIG Point bisa ditukar dengan tiket Air Asia, bagasi, makanan selama penerbangan, dan lain-lain.

Air Asia seringkali mengadakan promo tiket murah bahkan free seat. Dan pemegang kartu kredit punya keistimewaan untuk melakukan booking sebelum promo dilepas untuk umum. Pemegang kartu kredit juga dilindungi asuransi.

Garuda Indonesia Citibank

Hanya dengan menunjukkan kartu kredit ini saat check-in, pengguna akan mendapatkan ekstra bagasi 20 kg beserta prioritas dalam penanganan bagasi. Selain itu, ada diskon 5%  jika bertransaski di Garuda Indonesia ticketing office.

Bonus 2.500 GFF  miles ditambahkan secara otomatis setelah pengguna mengumpulkan 250 GFF miles pertama melalui Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi. Nikmati juga akses gratis ke Citibank Airport Lounge untuk berdua. Nikmati antrian yang lebih nyaman dengan check-in counter khusus di bandara Soekarno-Hatta & check-in counter kelas eksekutif di bandara lainnya di Indonesia.

Bisnis

Kartu kredit juga dapat menunjang aktivitas bisnis. Namun, jangan asal pilih kartu kredit untuk berbisnis. Pahami terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut, apakah sesuai dengan segala kebutuhan dalam berbisnis?

Contoh kartu kredit yang tepat:

Danamon American Express Gold Business Card

Keunggulan kartu ini antara lain cashback 1% untuk setiap pembayaran seluruh tagihan yang dilakukan paling lambat 7 hari setelah tanggal cetak tagihan. Nikmati juga bunga rendah hanya 1,5% atas tagihan kartu kredit. Semakin besar tagihan, semakin kecil bunga yang dikenakan. Terdapat kemudahan tarik tunai di lebih dari 1.000 jaringan ATM Danamon di Indonesia dan jaringan American Express® di seluruh dunia.

Hangout

Untuk menunjang aktivitas hangout, pengguna harus update mengikuti promo yang diberikan berbagai penerbit kartu kredit, misalnya potongan harga di restoran, cafe, pembelian tiket pesawat, hingga pembelian tiket bioskop. Biasanya, promo tersebut hanya berlaku dalam periode waktu tertentu. Jadi, mengantongi kartu kredit bisa membuatmu lebih hemat ketika hangout.

Contoh

Kartu Kredit Standard Chartered

Pengguna kartu kredit ini bisa memanfaatkan tawaran makan hemat di Angke Restaurant, karena terdapat promo diskon 20% yang berlaku hingga 31 Mei 2017.

Mega Visa Carrefour

Pengguna Mega Visa Carrefour dapat memanfaatkan diskon hingga 50% di Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins dan Wendy’s.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.