Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Strategi Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

by Ariesta on 10 Desember, 2015

Karena terlihat menggiurkan dengan keuntungan berlipat-lipat yang bisa didapat dalam waktu cepat, sekarang ini bisnis online bisa menguntungkan dan menjadi primadona untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Ternyata, menjalani usaha melalui internet ini pun perlu strategi yang harus dimiliki.

Hal terpenting yaitu belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan mencoba hal-hal baru terutama bagaimana cara untuk memberikan sentuhan branding quality. Bagi yang ingin memulai usaha berbasis internet ini tidak ada artinya tanpa mulai membangun kredibilitas.

Namun ada satu faktor kesuksesan bisnis online yang menguntungkan tapi tidak selamanya hanya bergantung pada cara penjualan. Namun lebih dari itu memerlukan passion dan penghargaan.

Jadi bukan sekadar hanya inging jadikan pekerjaan sampingan yang bisa tambah penghasilan. Untuk yang ingin memulai bisnis internet ini paling tidak ada empat pantangan terlarang untuk dilakukan. Apa saja hal tersebut?

Terlalu fokus pada hal kecil

Terlalu memikirkan kartu nama, logo, atau hal kecil lainnya di saat bisnis belum berkembang besar hanya menghabiskan waktu. Di awal, fokuslah pada usaha-usaha yang bisa membuat bisnis berkembang pesat.

Menetapkan harga rendah pada produk yang dijual

Baik produk maupun servis, apapun yang Anda jual, Anda harus menetapkan harga yang pantas untuk bisa meraih profit. Cynthia Salim, pendiri dan CEO Citizen Mark yang mengkhususkan lewat produk blazer wanita menetapkan harga awal USD 425 per item. Harga tersebut berdasarkan pertimbangan upah pekerja dan material berkualitas.

(Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Tidak mementingkan  customer service

Dalam bisnis online ada istilah sales satisfaction atau kepuasan pelanggan yaitu sebuah titik kepuasan oleh konsumen setelah mendapatkan produk yang sesuai dengan yang dia mau, termasuk juga pelayanan, dan quality control.

Hal ini imbasnya returning costumer atau tingkat kembalinya konsumen ke gerai online yang kita miliki cukup tinggi. Sehingga menjalin hubungan yang baik lewat live chat atau email layanan konsumen sangat disarankan dan penting dilakukan.

Abaikan peran media sosial

Jangan langsung memasang iklan. Memanfaatkan media sosial selain murah dan gratis juga bisa membawa pengaruh besar. Sekarang ini ada beragam pilihan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut juga ampuh menggaet pelanggan.

Peluang bisnis online bermodal kecil dan tanpa modal

bisnis di usia muda _ pinjaman UKM - CekAja.com

Beberapa orang saat ini sudah mulai merasa jenuh bekerja di perkantoran. Hal ini disebabkan karena jam kerja kantor lebih panjang dan pekerjaan yang harus diselesaikan semakin banyak.

Jadi tak heran jika banyak pegawai kantor yang memutuskan untuk resign dan bekerja di sektor lain. Salah satu sektor lain yang bisa mereka tekuni adalah bisnis. Bisnis lebih dilirik karena menguntungkan dan mudah dalam pengelolaanya.

Apalagi jika bisnis tersebut sifatnya online atau dipasarkan dalam dunia maya. Sudah tahukah apa saja peluang usaha online yang menjanjikan? Untuk lebih jelasnya bisa menyimak ulasan contoh contoh beberapa peluang bisnis online berikut ini.

Membuka toko online

Mendirikan toko online menjadi salah satu solusi dalam membuka bisnis. Toko online dianggap menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni saat ini. Mengapa demikian? Ini karena saat ini sudah banyak orang yang beralih untuk melakukan jual beli lewat toko online ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam berjualan lewat internet. Antara lain:

  1. Dengan menggunakan website yang profesional dan sudah teroptimasi sehingga bisa lebih dikenal oleh banyak orang.
  2. Menggunakan sosial media pribadi yang dimiliki. Bisa menggunakan Facebook, Twitter, Instagram maupun yang lainnya.
  3. Untuk produk yang dijual secara online bisa menentukannya sesuai dengan keinginan dan selera.
Menjadi dropshipper

Dropshipper adalah sebuah istilah dimana kita berperan sebagai marketing dalam jual beli di dunia maya. Dropshipper lebih dipilih oleh banyak orang karena membutuhkan modal yang sedikit dan tidak perlu menyimpan stok produk dirumah.

Selain itu transaksi yang dilakukan juga sangat mudah dan praktis. Untuk menjadi seorang dropshipper, juga harus bisa mencari supplier yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Terpercaya dan mampu mengirimkan pesanan pada konsumen
  2. Cepat tanggap dalam merespon pesanan
  3. Stok yang disediakan selalu ada dan siap untuk dikirim.
Jasa desain grafis online

Jasa desain grafis online merupakan salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan modal yang sangat kecil. Karena dalam menjalankan binsis ini hanya perlu perangkat komputer beserta dengan software grafis yang diperlukan.

Namun untuk bisa menekuni bisnis ini tentunya kita harus memiliki keahlian khusus dalam membuat gambar desain. Jika mampu memberikan jasa desain grafis dengan kualitas tinggi, jangan heran jika nantinya akan dibayar dengan harga yang mahal. Bukankah ini sangat menjanjikan?

Menjadi translator

Bisnis yang satu ini hampir sama dengan bisnis menulis artikel. Bedanya bisnis ini cenderung berfokus pada cara menerjemahkan kata-kata dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Sedangkan materi yang diterjemahkan bisa berupa artikel maupun sebuah buku.

Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang karena harus butuh keahlian bahasa yang sangat bagus. Jika berminat untuk melakoni bisnis ini, kita bisa mempromosikan diri ke berbagai situs online yang membutuhkan seorang translator.

Soal pendapatan, tentu saja seorang translator freelance bisa mendapatkan pendapatan cukup banyak mengingat untuk menyelesaikan pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ternyata banyak sekali bukan daftar bisnis online yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Meskipun membutuhkan modal yang kecil namun rata-rata bisnis tersebut tetap membutuhkan keahlian khusus dalam menjalankannya.

Tetapi hal ini sebanding dengan besar pendapatan yang diperoleh. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan referensi bisnis online yang menguntungkan.

Tentang Penulis