Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Strategi Persiapkan Tabungan Biaya Kesehatan Kehamilan dan Persalinan

by Rafly Aditia on 10 November, 2015

Bagi yang sudah berkeluarga tentunya kamu harus merencanakan keuangan terhadap setiap hal yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari terutama yang berhubungan dengan kebutuhan pokok. Tak terkecuali perencanaan keuangan untuk biaya persalinan. Bagaimana caranya?

Seperti yang kita ketahui, untuk memastikan bahwa kamu atau istrimu sedang mengandung perlu waktu selama beberapa minggu. Ketika sudah mendapatkan kepastian tersebut, kemudian segera memberitahukan keluarga, dan harus mempersiapkan segala solusi dalam menangani perubahan besar yang akan terjadi dalam hidupmu yang sebelumnya belum direncanakan.

Untuk itu, pastikan sudah melakukan persiapan dari peristiwa yang tidak terduga seperti ini. Berikut adalah beberapa beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan keuangan untuk kehamilan;

Buatlah tujuan menabung yang terperinci

Idealnya, perencanaan ini harus kamu lakukan dengan pasanganmu sebelum menikah. Sebab, sebuah tujuan menabung yang jelas merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dalam perencanaan keuangan. Terlebih kamu sudah membina keluarga bersama pasangan.

Dalam perencanaan yang sudah di susun, masukkan di dalamnya perencanaan kehamilan yang tidak terduga. Mengingat biaya persalinan saat ini yang cukup mahal, belum perlengkapan bayi, perabotan untuk si kecil, dan sebagainya. Jadi, walau belum terjadi, ketika kamu menyisihkan tabungan yang terperinci untuk tujuan ini, maka kamu akan selalu siap setiap saat bersama pasangan.

(Baca juga: 12 Cara Menurunkan Perut Gemuk Setelah Melahirkan)

Sisihkan uang untuk tabungan khusus

Apabila kamu memutuskan untuk menabung sebesar 4 juta rupiah selama satu bulan, maka alokasikan sebagian untuk dana tabungan khusus atau dana darurat misalnya sebanyak 500 ribu rupiah perbulannya.

Lakukan hal ini secara terus menerus, sehingga ketika kamu mengalami kehamilan tidak terduga kamu sudah memiliki persiapan dana yang telah kamu kumpulkan selama beberapa waktu belakangan. Bila perlu, ikuti program tabungan rencana yang saat ini banyak ditawarkan oleh bank. Sebab, program tabungan rencara tersebut biasanya akan mendebit secara otomatis dari tabungan kamu setiap bulannya.

Gunakan asuransi yang menanggung kehamilan

Asuransi saat ini merupakan hal yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang untuk mengalihkan pertanggungan keuangan atas terjadinya risiko kesehatan. Termasuk salah satunya adalah urusan kehamilan. Saat ini, banyak produk asuransi kesehatan yang menanggung biaya pemeriksaan kehamilan dan proses melahirkan. Pastikan pertanggungan tersebut ada dalam polis asuransi kesehatan yang kami miliki saat ini bersama pasangan.

Tidak usah berlebihan dalam membeli perlengkapan bayi

Kamu sudah harus menyadari akan hal ini sedini mungkin, karena bayi tidak memerlukan perlengkapan dengan harga-harga selangit. Yang penting adalah kegunaannya, bukan merk, apalagi harganya.

(Baca Juga: Berapa Uang Tabungan yang Perlu Dipersiapkan untuk Biaya Masuk Kuliah Anak di Masa Depan?)

Hindari pemborosan karena selalu ingin membelikan si bayi yang mahal-mahal saja, kamu perlu menjadi lebih bijak bila ingin menjaga kondisi keuanganmu dan pasanganmu. (Rafly)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.