Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Stres dengan Kemacetan? Saatnya Berwisata Alam Asyik di Tengah Kota Jakarta

by Tisyrin N. T on 14 Oktober, 2016

Liburan ke Bali - CekAja

Apa yang terbayang jika membahas soal Jakarta? Gedung-gedung tinggi atau kemacetan? Tapi, tanpa kita sadari Kota Jakarta sebetulnya menyimpan tempat tersembunyi yang asyik untuk menghilangkan penat. Tak hanya hutan beton, kota ini juga menyimpan sudut-sudut di mana kamu bisa menemukan tempat bernuansa alam.

Mungkin kamu langsung terbayang Kepulauan Seribu. Bukan, tempat-tempat di bawah ini lokasinya masih berada di tengah Kota Jakarta kok. Jadi, kamu nggak perlu menyeberangi lautan. Ini 4 wisata bernuansa alam asyik di tengah Kota Jakarta yang bisa kamu coba.

Widget TRV Insurance

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau disebut juga Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) sudah cukup populer terutama bagi para pengguna sosial media. Kamu bisa melihat foto-foto cantik di Hutan Mangrove PIK di sosial media. Hutan Mangrove PIK yang terletak di Jakarta Utara ini menyajikan hutan bakau yang asri. Untuk menikmati suasana, kamu bisa berjalan kaki di atas jembatan-jembatan kayu.

Jika ingin lebih afdol, sewa perahu untuk berkeliling. Ada pula sebuah menara untuk menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Biasanya, menara ini digunakan untuk mengintai burung-burung laut yang kerap singgah di kawasan PIK. (Baca juga: Ini Budidaya Beromzet Ratusan Juta yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah)

Tarif:

Tiket masuk wisatawan domestik Rp 25.000

Parkir kendaraan roda dua Rp 5.000/unit

Parkir mobil Rp 10.000/unit

Parkir bus Rp 50.000/unit

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng seluas 15 hektare di Jakarta Barat siap menyuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Dahulu, area tersebut adalah tempat pembuangan akhir sampah yang disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kamu akan menjumpai aneka spesies pohon besar dan tanaman mulai dari jati, mahoni, ketapang, dan lain sebagainya. Ada pula danau di tengah hutan dan area bermain anak. Pengunjung kerap memancing atau sekedar duduk-duduk di sekitar danau.

Tarif:

Tiket pejalan kaki Rp 1.000

Parkir sepeda motor Rp 1.000

Parkir mobil Rp 2.000

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di tempat ini, kamu bisa menikmati wisata air di danau yang cukup luas, sekaligus mencicipi kuliner Betawi. Tak sedikit pula orang yang memancing di Setu Babakan. Ada pula rumah adat Betawi yang dapat digunakan untuk berfoto.

(Baca juga: Sebelum 2016 Berakhir, Lakukan 7 Cara Ini Agar Kamu Lebih Kaya)

Lebih baik kamu datang berkunjung di akhir pekan atau hari libur, karena akan lebih banyak pedagang yang menjajakan kuliner Betawi mulai dari kerak telor, toge goreng, hingga bir pletok. Tak cuma itu, kamu pun bisa menikmati pagelaran budaya Betawi.

Tarif:

Parkir motor Rp 2.000

Parkir mobil Rp 5.000

Taman Anggrek Ragunan

Pecinta anggrek wajib datang ke tempat ini. Taman Anggrek Ragunan terletak tak jauh dari Kebun Binatang Ragunan. Di area seluas 800 meter persegi, kamu akan puas melihat warna-warni bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.

Taman Anggrek Ragunan punya lebih dari 5.000 spesies anggrek dari 20.000-30.000 spesies yang ada di seluruh dunia. Kamu bisa membeli anggrek-anggrek cantik tersebut. Bersiaplah berburu dendrobium, vanda, maupun cattleya di tempat ini.

Tarif:

Tiket masuk Rp 1.000

Berencana liburan akhir tahun? Gunakan asuransi perjalanan untuk melindungi rencana perjalananmu. Daftar sekarang juga di CekAja!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami