Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Sudah akhir Usia 30 Tahun? Wajib Ketahui Fase-Fase Masa Pensiun Berikut Ini

by Rafly Aditia on 12 Oktober, 2016

bangkit dari kegagalan - CekAja.com

Masa pensiun adalah masa yang harus dipersiapkan dengan baik. Banyak pensiunan yang hidupnya sulit menyesal karena tidak pernah memikirkan dan mempersiapkan diri dengan baik saat muda.

Salah satu persiapan penting yang bisa dilakukan adalah mempelajari seperti apa kehidupan saat pensiun. Unuk membantu kamu, berikut ini fase-fase yang terjadi ketika seseorang pensiun berdasarkan hasil penelitian Professor Gerontology bernama Robert Atchley:

Fase awal pensiun

Pada fase ini biasanya orang bakal mencari kesibukan baru dan berbeda. Misalnya seperti travelling ke luar negeri, mengurus kebun atau melakukan hobi. Pada fase ini orang cenderung mencari kesenangan dan melupakan rutinitas yang dilakukan selama bertahun lamanya. Jika kamu ingin menikmati fase ini, kamu dana yang cukup. Jadi sudah pasti kamu harus rajin menyimpan dan menginvestasikan uang sejak muda.

(Baca juga: Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

Fase khawatir

Fase ini disebut dengan fase disenchantment. Pada fase ini para pensiunan mengalami kekhawatiran tinggi dan kekecewaan mendalam. Salah satu penyebab pensiunan mengalami depresi berat dalam fase ini adalah perasaan kehilangan pengaruh, khawatir urusan ekonomi dan hubungan dengan orang dekat di dunia kerja maupun pertemanan. Ketahuilah bahwa fase yang satu ini sangat rawan. Untuk mengatasi kecemasan, kamu harus berpikir optimis dan mempersiapkan keuangan dengan matang.

Fase orientasi kembali

Di dalam fase yang satu ini, pensiunan berhasil bangkit dari keterpurukannya secara psikologis. Dengan pikiran optimis dan aktivitas baru, maka berbagai lembaran di masa depan siap ditulis dalam kehidupan. Banyak sekali orang yang berkarya dan memulai sesuatu yang baru dalam hidupnya justru saat pensiun. Kamu bisa mulai membuat karya tulis, berkesenian, kegiatan sosial dan sebagainya.

Fase pasca pensiun

Setelah itu ada fase di mana para pensiunan mau tidak mau menggantungkan diri pada orang lain. Bukan karena masalah keuangan, tetapi lebih kepada faktor usia. Di fase ini para pensiunan sudah mengalami penurunan daya ingat bahkan sakit-sakitan. Agar fase ini tidak menyulitkan keuanganmu dan keluarga, lindungilah diri kamu dan keluarga dengan asuransi terbaik sejak sekarang.

(Baca juga: Kebiasaan Finansial Para Suami yang Membuat Istri Sebal)

Asuransi adalah salah satu bagian penting dari perencanaan pensiun. Dapatkan asuransi terbaik sesuai kebutuhan kamu di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami