Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sudah Siap Hidup di Era New Normal? Pakai KTA Bank Permata Biar Tambah PD

by Gito on 18 Mei, 2020

Tanda-tanda Pandemi Covid-19 akan berakhir belum terlihat. Padahal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilakukan selama 2 bulan. Meski begitu, kamu sudah harus bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, pasalnya pemerintah sudah memutuskan untuk memasuki era The New Normal alias tatanan kehidupan baru pasca datangnya pandemi.

new normal

Presiden Joko Widodo sudah menyatakan bahwa masyarakat akan hidup berdampingan dengan virus novel corona.

Artinya kebiasaan yang selama ini dilakukan selama masa PSBB bakal menjadi standar hidup yang baru, standar dimana kamu semuanya bisa hidup damai dan rukun dengan corona. Sudah siap?

(Baca juga: Tagihan Listik Bengkak Selama PSBB? Begini Cara Ceknya)

Flu Spanyol juga membuat perubahan kehidupan

Menilik kebelakang, pada tahun 1918 silam ketika pertama kali muncul pandemi influenza atau yang dikenal dengan flu Spanyol, perubahan juga sulit diterima masyarakat dunia.

Pandemi yang muncul berbarengan dengan Perang Dunia (PD) I itu diduga menewaskan 50 juta hingga 100 juta korban.

Jauh lebih tinggi dari korban jiwa PD I yang tercatat sebanyak 9 juta hingga 15 juta jiwa. Saat itu, isolasi diri, penggunaan masker, penutupan sekolah, tempat keagamaan juga dilakukan di berbagai dunia.

Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran. Apalagi Flu Spanyol juga mampu melebarkan jangkauannya lewat udara alias airborne.

Namun setelah lebih dari satu abad, kamu semua hidup berdampingan dengan virus yang kala itu juga menjadi momok yang menakutkan, seperti novel corona saat ini.

Tetapi memang, efek kerusakan yang ditimbulkan oleh Covid-19 jauh lebih tinggi dibanding influenza.

Menurut pandangan beberapa ahli, fungsi paru-paru seseorang yang sudah pernah terjangkit Covid-19 bisa turun hingga 30%. Memang sifat dari virus Corona dan Influenza adalah Self Limiting Desease alias bisa disembuhkan oleh diri sendiri.

Hanya status akut dan tidaknya penyakit memperlihatkan kekuatan virus itu sendiri.

Intinya adalah, hal apapun yang akan dilakukan nanti dalam menyambut tatanan kehidupan baru, kamu harus bisa berkontribusi positif terhadap perubahan itu sendiri. Mengutip Gandhi, “Be the change that you wish to see in the world”.

Nah berikut merupakan hal-hal yang bakal terjadi saat era new normal sudah dilaksanakan. Simak ya, biar gak kaget.

1. Rumah makan dan restoran tidak boleh diisi penuh

Rumah makan dan restoran tidak boleh diisi penuh

Rumah makan dan Restoran yang saat ini selalu terlihat ramai dan tak jarang ada antrian yang mengular, tidak akan kamu temui saat era new normal dilaksanakan.

Restoran hanya dibolehkan mengisi 50% dari total kapasitas. Selain itu, duduk berdekatan juga tidak diperbolehkan. Semua itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus novel corona.

Jadi penasaran, kalau mau membuat acara makan bersama diluar bakal seperti apa ya bentuknya?.

2. Kehidupan keluarga akan menjadi lebih hangat

Kehidupan keluarga akan menjadi lebih hangat

Pada tanggal 1 Juni nanti, Presiden Joko Widodo sudah mengatakan bahwa PSBB akan mulai dilonggarkan dan aktivitas ekonomi diharapkan bisa berjalan kembali.

Hal itu akan ditempuh melalui kebijakan new normal yang secara berbarengan diterapkan.

Kamu yang selama ini bekerja secara remote tampaknya bakal menjalankan hal seperti itu lebih lama. Ke kantor hanya 2 kali seminggu dan aktivitas hariannya banyak dilakukan dirumah.

Dengan begitu, kehangatan keluarga akan menjadi lebih baik. Kamu dan keluarga inti bisa lebih mengenal satu sama lain dan berbincang lebih banyak lagi tentang beragam hal.

3. Pertumbuhan ekonomi tidak lagi ditopang oleh konsumsi

Pertumbuhan ekonomi tidak lagi ditopang oleh konsumsi

Adanya Pandemi Novel Corona membuat kamu semua jadi lebih betah dirumah. Mau belanja, dari rumah, beli sayur dari rumah, kebutuhan keuangan juga bisa dilakukan dirumah melalui internet.

Alhasil kamu juga akan menjadi lebih selektif dalam mengatur pengeluaran. Gaya hidup konsumtif yang selama ini menjangkiti kaum muda tampaknya bakal berubah.

Perekonomian juga berpeluang untuk mendapatkan sandaran baru dalam pertumbuhannya.

Jika selama ini konsumsi rumah tangga yang menjadi faktor penggeraknya, kemungkinan hal itu akan berubah pasca pandemi ini.

Hingga saat ini, baru ada 1 negara yang menyatakan bahwa pandemi telah berakhir, dia adalah Slovenia. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Jawabannya adalah dengan menjalani era new normal, diharapkan imunitas tubuh dapat semakin tinggi dan akhirnya corona bisa menjelma layaknya influenza.

(Baca juga: Selama PSBB, Transaksi Non Tunai Merchant Ini Melesat)

Masih gak PD? Pake KTA dari Bank Permata

Jika kamu masih merasa kurang percaya diri (PD) akan era new normal yang bakal dijalani, ada baiknya jika kamu mencukupi kebutuhan Kesehatan diri dan keluarga.

Rutin meminum suplemen Kesehatan dan mulai beralih ke gaya hidup alami bisa menjadi solusi yang cerdas untuk dilakukan.

Agar arus kas kamu tidak terganggu, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman online dari Bank Permata.

Tujuannya adalah sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan untuk mencukupi kebutuhan Kesehatan.

Urusan suku bunga tidak perlu khawatir, yang kamu dapatkan adalah bunga kompetitif. Proses pencairannya pun mudah dan cepat, hanya 1 hari dari waktu pengajuan. Langsung saja akses CekAja.com.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit