Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sudah Tahun 2017 dan Wanita Indonesia Masih Takut Berbisnis? Harusnya Kamu Malu dengan Kartini

by Rafly Aditia on 21 April, 2017

bisnis usaha rumahan_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Wanita memang kerap kali memiliki pemikiran yang berbeda dengan pria. Sifat wanita yang lebih menghindari risiko membuat banyak wanita hingga saat ini masih mengurungkan niat untuk berbisnis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The Global Entrepreneurship Monitor tahun 2012 lalu, ditemukan bahwa wanita lebih cenderung takut mengalami kegagalan dalam berbisnis dibandingkan pria.

Namun, di zaman modern ini banyak sekali fakta yang menunjukkan bahwa para Kartini modern tidak perlu takut lagi untuk berbisnis, apalagi takut karena tidak memiliki modal usaha. Berikut ini penjelasannya.

Wanita lebih inovatif

Salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan dalam bisnis adalah inovasi. Bukan hanya harus kreatif, pebisnis handal juga tidak boleh takut terhadap inovasi. Beruntung bagi wanita karena  kalian adalah kaum yang lebih inovatif. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang dilakukan GEM di Amerika Serikat dan Asia.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa 36% pebisnis wanita di Amerika Serikat cenderung inovatif sementara pebisnis pria di Amerika Serikat hanya 33% saja yang inovatif. Begitupun di Asia dimana 23% pebisnis wanita terbilang inovatif sementara pria hanya 22% saja.

Pebisnis wanita banyak yang sukses

Saat ini banyak sekali wanita yang berhasil menjadi pebisnis kelas dunia. Sebut saja nama-nama besar seperti Tory Burch hingga Gisele Bundchen. Mereka berhasil membuktikan kepada dunia bahwa wanita pun bisa merengkuh kesuksesan di dunia bisnis.

Berdasarkan studi yang dilakukan International Finance Corporation, sebanyak 1/3 perusahaan global dimiliki wanita. Selain itu, riset Dow Jones terhadap 350 institusi microfinance di 70 negara membuktikan bahwa meminjamkan uang kepada pebisnis wanita jauh lebih aman dibandingkan meminjamkan uang kepada pebisnis pria.

Menjadi pebisnis bisa bikin kamu lebih bahagia dalam hidup

Siapa yang tidak suka dengan tekanan dari bos serta pekerjaan yang menumpuk serta gaji yang segitu-gitu saja? Tentu kamu tidak menyukainya, maka dari itu menjadi pebisnis adalah salah satu jalan untuk menghindari hal-hal menjengkelkan tersebut.

Termasuk wanita, fakta membuktikan bahwa seorang wanita akan menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup jika menjadi seorang pebisnis. Seperti yang dikutip dari Inc, terbukti bahwa pebisnis wanita di Amerika Serikat memiliki tingkat kebahagian 3 kali lipat dibandingkan mereka yang bukan pebisnis.

Lebih ambisius dalam meraih kesuksesan

Terakhir, ada sebuah fakta mengejutkan yang datang dari penelitian BNP Paribas Global Entrepreneur pada tahun 2016 lalu. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih ambisius meraih kesuksesan di dunia bisnis. Bukan hanya itu, wanita juga lebih sukses dibandingkan para pesaingnya.

Faktanya, hampir 90 persen pebisnis wanita memiliki ekspetasi bahwa keuntungan perusahaannya dapat meningkat atau setidaknya menjadi lebih stabil di tahun berikutnya. Selain itu, penelitian ini juga menemukan fakta bahwa perusahaan yang dikepalai wanita memiliki pendapatan 13% lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang dipimpin pria.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami