Sudah Tidak Betah Kerja dan Ingin Pindah Kantor? Ini Tipsnya Agar Bos Tidak Tahu

2 min. membaca Oleh Rafly Aditia on

Setiap berencana pindah pekerjaan, semua orang pasti punya alasan pendukung mulai dari jarak kantor sekarang terlalu jauh, peluang karier yang terbatas ataupun gaji yang kurang mencukupi.

Namun, dalam mencari pekerjaan baru kamu harus cerdik agar bos di kantor tidak mengetahuinya. Selain ini merupakan masalah etika, posisimu juga masih aman bila tidak kunjung mendapatkan pekerjaan baru.  Agar rencanamu lancar, berikut ini 7 tips melamar pekerjaan baru tanpa ketahuan bos:

Jangan gunakan fasilitas kantor

Hal pertama yang harus diingat, jangan pernah gunakan fasilitas kantor untuk melamar pekerjaan. Sebaiknya kamu tidak mengirim surat lamaran lewat komputer kantor bahkan WiFi kantor sekalipun. Karena bisa saja bagian IT tahu dan gosip bakal tersebar luas dengan cepat. (Baca juga: [c88-article id=”103381″ title=”Cara-cara Unik yang Bisa Membebaskan Kamu dari Utang” text=”Cara-cara Unik yang Bisa Membebaskan Kamu dari Utang”])

Tidak perlu masukkan nama perusahaan saat ini

Pada [c88-article id=”102665″ title=”CV yang baik ” text=”CV yang baik “]biasanya orang menuliskan data tentang pengalaman kerja. Untuk berjaga-jaga karena status kamu masih aktif bekerja, sebaiknya jangan masukkan nama perusahaan saat ini. Buatlah keterangan misalnya bekerja sebagai supervisor selama 3 tahun di “Company Confidential”.

Sebaiknya schedule interview sebelum atau sesudah kerja

Ini merupakan salah satu cara terbaik agar gerak-gerikmu dalam mencari pekerjaan baru tidak terendus oleh bos. Kalau terlalu sering pulang lebih awal atau bahkan tidak masuk kerja, maka bos akan curiga kamu sedang berusaha mencari pekerjaan lain di luar sana.

Ajukan cuti untuk interview

Kalau tidak bisa menjadwalkan [c88-article id=”103305″ title=”interview kerja” text=”interview kerja”] di luar jam kantor, sebaiknya ajukan cuti saat kamu mendapat panggilan interview. Banyak alasan bisa dimanfaatkan seperti urusan keluarga atau keperluan berobat, kamu pasti diizinkan cuti.

Rahasiakan hal ini dari siapapun di kantor

Jangan pernah menceritakan rencanamu pada siapapun di kantor, bahkan teman dekat sekalipun. Karena biasanya ketika sudah memberi tahu satu orang, kabar tersebut bakal tersiar dengan cepat. Kalau sampai bos tahu, kamu bisa pusing deh.

Buat kesepakatan dengan tempat kerja baru

Saat melakukan kontak atau interview dengan perusahaan yang baru, bilang secara terang-terangan bahwa sebaiknya hal ini dirahasiakan. Mereka tidak perlu mengontak orang-orang di kantormu yang sekarang, ini demi kebaikan bersama juga. (Baca juga: [c88-article id=”103359″ title=”Kesalahan-kesalahan yang Bikin Kamu Rugi Beli Asuransi” text=”Kesalahan-kesalahan yang Bikin Kamu Rugi Beli Asuransi”])

Hindari pemberian kontak supervisor, manajer atau siapapun di kantor

Saat melamar kerja, bakal tertera kolom kontak referensi yang bisa dihubungi untuk mengetahui kamu lebih jelas. Jangan pernah sekalipun menaruh kontak orang-orang di kantormu. Kalau mereka sampai dihubungi, kabar kamu sedang cari pekerjaan baru bakal menyebar dengan cepat.

Tentang kami

Rafly Aditia

Rafly Aditia