Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sukses Sebagai Pengusaha di Usia Muda, 4 Tokoh Ini Tengah Jadi Idola

by Rafly Aditia on 31 Mei, 2017

pengusaha muda _ pinjaman usaha - CekAja.com

Sukses jadi pengusaha di usia muda bukanlah hal yang mustahil dicapai, apalagi di zaman yang serba maju ini.

Justru banyak anak muda yang berhasil membangun kerajaan bisnisnya. Sebut saja nama-nama para pendiri perusahaan teknologi dunia seperti Mark Zuckerberg (Facebook) misalnya.

Tidak cuma di luar negeri saja, di Indonesia juga ada pebisnis muda yang sukses bahkan memiliki reputasi di level internasional. Siapa saja? Berikut daftar pengusaha muda tanah air yang sukses dan punya nama besar:

1. Winston dan William Utomo

Winston dan William berhasil menarik perhatian dunia dengan masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2017 lalu. Mereka dianggap memiliki pengaruh yang besar di bidang bisnis media di Indonesia dan Asia secara keseluruhan.

IDN Media sendiri merupakan induk dari IDNTimes.com dan Popbela.com, IDNMedia berhasil mengantongi 20 juta pengunjung setiap bulan dengan lebih dari 90 juta pageviews setiap bulannya.

“Masuk dalam Forbes 30 under 30 Asia 2017 dan disandingkan dengan anak muda hebat lainnya adalah sebuah kebanggan bagi kami,” ujar Winston Utomo, dalam keterangan tertulisnya pada bulan April 2017 lalu.

Ternyata kesuksesan Winston dan William Utomo tercipta lewat keisengan anak muda belaka. CEO dan Editor in Chief IDNMedia, Winston Utomo pada awalnya menulis sebuah artikel di laman miliknya. Tanpa disengaja, artikel buatannya tersebut menjadi viral dan tersebar kemana-mana hanya dalam waktu satu hari saja di media sosial.

Disitulah dirinya melihat ada peluang untuk membuat sebuah media dengan target konsumen anak-anak muda. Akhirnya, Winston yang dulunya bekerja di Google tersebut memutuskan untuk keluar dan mendirikan IDNTimes dengan sang adik, William Utomo pada tahun 2014 lalu.

2. Merry Riana

Masih berusia 36 tahun, nama Merry Riana begitu terkenal sebagai seorang motivator dan pengusaha tanah air. Popularitasnya mulai meningkat pada tahun 2006 ketika menerbitkan buku berjudul A Gift From a Friend yang berkisah tentang pengalaman serta latar belakang dirinya hidup di Singapura. Lalu nama Merry semakin melejit dalam waktu singkat ketika muncul dalam sebuah artikel The Straits Times pada awal tahun 2007.

Kesuksesan Merry dalam mengumpulkan uang hingga US$ 1 juta sebelum berusia 30 tahun menjadi cerita yang laris manis di masyarakat Indonesia. Kini wanita berusia 36 tahun tersebut telah mengembangkan organisasi miliknya (Merry Riana Organization) yang beranggotakan lebih dari 50 orang serta memiliki dan mengelola beberapa bisnis di berbagai industri yang berbeda seperti Jasa Keuangan, Bidang Seminar & Pelatihan hingg abidang Non-Profit.

3. Andrew Darwis

Siapa yang tak tahu kaskus? Forum online nomor satu di Indonesia ini sangatlah populer terutama bagi anak muda. Sosok di balik kesuksesan Kaskus yang kini memiliki lebih dari 8,5 juta user pada tahun 2016 adalah Andrew Darwis.

Ternyata ada sebuah fakta mengejutkan tentang Kaskus! Forum yang telah berdiri sejak tahun 1999 ketika Andrew Darwis kuliah di Amerika Serikat dimodali hanya dengan Rp 30 ribu. Uang itu digunakan untuk membeli server dalam rangka memenuhi tugas kuliah bersama kedua temannya, Ronald, dan Budi. Namun, Andrew melihat sebuah potensi dan bertekead untuk mengembangkan kaskus ke tahap yang lebih besar lagi.

Hingga pada tahun 2008, Andrew memutuskan untuk mengelola Kaskus secara profesional di bawah bendera PT Darta Media Indonesia. Hingga akhirnya pada tahun 2009 kesuksesan masif berhasil diraih dimana Kaskus meraih banyak penghargaan di antaranya “The Best Innovation in Marketing” lalu “The Best aMarket Driving Company dari Marketing magazine dan yang lainnya.

Banyak pihak yang menganggap bahwa Andrew Darwis merupakan salah satu orang paling berpengaruh dalam kemajuan bisnis digital di Indonesia.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.