Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Sulit Menahan Godaan Belanja? Begini Cara Mengatasinya

by JTO on 9 Agustus, 2015

Pusat perbelanjaan memang surga bagi para shopaholic. Kadang, mereka yang tidak suka belanja pun bisa tergoda ketika menghabiskan waktu di sana. Atau, biasanya orang-orang yang enggan menawar harga akan lebih memilih berbelanja di pusat perbelanjaan.

Ternyata,  ada trik tersendiri yang  biasa dilakukan pengelola toko agar barangnya laku. Situs boldsky.com memaparkan ada beberapa cara dari pengelola toko atau pusat perbelanjaan agar pelanggan bisa memilih barang yang mereka inginkan.

Salah satunya dengan memajang produk dengan harga paling mahal dibanding produk sejenis lainnya sejajar dengan jarak pandang normal mata saat kita berdiri. Dengan begitu, kita cenderung akan melihat bahwa hanya produk dengan merek tersebut yang sedang ada di toko itu. Atau, menempatkan barang-barang  yang  masaberlakunya sudah hampir habis di jajaran paling depan. Begitu juga halnya dengan makanan segar, yang terbaru akan diletakkan di area paling belakang.

Trik lainnya, membuat supermarket atau sejenisnya terlihat ramai. Hal itu disiasati dengan jarak antar rak panjangan yang dibuat sempit, atau juga jumlah kasir yang tidak terlalu banyak. Jadi, sudah saatnya kita mencoba lebih cermat setiap kali belanja di supermarket atau pun pusat perbelanjaan.

Consumer Education Specialist, Colleen Tressler memiliki beberapa saran yang mungkin bisa diterapkan setiap kali belanja di supermarket atau pusat perbelanjaan.

  1. Selalu luangkan waktu untuk membandingkan harga barang-barang yang akan dibeli. Apalagi, kini sudah ada aplikasi dari smartphone untuk membandingkan harga atau bahkan bisa juga melihat harga di toko-toko online.
  2. Barang-barang berkualitas pasti akan lebih mahal harganya.  Cobalah untuk jeli melihat pilihan belanjaan Anda. Jika Anda hanya mementingkan penampilan, mungkin kualitas bisa dikesampingkan karena bisa jadi Anda akan lebih sering membelanjakan uang untuk mendapatkan barang-barang atau busana model terbaru.
  3. Jika ingin mendapatkan potongan harga, cobalah untuk berbelanja di masa-masa ‘lesu’. Misalnya belanja kebutuhan Lebaran seperti toples kue, karpet, atau kebutuhan Lebaran lainnya pada saat Lebaran sudah lewat. Biasanya barang-barang tersebut akan mendapatkan potongan harga  cukup besar.  Atau, Anda bisa memanfaatkan promo kartu kredit .
  4. Pastikan kembali apakah toko tempat Anda berbelanja menerima pengembalian barang.  Jika iya, Anda pun juga harus mengetahui persyaratannya dengan jelas agar Anda tidak dirugikan.

 

Sumber : CLEO Indonesia

 

Temukan kartu kredit dengan tawaran promo terbaik untuk Anda di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.