Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sumber Kekayaan Harry-Meghan Usai Mundur dari Royal Family

by Sindhi Aderianti on 20 Januari, 2020

Mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari jajaran senior The Royal Family cukup mengejutkan dunia. Selain mundur, mereka juga akan mandiri secara finansial.  Artinya The Duke and Duchess of Sussex itu tak lagi menerima dana kerajaan yang disebut Sovereign Grant.

tips kaya - CekAja.com

Sovereign Grant adalah mekanisme pendanaan bagi keluarga kerajaan, termasuk di dalamnya biaya yang terkait dengan tempat tinggal dan tempat kerja. Padahal selama ini, nominal tunjangan yang didapat adik Pangeran Willam tersebut bisa mencapai 2,5 juta poundsterling atau sekitar Rp45 miliar setiap bulan.

Keputusan ini mereka umumkan melalui akun Instagram @susuexroyal pada Kamis, (9/1/2020) lalu. Lantas dari mana kira-kira sumber penghasilan mereka? Meskipun orangtua Archie Mountbatten-Windsor ini keluarga dari kerajaan, mereka tak akan hidup melarat lantaran sudah punya harta yang berlimpah.

Kekayaan USD2,2 Juta Meghan Markle

Mengutip Harpers Bazaar, Meghan Markle yang awalnya memang bukan anggota kerajaan memiliki kekayaan hingga USD2,2 juta dolar atau setara dengan Rp30 miliar pada Mei 2019. Seperti yang diketahui, wanita keturunan Amerika-Afrika ini dulunya adalah seorang aktris. Harta tersebut didapat berkat jerih payahnya melakoni serial TV berjudul Suits.

Dalam serial yang kini ditayangkan ulang di Netflix itu, Meghan berperan sebagai asisten pengacara bernama Rachel Zane. Jika total keseluruhan episode adalah 108, berarti uang yang berhasil dikumpulkannya hanya dari serial tersebut adalah sekitar USD63.000!

Lalu sebelum menikah dengan Pangeran Harry, Meghan juga sempat membintangi film layar lebar berjudul Remember Me serta menulis blog lifestyle yang diberi nama The Tig.

(Baca juga: Umumkan Royal Exit, 5 Aturan Kerajaan Ini Pernah Dilanggar Pangeran Harry)
Warisan Lady Dy dan Gaji Tentara Pangeran Harry

Sang suami Pangeran Harry, memiliki kekayaan yang tentunya berjumlah lebih fantastis yakni sekitar USD40 juta atau setara dengan Rp550 miliar pada Mei 2019. Dari mana saja harta tersebut berasal?

Putra bungsu dari pasangan Pangeran Charles dan Putri Diana itu diberikan warisan oleh mendiang ibunda sebesar USD10 juta. Adapun dengan melakoni pekerjaan Pangeran Harry sebagai kapten Tentara Inggris, ia digaji  sebesar USD50.000 per tahunnya.

Maka jika kekayaan dua sejoli itu digabungkan, alhasil menjadi USD42,2 juta alias Rp580 miliar bila dikonversikan ke rupiah.

(Baca juga: Mengenal York, Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita)
Sumber Uang Pangeran Harry-Meghan Lainnya

Melansir CNN Business, para pengamat menilai Pangeran Harry dan Meghan Markle bisa mendapatkan penghasilan lain dari beberapa sumber. Berikut diantaranya:

  • Menulis buku

Dilansir dari BBC, menulis buku dinilai bisa menghasilkan pundi-pundi cukup banyak untuk Meghan Markle dan Pangeran Harry yang sudah dikenal masyarakat. Hal seperti ini pernah dilakukan oleh Barack Obama dan Michelle dengan taksiran nilai USD60 juta atau sekitar Rp823 miliar.

  • Public speaker

Pangeran Harry dan sang istri dikenal memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum. Menurut direktur agensi JLA, Jeremy Lee jika pasangan itu terus mempertahankan citra positif, menjadi public speaker dapat mendatangkan ratusan ribu dolar untuk setiap kali tampil.

  • Kerjasama brand

Berbekal ketenarannya, bekerja sama dengan brand-brand terkenal tentu sangat mungkin dilakoni pasangan yang sudah dua tahun menikah itu. Apalagi Meghan paham akan fashion, memiliki personal style yang disukai, serta beberapa waktu lalu pun sempat meluncurkan lini pakaian untuk suatu organisasi.

  • Media sosial

Selain itu, media sosial juga dinilai berpotensi menjadi ‘pos’ pendapatan baru suami-istri yang sedari dulu kontroversial ini. Akun Sussex Royal di Instagram sendiri kini memiliki followers berjumlah 10,6 juta orang.

  • Dunia hiburan

Meghan Markle juga dikabarkan tengah menjalankan kerja sama dengan Disney Pictures untuk mengerjakan dubbing film animasi. Kentungan proyek ini nantinya selain mengalir ke rekening pribadi, juga akan diberikan kepada ‘Gajah Tanpa Batas’, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk konservasi satwa liar dan sumber daya alam.

Well, secara finansial rupanya tidak ada yang harus dikhawatirkan Pangeran Harry dan Meghan Markle usai mundur dari kerajaan Inggris. Dana publik akan tetap mereka gunakan untuk tugas resmi kerajaan.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.