Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Sungai Terkotor di Dunia, Indonesia Masuk Tidak ya?

by Kyla Damasha on 29 November, 2019

Mulai dari negara berkembang hingga negara maju, sepertinya siapapun bisa memasuki ke dalam jajaran sungai terkotor di dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kehidupan yang semakin modern, tampaknya sudah banyak orang yang lupa betapa pentingnya keberadaan sungai.

Padahal, sebelum adanya pipa air PAM ataupun deretan perusahaan mineral yang menyediakan air bersih untuk dikonsumsi, manusia zaman dahulu harus tinggal di dekat sumber air seperti sungai untuk bertahan hidup.

Namun saat ini, justru banyak sungai yang tertutup dengan beton, pemukiman warga, hingga tercemar dengan sampah karena dianggap kehadiran sungai sudah tidak terlalu diperlukan lagi.

Sungai yang bersih dan indah terkadang memang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi, namun tak jarang pula yang sungai yang secara ‘diam-diam’ justru dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah, hingga diantaranya memasuki jajaran sebagai sungai terkotor di dunia.

Tidak hanya kotor, ternyata beberapa sungai tersebut juga tergolong berbahaya bagi kesehatan karena mengandung racun.

Dirangkum oleh Help Save Nature, terdapat beberapa sungai yang masuk ke dalam jajaran sungai terkotor di dunia, bahkan ada yang dari Indonesia juga lho. Dijamin kamu akan kaget dengan betapa kotornya sungai-sungai yang akan kita bahas kali ini.

Sungai Terkotor di Dunia
1. Sungai Gangga, India

Sungai Gangga India

Dianggap sebagai sungai suci bagi umat Hindu di India, ternyata tak menghalangi hal tersebut untuk menjadikan Sungai Gangga sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.

Meski telah terkontaminasi oleh berbagai limbah berbahaya, seperti limbah plastik, limbah sesaji, hingga limbah industri, masih banyak masyarakat India yang menggunakan sumber air di Sungai Gangga untuk melakukan aktivitas, termasuk mandi dan mencuci baju.

Bahkan menurut Indian Council of Medical Research (ICMR) mengungkapkan bahwa orang yang tinggal di dekat lingkungan sungai Gangga lebih rentan terkena penyakit kanker dibandingkan orang-orang yang tinggal di lingkungan manapun di India.

Meski begitu, sepertinya masyarakat setempat cenderung tidak perduli dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa di lingkungan sungai.

2. Sungai Sarno, Italia

Sungai Sarno Italia

Ternyata, negara Eropa yang hampir sebagian besarnya merupakan negara maju juga tak luput dari predikat sungai terkotor di dunia. Kali ini, yang memasuki jajaran adalah sungai Sarno yang terletak di Italia.

Italia memang terkenal memiliki segudang wisata romantis dengan hidangan pastanya yang menggugah selera, namun siapa sangka dibaliknya terdapat sebuah sungai dengan kondisi yang sangat memprihatinkan?

Salah satu sungai terkotor di dunia ini membentang sepanjang 24 Km dengan mengandung begitu banyak limbah beracun yang disertai dengan aneka ragam sampah, membuat sungai indah ini menjadi berbahaya dan tercemar.

Limbah-limbah yang terdapat di sungai Sarno ini biasanya berasal dari limbah pabrik industri dan agrikultur, sehingga sungai ini juga mendapatkan julukan sebagai sungai paling tercemar di Eropa.

3. Sungai Buriganga, Bangladesh

Sungai Buriganga Bangladesh

Negara tetangga India, yaitu Bangladesh juga memiliki salah satu sungai yang masuk ke dalam jajaran sungai terkotor di dunia, yaitu sungai Buriganga yang terletak di Kota Dhaka.

Menjadi sumber air minum utama untuk masyarakat di Dhaka, sungai satu ini memiliki warna yang begitu pekat dan dipenuhi dengan aneka ragam limbah.

Sejak tahun 1600-an, Sungai Buriganga menjadi jalur perdagangan yang tak pernah sepi dari transaksi jual-beli sekaligus menjadi sumber air minum utama dari seluruh masyarakat yang tinggal di Dhaka.

Namun, sangat disayangkan bahwa saat ini sungai Buriganga sudah tercemar akibat limbah kimia, plastik, minyak, hingga limbah rumah tangga yang tergabung menjadi satu.

Bahkan menurut laporan, setiap harinya akan terdapat sekitar 4500 ton sampah yang dibuang ke sungai ini.

4. Sungai Pasig, Filipina

Sungai Pasig Filipina

Sungai terkotor di dunia lainnya yaitu sungai Pasig yang terletak di Filipina. Dijuluki sebagai sungai mati, sungai Pasig memiliki panjang sekitar 27 km dan terletak diantara pabrik-pabrik.

Maka, tak heran bahwa sungai satu ini juga menjadi tempat pembuangan limbah pabrik. Tak hanya itu, bangkai hewan yang sudah mati pun juga akan dibuang ke sungai ini.

(Baca Juga: 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis Sampai Saat Ini, Berapa Usianya?)
5. Sungai Citarum, Indonesia

Sungai Citarum Indonesia

Ternyata Indonesia juga memiliki sungai terkotor di dunia lho, yaitu sungai Citarum yang terletak di Jawa Barat. Menjadi salah satu sungai terbesar di Indonesia, sungai Citarum membentang lebih dari 321 km dan menjadi bagian penting dari perekonomian Indonesia.

Sungai ini juga berfungsi sebagai irigasi dari ribuan area lahan agrikultur serta digunakan sebagai pembangkit listrik.

Mengapa sungai Citarum memasuki jajaran sungai terkotor di dunia? Karena penuhnya sampak, plastik dan limbah tekstil yang berada di sungai ini.

6. Sungai Kuning, Cina

Sungai Kuning Cina

Menjadi sungai terpanjang di Asia, sungai Kuning ternyata juga menjadi salah satu sungai terkotor di dunia. Karena letaknya yang strategis, banyak perusahaan industri yang berdiri di pinggirnya, sehingga membuat sungai Kuning menjadi tempat pembuangan limbah pabrik yang tak dapat terelakan.

Pada tahun 1996, Sungai Kuning bahkan sudah tercemar oleh limbah industri sebanyak 4,29 miliar ton. Sepertiga dari air sungai Kuning pun juga sudah tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia lagi.

7. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai Mississippi Amerika Serikat

Wah, ternyata negara Amerika pun juga tidak luput dari predikat sungai terkotor di dunia. Menurut laporan dari Environment Missouri yang merupakan sekelompok pecinta lingkungan lokal, pada tahun 2012 sungai Mississippi sudah tercemar oleh limbah beracun serta aneka ragam bahan Kimia, seperti nitrat, benzena dan arsenik sebanyak 12,7 juta pon.

Padahal, sungai satu ini merupakan salah satu jantung kota di Amerika Serikat. Bahkan, begitu banyaknya kandungan berbahaya di dalamnya membuat organisme tidak memungkinkan untuk bisa bertahan hidup.

8. Sungai Cuyahoga, Ohio

Sungai Cuyahoga Ohio

Sungai terkotor di dunia selanjutnya ada sungai Cuyahoga yang terletak di Ohio. Apakah kamu pernah mendengar mengenai sungai yang dapat terbakar? Percaya atau tidak, sungai terbakar memang benar-benar bisa terjadi, salah satunya seperti sungai Cuyahoga ini. Bahkan sungai satu ini dapat dikatakan sudah sering terbakar sejak tahun 1868.

Tetapi bagaimana bisa? Hal tersebut dikarenakan sungai satu ini mengandung polusi tinggi yang membuatnya mudah tersulut api. Mengalir melalui Cleveland, Cuyahoga menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga dan sampah industri.

Meskipun menjadi salah satu sungai terkotor di dunia, ternyata kamu masih bisa menemukan beberapa kehidupan di sungai tersebut.

Perlu diketahui bahwa sungai merupakan salah satu sumber air yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan manusia, sehingga menjaga kebersihan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap umat manusia.

Sungai kotor bukan hanya tidak enak dipandang, melainkan juga dapat memberikan sejumlah dampak bagi makhluk hidup, seperti sumber penyakit berbahaya.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya serta tips finansial, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda