Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mulai dari yang Indah, Kotor, hingga Seram!

by Estrin Vanadianti Lestari on 14 Juli, 2020

Apa kamu masih ingat dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang pernah kamu pelajari di sekolah? Salah satunya tentang pengetahuan alam, yang membahas mengenai hal paling menakjubkan di dunia, seperti adanya sungai terpanjang di dunia. 

8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mulai dari yang Indah, Kotor, hingga Seram

Terlebih, kondisi alam yang sangat menakjubkan ini, memang perlu diketahui loh, karena pengetahuan umum yang satu ini sangat menarik untuk dibahas. Terlebih, bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah, juga wajib banget tahu, terkait hal menakjubkan seperti informasi sungai terpanjang di dunia. 

Siapa tahu, ketika masuk sekolah nanti, pertanyaan seputar sungai terpanjang di dunia, beserta nama dan lokasinya, akan keluar di ujian. Jadi, yuk ketahui sekarang!

Setidaknya ada 8 sungai terpanjang di dunia, yang akan dibahas di sini. Namun, pada 2007 lalu, ternyata pernah terjadi perdebatan dalam menetapkan dua kandidat, antara Sungai Nil dan Sungai Amazon, yang pantas menyandang predikat sungai terpanjang di dunia.

Nah, daripada dibuat penasaran, yuk langsung saja intip 8 sungai terpanjang di dunia, berikut ini.

(Baca Juga: 7 Sungai Terbersih di Dunia)
8 Sungai Terpanjang di Dunia
1. Sungai Nil – 6.650 Kilometer

Sungai Nil

  • Lokasi: Afrika Timur
  • Hulu Sungai: Danau Victoria dan Danau Tana di Ethiopia
  • Muara Sungai: Laut Mediterania

Sungai terpanjang di dunia yang pertama adalah Sungai Nil. Bagi kamu yang belum tahu, ternyata Sungai Nil terbentuk dari dua anak sungai utama, yakni Nil Putih dan Nil Biru. 

Hulu atau asal sungai Nil Putih adalah dari Danau Victoria, sedangkan hulu Sungai Nil Biru adalah Danau Tana di Ethiopia. Kedua anak sungai ini, bertemu dan menjadi satu di Khartoum (Ibu kota Sudan), dan bermuara di Laut Mediterania. 

Saking panjangnya, Sungai Nil sampai mampu melewati 11 negara. Sembilan di antaranya, berada di Benua Afrika yaitu Mesir, Zaire, Rwanda, Uganda, Sudan, Kenya, Burundi, Tanzania dan Ethiopia. 

Cekungan Sungai Nil (daerah yang terbentuk dari erosi fluvial sebuah sungai), juga sangat besar, karena mampu mencakup 11 negara sekaligus, yakni meliputi Mesir, Uganda, Sudan, Ethiopia, Eritrea, Burundi,Tanzania, Kenya, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, dan Sudan Selatan.

Tidak hanya melewati beberapa negara, Sungai Nil juga memiliki beberapa jembatan yang membentang di atasnya. Jembatan yang membentang di atas Sungai Nil tersebut adalah Qasr al-Nil Bridge, Jinja Nile Bridge, 6th October Bridge, Imbaba Bridge.

2. Sungai Amazon – 6.400 Kilometer

Sungai Amazon

  • Lokasi: Amerika Serikat
  • Hulu Sungai: Danau Mantaro
  • Muara Sungai: Samudra Atlantik

Dikenal dengan habitat dari banyak spesies flora maupun fauna, Sungai Amazon juga masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia nomor dua. Pasalnya, Sungai Amazon ini, melintasi Hutan Amazon yang dikenal sebagai hutan terbesar di dunia. 

Namun, untuk ukuran debit air yang ada di dalamnya, Sungai Amazon dianggap membawa debit air lebih besar dari Sungai Nil, Sungai Misissipi dan Sungai Yangtze. Karena memiliki deras air yang kuat, dan dikelilingi hutan yang lebat dan gelap, sungai ini kerap dipenuhi oleh berbagai jenis hewan buas. 

Sebut saja seperti anaconda, ikan piranha, belut listrik, hingga buaya caiman hitam. Meski terkenal seram, namun masih banyak saja orang yang nekat untuk menyusuri sungai dan hutan, terlebih beberapa dari mereka juga bertujuan untuk penelitian. 

Di Hutan Amazon, juga terdapat Suku Pedalaman, yang dikenal dengan Suku Amazon. Uniknya, Suku Amazon ini justru hanya terdiri dari kaum wanita saja, dan akan menculik pria pilihan, hanya untuk dijadikan suami semalam. 

Ketika hamil, pria yang diculiknya akan dikembalikan ke tempat asalnya. Setelah itu, ketika anak lahir, hanya anak perempuan saja lah, yang akan dirawat, jika yang lahir adalah anak laki-laki, maka anak tersebut akan dibuang ke tengah hutan.

3. Sungai Yangtze – 6.300 Kilometer

Sungai Yangtze

  • Lokasi: Tiongkok
  • Hulu Sungai: Gletser di Dataran Tinggi Qinghai
  • Muara Sungai: Laut Tiongkok Timur

Sungai terpanjang di dunia yang ketiga setelah Sungai Nil dan Amazon adalah Sungai Yangtze. Sungai ini juga masuk ke dalam sungai terpanjang di Asia. 

Menjadi sungai kebanggaan warga Tiongkok, sungai ini juga dikenal memiliki tebing-tebing yang curam. Bahkan, puncak dan air terjunnya, sering ditampilkan dalam lukisan-lukisan di Tiongkok. 

Selain itu, hal yang paling penting dari adanya Sungai Yangtze adalah perannya sebagai arteri transportasi utama Tiongkok. Meski memiliki peran penting dalam hal transportasi, Sungai Yangtze ini sepertinya tidak memungkinkan untuk dijadikan sumber air.

Hal tersebut dikarenakan sungai ini, sudah sangat tercemar akibat limbah hasil industri dan pertanian.

4. Sungai Mississippi – 6.275 Kilometer

Sungai Mississippi

  • Lokasi: Amerika Serikat
  • Hulu Sungai: Danau Itasca
  • Muara Sungai: Teluk Meksiko

Sungai terpanjang di dunia, sekaligus sebagai  sungai terpanjang di Amerika yang kedua adalah Sungai Misissipi. Sungai Misissipi juga menjadi tempat dari 260 jenis ikan. 

Tidak hanya ikan, di Sungai Misissipi ini juga menjadi tempat tinggal para kerang-kerang. Setidaknya ada 60 spesies kerang hidup yang ada di bagian bawah Sungai Misissipi. 

Untuk di sekitar sungai, terdapat juga kehidupan mamalia, amfibi hingga reptil yang menjadikan Sungai Misissipi, sebagai sumber penghidupan. 

Tidak hanya para fauna, bagi yang ingin berkunjung dan mengarungi sungai, kamu juga bisa loh berpetualang. Nantinya akan ada kapal khusus wisata, yang akan mengantarmu mengarungi sungai, sampai menikmati pemandangan dan udara segar. 

Sebagian besar lokasi yang dilewati sungai ini adalah hutan, perkebunan dan ladang. Bagi kamu yang suka suasana alam, sungai ini, cocok untuk dijadikan wisata.

5. Sungai Yenisei – 5.539 Kilometer

Sungai Yenisei

  • Lokasi: Asia
  • Hulu Sungai: Mongolia
  • Muara Sungai: Laun Kara, teluk Yensei, Samudera Arktik

Sungai terpanjang di dunia nomor lima ini adalah Sungai Yensei. Masih bagian dari Sungai Yellow (salah satu sungai terpanjang di Tiongkok), Sungai Yensei ini juga memiliki saluran pembuangan seluas 2,5 juta km persegi. 

Sebagian besar sungai ini, berada di Rusia, dimana sungai ini juga melewati beberapa wilayah dari Mongolia seperti Tuva, Krai Krasnoyarsk, Khakassia, Oblast Irkutsk, Buryatia, Krai Zabaykalsky.

Selain itu, di bagian tengah sungai, juga terdapat bendungan hidroelektrik besar, dimana kontaminasi industri menjadi masalah di wilayah ini. 

Sungai Yensei juga memiliki jembatan yang membentang di atasnya. Jebatan tersebut diantaranya adalah Bridge across the Yenisei, Vinogradovskiy Most, Oktyabrsky bridge, Most 777.

6. Sungai Yellow – 5.464 Kilometer

Sungai Yellow

  • Lokasi: Tiongkok
  • Hulu Sungai: Pegunungan Kunlun di provinsi Qinghai
  • Muara Sungai: Laut Bohai

Sama seperti namanya, sungai terpanjang di dunia keenam ini memang memiliki warna air yang tampak kekuningan. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan lumpur sungai yang berwarna kuning. 

Meski warna lumpurnya kuning, lumpur dari Sungai Yellow ini ternyata sangat subur loh. Sehingga, para masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya, bahkan bisa mendukung setengah produksi dari industri kapas dan gandum. 

Sungai Yelow, juga menjadi sangat penting bagi masyarakat Republik Rakyat Tiongkok, karena sungai ini, menjadi pusat kebudayaan Tiongkok, bersama-sama dengan Sungai Panjang di Selatan. 

Sungai ini melewati delapan kota di Tiongkok dan jembatan, di antaranya adalah Kaifeng, Luoyang, Zhengzhou, Lanzhou, Yinchuan, Jinan, Baotou, Wuhai. Sedangkan jembatan dilalui sungai ini adalah Zhongshan Bridge, Xiaoshawan Huanghe Bridge, lainnya.

7. Sungai Ob – 5.410 Kilometer

Sungai Ob

  • Lokasi: Siberia, Rusia
  • Hulu Sungai: Katun River, Biya River
  • Muara Sungai: Laut Kara

Sungai Ob, menjadi sungai terpanjang di dunia selanjutnya. Terletak di Siberia bagian Barat, Rusia, sungai Ob ini akan membeku mulai dari bulan November hingga April, pada musim dingin. 

Sama seperti Sungai Nil, Sungai Ob merupakan sungai yang terbentuk dari pertemuan dua sungai, yakni Sungai Katun dan Sungai Biya, yang sama-sama memiliki mata air di Pegunungan Altay.

Selain itu, Sungai Ob juga menyediakan irigasi, air minum, energi air (hidroelektrik), dan perikanan untuk wilayah Siberia barat. Adapun beberapa pembangkit listrik tenaga air di sepanjang sungai Ob, yang terbesar adalah Novosibirskaya GES dengan kemampuan daya 460 MW.

(Baca Juga: Segini Biaya Mendaki Gunung Everest)
8. Sungai Rio de la Plata – 4.876 Kilometer

Sungai Rio de la Plata

  • Lokasi: Prana
  • Hulu Sungai: Sungai Uruguay dan Sungai Parana
  • Muara Sungai: Samudra Atlantik

Sungai terpanjang di dunia yang terakhir kita bahas adalah Sungai Rio de la Plata. Sungai ini, terbentuk dari pertemuan dua sungai yakni Sungai Uruguay dan Sungai Parana. 

Sungai Rio de la Plata atau dikenal dengan sungai perak juga menjadi salah satu ikon dari kota Buenos Aires, Argentina. Selain itu, sungai ini juga menjadi sangat penting bagi negara Brazil, Argentina, dan Paraguay, karena dijadikan sebagai sumber air utama. 

Itu dia deretan sungai terpanjang di dunia, yang salah satunya mampu melewati 11 negara, dan memiliki panjang hingga enam ribuan kilometer. Tapi, bicara soal sungai terpanjang di dunia, kamu sendiri sudah tahu belum, apa sungai terpanjang di negara sendiri, yakni di Indonesia?

Selain mengetahui informasi tentang sungai terpanjang di dunia, kamu juga wajib tahu informasi tentang sungai terpanjang di negara sendiri. Masa, negara sendiri tidak tahu informasi yang ada di dalamnya? 

Tidak kalah bagus dan menakjubkan, deretan sungai terpanjang di Indonesia juga sering dijadikan wisata alam yang cantik. Tersebar dari Sabang sampai Merauke, ini informasi singkat terkait 10 sungai terpanjang di Indonesia.

10 Sungai Terpanjang di Indonesia
  • Sungai Kapuas

Lokasi: Kalimantan Barat
Panjang: 1.143 km
Hulu sungai: Pegunungan Muller
Muara sungai: Selat Karimata (Laut Cina Selatan)

  • Sungai Mahakam

Lokasi: Kalimantan Timur
Panjang: 920 km
Hulu sungai: Gunung Cemaru, Pegunungan Muller
Muara sungai: Selat Makassar

  • Sungai Barito

Lokasi: Kalimantan Tengah & Kalimantan Selatan
Panjang: 909 km
Hulu sungai: Pegunungan Schwaner
Muara sungai: Laut Jawa

  • Sungai Batanghari

Lokasi: Sumatera Barat & Jambi
Panjang: 800 km
Hulu sungai: Dataran Tinggi Minangkabau
Muara sungai: Selat Malaka

  • Sungai Musi

Lokasi: Sumatera Selatan
Panjang: 750 km
Hulu sungai: Pegunungan Bukit Barisan
Muara sungai: Selat Bangka

  • Sungai Mamberamo

Lokasi: 670 km
Panjang: Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua
Hulu sungai: Puncak Mandala
Muara sungai: Samudera Pasifik

  • Sungai Martapura

Lokasi: Kalimantan Selatan
Panjang: 600 km
Hulu sungai: Kalimantan
Muara sungai: Sungai Barito

  • Sungai Bengawan Solo

Lokasi: Jawa Tengah & Jawa Timur
Panjang: 548 km
Hulu sungai: Gunung Lawu
Muara sungai: Laut Jawa

  • Sungai Digul

Lokasi: Papua
Panjang: 525 km
Hulu sungai: Pegunungan Maoke
Muara sungai: Laut Arafura

  • Sungai Indragiri

Lokasi: Riau
Panjang: 500 km
Hulu sungai: Danau Singkarak
Muara sungai: Selat Malaka

Nah, bagaimana sudah puas mengetahui informasi tentang sungai terpanjang di dunia sekaligus di Indonesia? Dari deretan nama sungai terpanjang di atas, apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Wah, kalau belum, rugi banget loh, hehe. Mengunjungi salah satu kekayaan alam berupa sungai terpanjang ini, tidak hanya termasuk kunjungan wisata loh, karena sungai-sungai tersebut memiliki sejarah yang panjang dan unik. 

Jika mengunjungi sungai terpanjang di dunia, mungkin terlalu jauh, kamu bisa loh, mengunjungi sungai terpanjang yang ada di Indonesia dulu. Yuk, berwisata sejarah alam dan mengetahui seluk-beluknya, karena bisa jadi kebanggaan tersendiri. 

Apalagi, liburannya menggunakan kartu kredit khusus liburan, karena bisa memberikanmu banyak keuntungan dan kemudahan. 

Dengan kartu kredit khusus liburan, kamu akan mendapat banyak kemudahan seperti lebih praktis, booking tiket pesawat, hingga hotel dengan mudah dan cepat, hingga menikmati berbagai promo menarik, seperti cashback, diskon, dan rewards. 

Jadi, sudah punya kartu kredit khusus liburan belum? Yuk, segera ajukan kartu kredit liburan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk