10 Sungai Terpanjang di Indonesia dengan Segala Keunikannya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Sungai terpanjang di Indonesia tidak hanya memiliki aliran hulu menuju hilir yang panjang, tetapi masing-masing di antaranya juga memiliki keunikan yang bisa menjadi tujuan wisatamu. Simak daftarnya berikut ini!

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki total ribuan sungai utama. Dari sungai utama itu, terdapat lebih banyak anak sungai yang menyebar ke daerah-daerah lain di sekitarnya.

Hingga saat ini, Indonesia masih belum memiliki data jumlah sungai yang jelas.

Namun, sudah bisa diperkirakan bahwa ada begitu banyak sungai yang mengalirkan air dari hulu ke hilir menuju lautan lepas.

Manfaat Sungai

Sungai memiliki peranan penting dalam sistem lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Beberapa manfaat sungai di antaranya sebagai berikut:

  • Menampung air hujan
  • Mengalirkan air ke hilir
  • Dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik
  • Menjadi pusat ekosistem
  • Menjadi sumber mencari bahan makanan
  • Menjadi sumber air untuk mandi dan cuci
  • Menjadi sumber tempat mencari penghasilan (misalnya dengan memancing, menambang batu kali, dan sebagainya)
  • Menjadi tempat rekreasi
  • Menjadi jalur transportasi

Pengelolaan sungai di Indonesia sendiri terbilang beragam, apalagi ada beberapa sungai terpanjang di Indonesia yang juga luas.

Tidak hanya dijadikan sebagai jalur transportasi sungai atau tempat rekreasi, sungai di Indonesia juga bahkan dimanfaatkan warga sebagai pasar terapung, bendungan untuk mengantisipasi banjir, dan lainnya.

(Baca Juga: 8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mulai dari yang Indah, Kotor, hingga Seram!)

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia yang begitu luas memiliki keanekaragaman hayati di dalamnya. Selain itu, terdapat pula keunikan yang dimiliki oleh masing-masing sungai tersebut.

Berikut ini daftar sungai terpanjang di Indonesia yang wajib kamu ketahui:

1. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Indonesia yang pertama adalah Sungai Kapuas yang menjuntai sepanjang 1.143 kilometer di Provinsi Kalimantan Barat.

Aliran Sungai Kapuas dimulai dari hulu yang juga menjadi mata air Pegunungan Muller, hingga ke hilir Selat Karimata yang menghadap ke Laut Cina Selatan.

Pemeliharaan sungai ini cukup baik. Masyarakat menjaga kebersihan sungai, dan Pemerintah pun mengembangkan sungai dengan baik.

Seperti dijadikan sebagai jalur transportasi warga dan kapal barang, area wisata, sumber mata pencaharian warga, dan lain sebagainya.

2. Sungai Mahakam

Masih berada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur, ada Sungai Mahakam yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia nomor dua.

Sungai Mahakan mengalir dari area Gunung Cemaru di Pegunungan Muller menuju hilir Selat Makassar. Panjangnya sekitar 920 kilometer.

Keunikan dari Sungai Mahakam adalah adanya pesut Mahakam yang menjadi hewan mamalia air tawar yang kini nyaris punah.

Pesut Mahakam masih bisa dijumpai, namun jumlahnya semakin sedikit setiap tahunnya. Bentuknya mirip dengan lumba-lumba, namun bagian sirip lebih kecil.

Para peneliti menyebutnya dengan nama Irrawaddy Dolphin.

3. Sungai Barito

Sungai terpanjang di Indonesia yang ketiga adalah Sungai Barito. Karena panjangnya yang mencapai 909 kilometer, Sungai Barito melintasi dua provinsi sekaligus. Yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Area hulu sungai dimulai dari Pegunungan Schwaner, kemudian air dialirkan ke hilir yang mengarah ke Laut Jawa.

Sungai Barito dimanfaatkan warga untuk mencari ikan, dan berdagang di pasar terapung.

4. Sungai Batanghari

Di Pulau Sumatera juga ada nih sungai terpanjang di Indonesia yang melintasi dua provinsi sekaligus.

Sungai Batanghari mengaliri area Provinsi Sumatera Barat hingga ke Jambi dengan panjang 800 kilometer.

Hulu sungai dimulai dari area dataran tinggi Minangkabau, hingga ke Selat Malaka.

Spot wisata yang terkenal terdapat di jembatan-jembatan besar yang menghubungkan dua daratan. Yang paling bagus pemandangannya adalah Jembatan Gentala.

Sayangnya, masih kerap ditemukan sampah yang berserakan di area jembatan maupun pinggir Sungai Batanghari.

5. Sungai Musi

Sungai Musi tentu saja menjadi kebanggaan warga Sumatera Selatan. Selain menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Musi juga menjadi tempat wisata populer.

Kamu bisa melihat pemandangan indah, makan makanan khas Sumsel di warung makan pinggir sungai, sekaligus memandangi Jembatan Ampera yang tersohor itu.

Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer, mengalir dari area Pegunungan Bukit Barisan, hingga ke Selat Bangka.

6. Sungai Eilanden atau Sungai Pulau

Sungai Eilanden atau yang lebih dikenal warga Papua dengan nama Sungai Pulau memiliki panjang 674 kilometer.

Hulu sungai dimulai dari Pegunungan Jayawijaya hingga ke hilir Laut Arafura. Sayangnya, Sungai Eilanden belum memiliki pemetaan yang jelas.

Oleh para orang-orang di pedalaman Papua, Sungai EIlanden dijadikan sebagai tempat mencari bahan makanan.

(Baca Juga: 7 Sungai Terbersih di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Wisatawan?)

7. Sungai Mamberamo

Di posisi ke-7 sungai terpanjang di Indonesia ada Sungai Mamberamo yang berlokasi di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Panjangnya sekitar 670 kilometer.

Lokasi hulu sungainya masih berdekatan dengan hulu Sungai Eilanden, yakni di Puncak Mandala area Pegunungan Jayawijaya. Aliran sungai Mamberamo berakhir di Samudera Pasifik.

Karena berada di area pedalaman, sungai ini masih dikelilingi hutan yang asri. Pemandangannya mirip seperti Sungai Amazon di Amerika Selatan.

8. Sungai Martapura

Sungai terpanjang di Indonesia lainnya adalah Sungai Martapura yang masuk ke dalam Provinsi Kalimantan Selatan dengan panjang 600 kilometer.

Ciri khas dari sungai yang satu ini adalah kegiatan pasar apung yang ada setiap pagi hari. Warga berkumpul dengan perahu sampan yang disebut dengan jukung, untuk melakukan kegiatan jual beli.

Pembeli juga bisa menunggu di pinggir area sungai, lalu memanggil penjual jika ingin membeli barang dagangannya. Nantinya, penjual dengan jukung akan menghampiri pembeli tersebut.

9. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo menjadi sungai terpanjang di Indonesia yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan panjang 548 kilometer, sungai ini mengalir dari area Gunung Lawu hingga ke muara Laut Jawa.

Nama Bengawan Solo makin dikenal berkat lagu keroncong legendaris karya Gesang dengan judul yang sama.

10. Sungai Digul

Sungai terpanjang di Indonesia yang terakhir adalah Sungai Digul di Papua. Lokasinya berdekatan dengan aliran Sungai Eilanden, karena muara sungai ini juga mengarah ke Laut Arafura.

Panjangnya sekitar 525 kilometer, mengalir dari mata air Pegunungan Maoke. Area Sungai Digul didominasi oleh vegetasi rawa yang masih jarang terjamah orang-orang.

Sehingga lingkungan di sana masih sangat asri.

Itulah daftar sungai terpanjang di Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Sungai mana nih yang menarik minatmu untuk dikunjungi?

Bepergian di era new normal memang diperbolehkan dengan penerapan protokol kesehatan. Pastikan dirimu berada dalam kondisi sehat, dan memiliki proteksi lebih dengan lindungan asuransi kesehatan.

Di zaman sekarang, asuransi wajib banget kamu miliki. Untuk mempermudahmu memilih produk asuransi terbaik, gunakan saja sistem perbandingan online di CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan asuransi ini, kegiatan bepergian kemana saja akan lebih aman.

Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan lewat CekAja sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah