Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Supaya Kantong Tidak Jebol, Ini Pertimbangan Sebelum Sanggupi Ajakan Bukber

by Ariesta on 10 Juni, 2016

bukber hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Seakan jadi rutinitas wajib tahunan, banyak ajakan atau undangan buka puasa bersama (bukber) setiap bulan Ramadhan. Bagaimana atasinya agar kegiatan ini tidak bisa bikin kantong jebol?

Kegiatan buka bersama (bukber) sudah menjadi budaya dalam menjalani Ramadhan di Indonesia. Bukber ini bukan hanya sekedar makan-makan bersama lalu pulang, melainkan sebagai ajang menyambung tali silaturahmi. Acara bukber juga sering dijadikan ajang untuk reuni, menggalang amal/santunan, bahkan mencari jodoh.

Banyaknya undangan bukber ini tak jarang membuat kantongmu jebol.  Tidak semua ajakan bukber harus kamu sanggupi kok. Sebelum mengiyakan, perhatikan hal-hal berikut untuk kebaikanmu juga.

Berapa biayanya?

Hakikat dari buka bersama adalah berbuka puasa. Kamu berhak menolak kalau biaya bukber mahal sedangkan kamu sedang bokek. Misalnya harga patungannya sampai Rp250.000 karena diselenggarakan di hotel. (Baca juga: Lima Hal yang Seharusnya Membuat Kamu Lebih Hemat Saat Puasa)

Kan lumayan uang sebesar ini bisa untuk beli baju lebaran. Kalau niatnya berbuka, dengan kolak dan teh manis seharga Rp10.000 pun juga bisa. Intinya jangan memaksakan diri dan berbukalah semampumu.

Di mana tempatnya?

Hotel, restoran, dan mal adalah tempat-tempat yang sering dijadikan lokasi bukber. Di manapun tempatnya, ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan yakni tempat salat. Apalagi di minggu pertama dan kedua, mal dan restoran akan sangat penuh karena banyak yang mengadakan acara bukber.

Jangan sampai karena mushola tidak bisa menampung, kamu jadi menunda salat Magrib bahkan tidak salat. Sayang kan ibadahmu jadi tidak sempurna. Jangan lupa juga untuk membawa alat salat ya.

Siapa saja yang datang?

Pasti seru ya bertemu dengan teman lama. Ada yang sudah menikah, ada yang sudah punya anak, ada yang makin langsing, ada yang belum laku-laku. Biasanya reuni kelas atau angkatan menargetkan banyak orang untuk datang. Ini bisa jadi ajang untuk kamu ketemu sahabat bahkan mantan lho.

Siap-siap saja mendapat rentetan pertanyaan: sudah menikah? Sekarang kerja di mana? Kegiatannya ngapain aja? Kalau tidak siap dibombardir pertanyaan tersebut, atau tidak siap melihat mantan dengan gandengan barunya, mungkin bukber berskala kecil lebih cocok untukmu.

Bagaimana konsep acaranya?

Sebelum hadir, kamu wajib tahu konsep bukber supaya tidak mati gaya. Apakah hanya sekedar makan-makan, mengobrol, atau main musik. Atau ada santunan untuk anak yatim, mengaji dan salat berjamaah, bahkan salah tarawih bersama.

Sebaiknya acara berbuka memang tidak sekedar ramah tamah. Akan lebih berkah jika bersama-bersama melakukan kebaikan. (Baca juga: Penuhi Kebutuhan Tubuhmu Akan 4 Zat Ini Agar Puasa Lancar)

Jadikan acara bukber sebagai ajang bersyukur atas banyak hal. Bersyukur diberi kesehatan sehingga bisa menjalankan puasa, bersykur diberi umur panjang sehingga bisa bertemu teman-teman, bersyukur diberi rezeki sehingga bisa datang. Panduan di atas juga bisa diperuntukkan bagi kamu yang akan menjadi panitia bukber tahun ini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami