Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Supaya Tidak Panik, Berikut Tips Buat Kamu yang Pertama Kali ke Luar Negeri

by Ariesta on 29 Januari, 2016

Pengalaman pertama kali ke luar negeri selalu menjadi hal mendebarkan. Apalagi untuk kamu yang belum pernah naik pesawat dan traveling sendirian tanpa ikut tur. Sensasi traveling sendirian tentu berbeda dengan ikut tur. Kamu harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri mulai dari penerbangan, akomodasi, transportasi, dan sebagainya.

Karena belum berpengalaman dan seringkali dilanda panik, orang yang baru pertama kali ke luar negeri sering kali kelupaan sesuatu. Mulai dari hal sepele seperti tidak membawa obat-obatan sampai  yang fatal seperti tidak membawa paspor. Supaya liburanmu berjalan mulus, aman, dan tanpa kepanikan, lakukan tips berikut.

Widget TRV Insurance

Membuat kopian dan scan paspor

Selalu sedia payung sebelum hujan. Untuk mengantisipasi kehilangan paspor, jangan lupa membuat kopian dan scan paspor sebelum pergi. Ini agar jika kehilangan, kamu masih punya back up. Jika harus meninggalkannya di penginapan, taruh di loker yang dikunci.

Memastikan kartu debit atau kartu kreditmu bisa digunakan di luar negeri

Meskipun kamu sudah membawa cukup uang tunai, pastikan kartu debit atau kartu kreditmu bisa digunakan di luar negeri untuk berjaga-jaga. Hubungi penerbit kartu debitmu sebelum berangkat.

(Baca juga: Wisata Peninggalan Perang di Asia yang Wajib Kamu Kunjungi, Sedikit Menyeramkan Lho)

Mencatat nomor darurat

Tidak ada seorang pun yang mau kecopetan, kerampokan, atau menjadi korban kriminalitas lainnya selama traveling. Apalagi jika kamu traveling sendirian, tidak ada yang bisa dimintai tolong saat sesuatu yang buruk terjadi. Oleh karenanya, simpan nomor KBRI, nomor polisi/emergency call setempat, dan nomor tempatmu menginap.

Membawa adapter atau charger universal

Traveling tidak lengkap tanpa update di media sosial atau foto-foto sebagai bukti kamu memang benar-benar ke sana. Bayangkan kalau kamu tidak bisa update hanya karena salah membawa charger. Pasti mengesalkan bukan? Setiap negara punya bentuk colokan listrik yang berbeda. Cari tahu hal ini sehingga kamu bisa tetap update dan foto-foto tanpa kendala.

Cek cuaca setempat

Banyak newbie traveler menyepelekan suhu di musim semi atau musim gugur. Meskipun bukan musim dingin, dua musim tersebut bisa membuat badanmu menggigil. Apalagi bagi orang tropis yang sudah merasa kedinginan di suhu 20°C. Kedua musim tersebut bisa mencapai satu digit yang artinya cardigan saja tidak cukup. Jangan sampai pengeluaranmu jadi boros karena harus membeli baju di tempat tujuan.

Belajar bahasa dan tata krama setempat

Tidak perlu mahir, namun akan lebih baik jika kamu tahu cara mengucapkan ‘maaf’ dan ‘terima kasih’ dalam bahasa lokal. Perhatikan pula norma setempat seperti cara berpakaian, etika makan, etika masuk ke kuil atau tempat ibadah, dan lain-lain. Jangan lupa untuk tersenyum karena ini merupakan bahasa universal yang diterima di seluruh dunia.

(Baca juga: Ketika Liburan ke Korea, Beberapa Tempat Wisata Ini Bisa Dikunjungi Gratis)

Membuat pengingat jadwal penerbangan

Ketinggalan pesawat adalah mimpi terburuk bagi setiap traveler. Untuk mengantisipasinya, buat pengingat di ponselmu. Perhitungkan juga jarak dari penginapan ke bandara, waktu check in, dan waktu untuk membeli oleh-oleh di bandara. Jangan lupa mendaftar asuransi perjalanan karena jika ini terjadi, kerugian yang harus kamu tanggung bisa tercover asuransi.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami