Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Susu Kecoa Dinilai Lebih Bergizi dari Susu Sapi, Cek Faktanya!

by Achmad Fauzi on 31 Mei, 2018

Siapa yang tak tahu kecoa? Binatang jenis serangga ini berada dimana-mana, mulai dari rumah, kantor, sampai tempat umum. Karena bau dan seringkali terbang, banyak orang jijik ketika melihat kecoa. Namun, kali ini ada temuan baru yang mencengangkan. Ternyata susu kecoa memiliki manfaat yang bagus untuk Anda.

Dikutip dari The Independent, para ilmuwan malah melihat serangga ini dari sisi lain. Pasalnya, salah satu bagian dari kecoa bisa menyehatkan, yaitu susu kecoa. Susu kecoa dianggap para ilmuwan lebih menyehatkan dibandingkan susu sapi.

Menurut para peneliti dari Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India, susu kecoa didasarkan dari hasil sekresi atau cairan tubuh yang diproduksi kecoa usai melahirkan yang mana berbentuk kristal. Namun, jenis kecoa yang bisa menghasilkannya bernama diploptera punctata.

Dan ternyata, kristal itulah yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Tidak hanya itu, susu kecoa dianggap tren makanan terbaru untuk masyarakat yang tidak suka dengan produk susu. (Baca juga: Jangan Bercanda Soal Bom di Pesawat Jika Tak Ingin Masuk Penjara)

 

Mengandung protein, lemak dan gula

Dalam riset yang diterbitkan dalam Journal of International Union of Crystallograph, terungkap bahwa kristal tersebut memiliki kandungan protein, lemak, dan gula. Protein yang ada di dalam susu kecoa juga mengandung asam amino.

Perlu Anda ketahui, asam amino berfungsi untuk metabolisme tubuh. Manfaatnya, mulai dari meningkatkan berat badan sampai menjaga kesehatan.

Selain itu, para periset juga menyebut satu kristal dari susu kecoa diperkirakan mengandung lebih dari tiga kali energi susu sapi.‎ Dengan adanya kandungan-kandungan itu, bukan tanpa alasan susu kecoa menyehatkan bagi tubuh Anda. Apalagi, jika Anda menkonsumsinya setiap hari. (Baca juga: Ini Tempat Penukaran Uang di Jabodetabek untuk Lebaran)

Susu kecoa sulit didapatkan

Meski banyak manfaat, mendapatkan susu kecoa tidak seperti membalikan tangan. Karena Anda harus membutuhkan ratusan kecoa untuk mengambil kristal yang nantinya dijadikan susu kecoa.

Tapi, itu tidak menghentikan beberapa perusahaan untuk menghasilkan susu kecoa. Perusahaan asal Afrika Selatan, Gourmet Grubb bahkan telah menjual es krim imitasi dari “entomilk”. Entomilk adalah susu yang dihasilkan dari serangga yang dibudidayakan secara berkelanjutan.

Meskipun ada klaim bermanfaat, banyak ahli bersikeras bahwa ada banyak cara lain untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Ahli gizi, Jo Travers mengatakan, hanya karena mengandung banyak nutrisi tidak berarti Anda harus buru-buru mencari susu kecoa dan mengkonsumsinya. (Baca juga: Manfaat dan Cara Mengajukan Pinjaman Online untuk Lebaran)

Menurut Jo Travers, ada banyak makanan lain yang juga mengandung semua asam amino, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan untuk tubuh. Dengan begitu, Anda bisa memilih apakah mencari susu kecoa atau makanan lain untuk kebutuhan tubuh Anda.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami