Informasi Mengenai Swab Antigen Gratis di Rest Area yang Perlu Diketahui

Menjelang liburan Natal dan Tahun baru yang hanya tinggal hitungan hari, Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan swat test antigen secara acak bagi setiap penumpang rest area, yang konon akan dilaksanakan mulai dari 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.

Pariwara

Dilansir dari Kumparan.com, test swab antigen gratis di rest area ini akan difokuskan pada ruas tol Merak Banten hingga Cikampek Jawa Barat, sebanyak kurang lebih 70 titik rest area.

(Baca Juga: 9 Tips Liburan di Masa Pandemi)

Kamu memiliki rencana berlibur di Natal dan Tahun Baru ini, maka alangkah lebih baiknya apabila mengetahui info mengenai swab antigen gratis di rest area yang akan kita bahas kali ini.

Apa sajakah itu? Berikut informasi-informasi yang perlu kamu ketahui. Yuk simak bersama!

Swab Antigen Gratis Tak Hanya di Rest Area

Dilansir dari berbagai sumber, terungkap bahwa swab antigen gratis tak hanya dilakukan di 70 titik rest area saja, melainkan juga di beberapa lokasi atau destinasi wisata yang sekiranya mengundang kerumunan massa.

Di dalam pelaksanaannya, akan terdapat kurang lebih sebanyak 123.451 personil kepolisian yang dikerahkan untuk menjaga keberlangsungan tes gratis ini, agar semuanya tetap dalam keadaan aman dan nyaman.

Nah, selain swab antigen gratis di rest area, setiap penumpang yang bepergian menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga diwajibkan untuk menyertakan hasil swab antigen ketika menaiki transportasi.

Dimana, kebijakan ini sudah mulai berlaku sejak 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Namun disarankan, untuk setiap perjalanan yang dilakukan, baik itu di darat, laut, maupun udara, semuanya setidaknya harus menyertakan hasil rapid test antigen, demi kenyamanan dan keamanan berbagai belah pihak.

Siapa yang Berhak Mengikuti Swab Antigen Gratis di Rest Area?

Swab antigen gratis di rest area pada nantinya akan berpusat di ruas jalan tol yang menjadi akses utama untuk luar kota.

Mulai dari Banten hingga Cikampek, diperkirakan akan terdapat 70 titis rest area, yang akan digelar secara acak.

Lantas, siapa yang berhak mengikuti swab antigen gratis di rest area ini? Dilansir dari berbagai sumber, swab antigen gratis di rest area akan diikuti oleh seluruh pengunjung yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Tentu saja ini tidak dilakukan tanpa alasan. Diadakannya swab antigen gratis di rest area memiliki tujuan utama yaitu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 serta menekan terjadinya kerumunan massa pada hari Natal dan Tahun Baru.

Perlu diketahui pula, bahwa swab antigen gratis di rest area ini tak hanya dilakukan bagi penumpang transportasi umum saja, melainkan juga masyarakat yang mengendarai kendaraan pribadi.

Terapkan Protokol Kesehatan 4M saat Liburan Akhir Tahun

Meskipun sudah ada swab antigen gratis di rest area, bukan berarti kamu bisa melanggar protokol kesehatan begitu saja.

Dilansir dari liputan6.com, alangkah baiknya jika masyarakat yang ingin melakukan perjalanan liburan di akhir tahun dengan menerapkan protokol kesehatan 4M.

Mungkin istilah ini masih kurang familiar bagi sebagian masyarakat, melihat sejauh ini yang cukup dikenal adalah 3M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Akan tetapi sebenarnya, terdapat satu hal lagi yang perlu kamu lakukan lho, yaitu menghindari kerumunan

Sebab, kerumunan itu sendiri dinilai sebagai penyebab utama dari penularan virus Corona Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berhasil terputus.

Selain itu, ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, kamu juga diwajibkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan di tempat wisata tersebut.

Biaya Rapid Test Antigen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa setiap masyarakat yang hendak melakukan perjalanan, baik itu melalui darat, laut, dan udara, maka diwajibkan untuk menyertakan hasil rapid test antigen sebagai salah satu persyaratannya.

Lantas, kira-kira berapa sih biaya rapid test antigen? Dilansir dari health.detik.com, harga rapid test antigen cukup bervariasi, mulai dari Rp150 ribu sampai dengan Rp600 ribu.

Selain rapid test antigen, ada pula beberapa penerbangan yang mengharuskan masyarakat untuk justru menyertakan hasil PCR (Polymerase Chain Reaction), yaitu pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

Namun saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosa penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), layanan tes PCR ditetapkan memiliki biaya maksimal sebesar Rp900 ribu.

Namun, biaya-biaya yang baru saja disebutkan sejauh ini berlaku untuk layanan secara mandiri dan tidak berlaku untuk fasilitas kesehatan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Lindungi Diri Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com

Jadi, itulah informasi mengenai swab antigen gratis di rest area yang sekiranya perlu kamu ketahui, khususnya bagi yang memiliki rencana untuk melakukan perjalanan liburan menjelang Natal dan Tahun Baru ini.

Di saat pandemi pandemi seperti saat ini, menjaga kesehatan sangatlah penting. Selain melakukan 4M dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, perlu diketahui pula bahwa memiliki asuransi kesehatan tak kalah pentingnya.

Apalagi melihat biaya rumah sakit dan pengobatan yang kian mahal dari waktu ke waktu, adanya asuransi kesehatan tentu akan sangat membantu.

Sebab, ketika suatu saat kamu mengalami masalah kesehatan yang mengharuskan untuk melakukan pengobatan atau perawatan di rumah sakit, pihak dari asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan kamu, yang tentunya disesuaikan dengan program yang premi yang dibayarkan.

(Baca Juga: 8 Lokasi Paling Berisiko Tularkan Covid-19)

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat perihal biaya rumah sakit dan pengobatan, namun tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan secara optimal.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com. Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui asuransi kesehatan manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pendaftarannya secara online lho, sehingga proses pengajuan menjadi lebih mudah dan cepat, serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama kamu bepergian.

Pariwara