Syarat dan Cara Pengajuan Asuransi Perjalanan Axa Mandiri

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Belum banyak traveler yang sadar betapa pentingnya asuransi perjalanan. Apalagi kalau perjalanan yang dilakukana adalah perjalanan dalam negeri alias domestik, termasuk juga kawasan ASEAN yang tidak membutuhkan visa.

Syarat dan Cara Pengajuan Asuransi Perjalanan Axa Mandiri

Padahal, asuransi perjalanan memiliki beragam manfaat apalagi bagi kamu milenial yang memang hobi berjalan-jalan atau bertualang, bahkan ke daerah terperncil.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Menanggung Biaya Kesehatan Selama Perjalanan

Kamu boleh jadi sudah memiliki asuransi jiwa, namun dengan memiliki asuransi perjalanan. Kamu tidak perlu menunggu sampai ke Tanah Air agar bisa berobat. Asuransi perjalanan kamu bisa berobat di negara ataupun daerah wisata kamu tanpa harus pusing bagaimana cara membayarnya.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan, pasalnya biaya kesehatan di luar negeri terbilang super mahal bila dibandingkan dengan di Indonesia. Ditambah lagi, dengan memiliki asuransi perjalanan selain asuransi jiwa, kamu jadi memiliki perlindungan ganda bagi keselamatan dan kesehatan kamu yang berharga.

Uang Pertanggungan Bagi Ahli Waris

Siapa sih yang memikirkan kematian saat jalan-jalan, apalagi kalau tempat tersebut adalah destinasi wisata yang sudah lama kamu impikan. Ditambah lagi, kamu juga akan berpkir tentang bagaimana dengan orang-orang tersayang yang akan kamu tinggalkan.

Dengan asuransi perjalanan, kamu bisa meminimalisasi kekhawatiran bagaimana kelangsungan kehidupan orang-orang tersayang kalau sampai ada hal terburuk, seperti kematian terjadi.

Asuransi perjalanan akan memberikan maka ada sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan pihak asuransi kepada keluarga korban.

Keterlambatan Transportasi

Terjadinya keterlambatan (delay) atau pembatalan perjalanan tentunya menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi para pengguna transportasi massal, seperti pesawat terbang, kereta, dan juga bus. Namun, kalau kamu memiliki asuransi perjalanan, maka kamu akan mendapatkan kompensasi bukan hanya karena pembatalan, akan tetapi juga keterlambatan.

(Baca Juga: Apa Saja Kelebihan Asuransi Perjalanan? Yuk, Cek!)

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan apalagi kalau kamu melakukan perjalanan domestik. Namun, tidak begitu kalau di negara maju yang transportasi massalnya sudah terjadwal dengan baik.

Adapaun bentuk kompensasi sangat beragam, mulai dari penggantian uang muka, biaya akomodasi, atau pun berupa makanan dan minuman yang akan diberikan. Kompensasi ini bisa juga berdasarkan premi yang dibayarkan dan bisa sangat berbeda untuk setiap orang.

Bagasi Hilang atau Rusak

Semakin besar sebuah bandara akan berbanding lurus dengan kesibukan di bandara tersebut. Akibat hal itu, bagasi kamu bisa saja rusak atau lebih parah lagi hilang.

Manfaat asuransi perjalanan juga memastikan kamu mendapatkan ganti rugi apabila terjadi kerusakan ataupun kehilangan bagasi. Selain itu, keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam yang termasuk dengan hilangnya barang bawaan kamu pun akan mendapatkan ganti rugi yang di cover oleh asuransi perjalanan.

Kamu tentu tidak mau liburan kamu rusak gara-gara barang bawaan kamu hilang atau mengecewakan orang-orang terkasih karena oleh-oleh yang kamu berikan ternyata hilang entah kemana.

Kejadian Tidak Terduga

Kejadian tidak terduga seperti aksi terorisme hingga bencana alam sangat mungkin terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Tanpa persiapan yang matang, hal ini tentu akan merugikan kamu selama masa traveling baik fisik, mental, dan tentu saja keuangan.

Namun, asuransi perjalanan juga bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Pasalnya, beberapa asuransi bisa mengcover hal ini.

Bencana yang Sudah Diperkirakan

Meski banyak hal di dalam perjalanan yang dicover oleh asuransi perjalanan, termasuk juga bencana alam, hingga bencana seperti jatuhnya pesawat terbang biasanya masuk dalam tanggungan asuransi perjalanan. Namun. Hal itu batal diberikan jika sejak awal BMKG sudah mengungkapkan kalau ada cuaca buruk dan pesawat memaksa untuk terbang. Risiko seperti ini tidak akan ditanggung karena kemungkinan bencana yang terjadi sudah bisa diperkirakan.

Destinasi Daerah Konflik

Biasanya beberapa asuransi tidak mau menanggung masalah keselamatan jika tujuan wisata yang dipilih merupakan negara konflik. Atau negara yang sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia untuk dikunjungi, bahkan kalau negara tersebut adalah negara maju. Namun apabila tengah dalam larangan, akibat teroris misalnya. Tentu saja pihak asuransi tidak akan mau menanggung hal-hal buruk yang mungkin terjadi di daerah tersebut.

Lama Perjalanan

Selama ini, banyak orang menyepelekan asuransi perjalanan karena perjalanannya bisa dibilang singkat dan daerah yang bisa terbilang dekat atau masih satu kawasan.

Padahal, kesialan atau hal buruk bisa terjadi kapan saja, baik sebentar, apalagi lama tentu akan lebih aman, kalau kamu sudah atau bahkan selalu terproteksi.

Pasalnya, asuransi perjalanan bisa disesuaikan dengan durasi serta jumlah keberangkatan perjalanannya. Misalnya hanya akan melakukan satu kali perjalanan (single trip insurance) atau asuransi yang sudah memproteksi semua perjalanan yang dilakukan dalam satu tahun atau kurun waktu tertentu (annual trip insurance).

Untuk milenial yang rutin melakuka perjalanan dalam jangka waktu tertentu, ada baiknya dan tentu saja lebih efisien untuk membeli asuransi yang jangka waktunya lebih lama sehingga tidak perlu repot lagi melakukan pembelian ulang.

Bukan hanya untuk mereka yang suka jalan-jalan, asuransi perjalanan tahunan juga sangat cocok bagi para pekerja yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Tujuan Perjalanan

Mengetahui tujuan juga sangat penting untuk mengetahui berapa banyak premi yang harus ditanggung. Tentu akan sangat berbeda tanggungan yang harus dibayarkan bagi mereka yang melakukan perjalanan untuk liburan dengan mereka yang melakukan perjalanan bisnis.

Perjalanan yang berkaitan dengan pekerjaan biasanya berkaitan dengan perlindungan terhadap barang berharga yang dibawa seperti laptop atau kebutuhan kerja lainnya, meskipun itu alat-alat olahraga. Untuk bisnis, asuransi perjalanan juga penting karena berkaitan dengan kepentingan bisnis yang sangat berisiko kehilangan keuntungan yang diakibatkan karena penundaaan penerbangan.

Lokasi Perjalanan

Beberapa negara di benua Eropa, Amerika, dan Australia biasanya memberikan premi yang tinggi. Hal ini disebabkan biaya perawatan dan kesehatan di negara-negara tersebut cukup mahal.

Namun ada pula negara-negara yang lebih murah, sehingga premi yang harus dibayarkan pun makin mudah. Untuk kamu yang mau melakukan perjalanan ibadah, asuransi perjalanan tertentu juga sangat mungkin mengcover hal tersebut, sehingga ibadah kamu bisa lebih khusyuk.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan memiliki banyak jenis, bisa berdasarkan jangka waktu, yang terdiri dari satu kali perjalanan, yaitu perjalanan satu kali (single trip insurance) dan ada juga asuransi perjalanan tahunan (annual travel insurance). Selain itu, ada pula berdasarkan jumlah tanggungan, seperti individu (individual travel insurance) dan kelompok (group travel insurance).

Ada juga berdasarkan tujuan perjalanan apakah domestik atau internasional, serta berdasarkan jenis perjalanan apakah perjalanan wisata atau bisnis, serta bisa juga untuk ibadah, seperti haji dan umrah.

Asuransi AXA Mandiri

Saat ini bergaram penyedia asuransi juga menyediakan asuransi perjalanan, pasalnya memang beberapa negara mewajibkan untuk mendapatkan visa harus ada asuransi perjalanan. Selain itu, tidak bisa dimungkiri saat ini traveling dan jalan-jalan tengah naik daun dan kesadaran tentang asuransi perjalanan mulai dibangun baik oleh agen travel atau si pihak asuransi sendiri.

AXA Mandiri juga menyediakan asuransi perjalanan, yang disebut AXA Mandiri Travel.

(Baca Juga : Simak Informasi Lengkap Asuransi Kendaraan AXA Mandiri Di Sini!)

AXA Mandiri Travel menyediakan asuransi menyeluruh, baik untuk wisata ataupun bisnis, serta bisa melindungi pribadi maupun kelompok, apalagi keluarga. AXA Mandiri menyediakan Asuransi Perjalanan Internasional meliputi negara SCHENGEN, Perancis, Jerman, Belanda, serta banyak negara di eropa. Negara Non SCHENGEN, Jepang, Inggris, Korea, negara ASEAN, termasuk, Hongkong ataupun perjalanan domestik meliputi kota-kota di Indonesia.

AXA Mandiri memberikan benefit mulai dari biaya pengobatan, kecelakaan diri, keterlambatan penerbangan, hingga kehilangan bagasi baik di luar maupun dalam negeri, dengan polis terkirim dalam waktu 5 menit saja.

Syarat Pengajuan Asuransi Perjalanan Axa Mandiri

  • Warga Negara Indonesia (dengan bukti Kartu Tanda Penduduk), atau bukti identitas lain yang berlaku.
  • Berusia minimum 1 tahun dan maksimum 80 tahun, yang ditentukan berdasarkan usia saat tanggal dimulainya perjalanan. Ketentuan untuk peserta anak adalah berusia 1 s/d 17 tahun, dan harus disertai dengan Tertanggung Utama Dewasa.
  • Tertanggung melakukan perjalanan dalam rangka liburan konvensional atau perjalanan bisnis terbatas, dan sehat secara medis untuk melakukan perjalanan dan tidak menyadari adanya keadaan tertentu yang dapat menyebabkan pembatalan perjalanan atau timbulnya klaim karena sebab-sebab yang dijamin dalam polis.

Sedangkan cara untuk bisa memiliki Asuransi Perjalanan Axa Mandiri sangatlah mudah, bisa dilakukan secara online maupun datang ke cabang. Hanya saja yang terpenting, bacalah segala aturan dan kondisi dengan baik. Mulai dari manfaat, besarnya tanggungan, bahkan hal apa saja yang akan ditanggung.

Ditambah lagi, jangan sungkan untuk bertanya detail ke Customer Care perusahaan asuransi tersebut. Ketika sudah membeli produk asuransi tersebut, pastikan pihak asuransi bisa dihubungi di manapun agar dapat membantu jika terjadi sesuatu saat melakukan perjalanan. Tidak seorangpun yang menginginkan situasi buruk terjadi pada dirinya, akan tetapi dengan asuransi setidaknya membantu untuk mengecilkan risiko, baik bagi diri sendiri maupun bagi keluarga.

Pastikan asuransi yang dibeli adalah yang memang dibutuhkan, untuk memastikan perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Selamat berlibur!

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti