Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Syarat Membuka Dealer Motor Honda

by Satrya Agung on 8 April, 2016

kredit motor _ kredit kendaraan - CekAja.com

Rasanya hampir di semua daerah terdapat dealer motor Honda Dan biasanya lagi, kalau kamu temui dealer Honda yang resmi selain menjual produk Honda mereka juga menyediakan service motor.

Dengan demikian si pemilik akan mendulang pundi baik dari penjualan unit Honda, jasa perawatan dan perbaikan, serta penjualan suku cadang Honda itu sendiri. Berarti bisa dibilang keuntungan yang didapat bisa lebih besar dari bengkel umum.

Lalu apakah kamu tertarik untuk membuka dealer dan bengkel Honda? Tunggu dulu. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum mendapatkan data-data yang valid ya. Sebelumnya kita harus tahu dulu tipe-tipe dari bengkel atau dealer Honda ini.

H1: Yaitu Dealer atau Penjualan. Jaringan dengan status H1 ini berhak menjual sepeda motor merek Honda produksi AHM (Astra Honda Motor).

H2: AHASS atau Bengkel. Jaringan yang berstatus H2 berhak menerima KPB atau Kartu Perawatan Berkala baik untuk motor baru maupun motor lama.

H3: Spare Part, jaringan ini berhak menjual berbagai suku cadang atau ­Spare Part Honda Genuine Part (HGP).

Dengan demikian jika kamu berniat membuka dealer Honda yang bisa sekalian menerima perawatan dan perbaikan unit Honda dan menjual suku cadangnya maka yang kamu butuhkan adalah semua jaringan sehingga menjadi H123.

Tapi itu semua tergantungd dari kemampuan kamu dalam mengelolanya dan ijin dari Main Dealer. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mendapatkan ijin membuka dealer motor Honda kamu harus mengajukan permohonan pada Main Dealer Honda yang terdapat di setiap daerah. Seperti di daerah Jakarta ada Wahana Makmur Sentosa sebagai Main Dealer Honda.

Dan untuk daerah lain seperti Jawa Barat ada Daya Adira Mustika, sedangkan daerah Jawa Timur ada MPM Motor, dan Jawa Tengah ada HSO. Jika kamu tinggal di luar daerah lain maka tugas kamu adalah mencari tahu siapa Main Dealer Honda di daerah tersebut.

Setelah mengetahui siapa Main Dealernya kamu tinggal persiapkan proposalnya. Proposal pengajuan menjadi AHASS ini berisi:

Surat permohonan menjadi AHASS

Sudah menjadi hal lumrah dalam sebuah proposal bisnis kamu menyertakan surat permohonan. Hal ini bertujuan agar Main Dealer tersebut mengetahui apa tujuan kamu mengajukan proposal itu. Untuk isi surat permohonan tersebut mencantumkan Nama Pemohon, Alamat, Pekerjaan Pemohon, Lokasi AHASS yang akan dibuka beserta alamat jelas beserta ukuran luasnya.

Foto bangunan bakal bengkel AHASS

Akan lebih bagus jika kamu sudah mempunyai bangunan yang akan dijadikan AHASS atau setidaknya sudah mengontrak. Ini akan jadi nilai plus bagi Main Dealer mempertimbangkannya. Karena peminat untuk mendirikan AHASS sangat banyak maka kamu harus lebih spesifik dan mempunyai kelebihan yang mana mencakup dari standardisasi Honda.

Standarisasi yang dimaksud adalah lebih kurang lokasi bakal dealer dan bengkel tersebut 10 km dari lokasi AHASS lainnya. Atau sederhananya radius antar bengkel AHASS minimal 10 km. Dengan jarak ini diharapkan tidak adanya perebutan konsumen antar bengkel AHASS. Selain itu luas bangunan 8m x 10m.

Dan usahakan daerah berada di pusat keraimaian, seperti pusat pertokoan, pasar, perkantoran, atau sekolah. Tujuannya sudah jelas, jika berada di daerah yang ramai maka akan lebih mudah menjaring konsumen.

Lay out bangunan

Dengan mengetahui lay out dari bangunan tersebut maka Main Dealer bisa memutuskan apakah bangunan tersebut cocok dijadikan AHASS atau tidak. Lay out tidak perlu detail. Cukup dengan gambar sederhana yang menjelaskan luas bangunan baik panjang dan lebarnya.

Denah lokasi bangunan

Dengan menyertakan denah ini pihak Main Dealer bisa mengetahui seberapa besar potensi jika AHASS dibuka di daerah tersebut. Jika di sekitar bangunan ada lokasi-lokasi yang berpotensi mengundang keramaian seperti pasar, perkantoran atau lainnya, maka buatlah penjelasan. Agar Main Dealer bisa mengetahui.

Fotokopi KTP dan KSK

Ini persyaratan standar saat pengajuan mendirikan dealer motor Honda. Selanjutnya kamu tinggal berdoa saja agar pengajuanmu disetujui.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami