Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara & Syarat Mendapatkan Dana Beasiswa LPDP Full Scholarship

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 Januari, 2020

Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia memiliki salah satu program beasiswa yang disebut dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau biasa disingkat LPDP. Akan tetapi, meski program tersebut sudah lama didirikan, guna membantu para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, ternyata masih banyak dari kita belum mengetahui cara dan syarat mendapatkan dana beasiswa LPDP tersebut.

Sebelumnya, LPDP bersama Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang merupakan penyelenggara dari program Beasiswa Pendidikan Indonesia atau BPI, adalah program yang dibuat Pemerintah Indonesia, dalam rangka membantu pembiayaan pendidikan anak-anak Indonesia, di dalam maupun luar negeri.

Sasaran Program Beasiswa Reguler LPDP

Dimana salah satu jenis beasiswa yang dikelola LPDP ini, adalah jenis beasiswa reguler. Sasaran program beasiswa reguler dari LPDP sendiri adalah:

  • Warga Negara Indonesia, yang telah lulus sarjana atausarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifiksi untuk program magister
  • Warga Negara Indonesia, yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau luls sarjana atau sarjanan terapan (s1/D4), yang memenuhi kualifikasi program doktoral yang dibuktikan dengan LoA Uncoditional untuk program doktoral.

Untuk program LPDP di tahun 2019 sendiri, setidaknya telah terlaksana. Dimana pendaftaran LPDP 2019 periode pertama dimulai sjak 26 April hingga 16 September 2019 kemarin. Di LPDP 2019 kemarin juga dibuka dengan bentuk full scholarship atau beasiswa penuh, dimana syarat mendapatkan dana beasiswa LPDP, dari tahun ke tahun juga tidak jauh berbeda.

Cakupan Yang Diberikan Beasiswa LPDP

Sebelum membahas terkait syarat mendapatkan beasiswa LPDP, sebaiknya lihat dulu cakupan apa saja yang diberikan beasiswa LPDP, selama pendidikan berlangsung, hingga kamu lulus serta kehidupan selama kamu kuliah di luar negeri.

  • Dana Pendidikan
    a. Biaya Pendaftaran
    b. Biaya SPP
    c. Tunjangan Buku
    d. Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi
    f. Dana Bantuan Seminar Internasional
    g. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional
  • Biaya Pendukung/Biaya Non Pendidikan
    a. Biaya Transportasi
    b. Biaya Aplikasi Visa/Residence Permit
    c. Biaya Asuransi Kesehatan
    d. Tunjangan Hidup Bulanan
    e. Biaya Kedatangan
    f. Tunjangan Keluarga (Khusus Doktoral)
    g. Biaya Keadaan Darurat

Setelah mengetahui apa saja cakupa yang akan kamu dapatkan dari beasiswa LPDP, sekarang saatnya kamu wajib mengetahuiapa saja syarat mendapatkan dana beasiswa LPDP, yang dihimpun dari situs resmi Kementrian Keuangan Republik Indonesia yaitu lpdp.kemenkeu.go.id.

(Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah)
Syarat Mendapatkan Dana Beasiswa LPDP

Agar niat untuk bisa mendaftar di LPDP tidak sia-sia, maka kamu wajib memperhatikan serta memenuhi terkait persyaratan umum pendaftaran beasiswa reguler LPDP berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia:

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional
  • Perguruan Tinggi (BAN-PT),
  • Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
  • Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) ataupun doktoral (untuk pendaftar program doktoral) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri.

4. Melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen)

5. Melampirkan Surat Keterangan sehat yang masa berlakunya paling lama 6 bulan terhitung dari tanggal diterbitkannya sampai tanggal penutupan pendaftaran setiap periode, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Surat Keterangan sehat jasmani yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik
  • Surat Keterangan bebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik/Badan/Lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba
  • Surat Keterangan bebas dari TBC yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik, khusus untuk pendaftar dengan tujuan perguruan tinggi luar negeri.

6. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen)

7. Memilih program studi dan Perguruan Tinggi Tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP

8. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;

9. Memenuhi persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;

10. Ketentuan pada angka 9 dikecualikan bagi pendaftar yang menyelesaikan studi dari perguruan tinggi luar negeri dengan bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan kriteria sebagai berikut:

  • Bahasa Inggris untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara tersebut;
  • Bahasa Arab untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara tersebut;
  • Bahasa Perancis hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Perancis;
  • Bahasa Rusia hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Rusia;
  • Bahasa Spanyol hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Spanyol; atau
  • Bahasa Cina/Mandarin untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Cina/Mandarin sebagai bahasa resmi negara tersebut.

11. Pendaftar yang memenuhi ketentuan sebagaimana ketentuan pada angka 10, wajib melampirkan salinan ijazah sebagai pengganti persyaratan bahasa, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijazah diterbitkan.

12. Pendaftar program magister dan doktoral luar negeri yang negara tujuan studinya tidak berbasis Bahasa Inggris harus mengikuti persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku di negara perguruan tinggi tujuan atau sesuai daftar persyaratan minimal kompetensi bahasa asing selain Bahasa Inggris sebagaimana terlampir.

13. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

  • Kelas Eksekutif;
  • Kelas Khusus;
  • Kelas Karyawan;
  • Kelas Jarak Jauh;
  • Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
  • Kelas Internasional khusus Tujuan Dalam Negeri; atau
  • Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi.

14. Melampirkan rencana studi bagi program magister berdasarkan silabus/kurikulum program studi tujuan;

15. Menulis proposal studi baik pendaftar jenjang pendidikan magister maupun doktoral.

16. Melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program doktoral

Itulah beberapa syarat mendapatkan dana beasiswa LPDP full scholarship, yang mungkin bisa membantu kamu, yang ingin melanjutkan kulian S2 atau S3 di luar negeri, tanpa mengeluarkan biaya.

Namun, jika kamu tidak lolos seleksi LPDP, dan tetap ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kamu tetap bisa mengikuti berbagai tes beasiswa lainnya, meski tidak full. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan, demi bisa melanjutkan studimu di kampus impian.

Yuk, ajukan segera pinjaman dana untuk pendidikan, melalui situs CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk