Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Syarat Mengajukan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

by Satrya Agung on 18 Juni, 2016

takut miliki kartu kredit _ kartu kredit - CekAja.com

Pada sebagian besar bank, pengajuan kredit tanpa agunan (KTA) memerlukan persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit di bank tersebut.

Namun apa jadinya jika tidak memiliki kartu kredit tetapi ingin mengajukan KTA? Perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada beberapa kredit tanpa agunan yang tidak memerlukan kartu kredit sebagai salah satu syarat untuk disetujui. Tidak perlu lagi adanya proses yang terhambat dalam pengajuan KTA.

Pinjaman KTA tanpa kartu kredit adalah sebuah produk pinjaman dimana calon peminjam dapat memperoleh dana tanpa harus memiliki kartu kredit. Kepemilikan kartu kredit ini digunakan sebagai data historis nasabah di bank untuk mempertimbangkan pemberian pinjaman dana dalam jumlah yang besar.

Dengan adanya histori pemakaian kartu kredit ini maka pihak bank dapat menjadikan hal tersebut sebagai referensi data nasabah. Solusi ini dipercaya dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman dana. Adapun beberapa syarat pengajuannya dapat dilihat berikut ini.

Memiliki pendapatan bulanan yang sesuai dengan produk KTA

Berhubung pengajuan kredit tanpa agunan ini tidak menggunakan kartu kredit, maka pendapatan bulanan yang Anda dapatkan sangat berpengaruh terhadap pertimbangan untuk menyetujui pinjaman. Dari penghasilan setiap bulannya itu akan menentukan produk KTA yang akan digunakan serta kemampuan untuk membayar setiap jatuh tempo yang telah ditentukan.

Usia pemohon kredit harus di atas 21 tahun dan di bawah 55–60 tahun pada saat masa pelunasan

Persyaratan usia ini dianggap paling dasar dalam proses pengajuan kredit. Usia 21 tahun dinilai sudah matang untuk mampu bertanggung jawab dan bisa memiliki pendapatan sendiri. Sedangkan usia maksimal 55-60 tahun cenderung sebagai batas produktif seseorang untuk bekerja. Pastikan usia Anda memenuhi kriteria sehingga pertimbangan pun akan semakin mendekati kata persetujuan.

Menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan

Untuk melengkapi prosedur peminjaman KTA tanpa kartu kredit yang selanjutnya adalah, dibutuhkan beberapa dokumen yang akan digunakan untuk menilai kelayakan serta jaminan identitas nasabah.

Dokumen tersebut adalah fotocopy KTP, slip gaji, fotocopy rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotocopy npwp, serta fotocopy surat ijin profesi maupun akta pendirian/SIUP/TDP jika Anda adalah seorang wiraswasta atau profesional. Siapkan semua dokumen tersebut, jangan ada yang terlupa karena akan mempengaruhi kecepatan proses peminjaman.

Siapkan dana untuk biaya pengajuan

Dalam mengajukan pinjaman pasti juga membutuhkan biaya tambahan untuk mengurus setiap proses maupun jika sudah disetujui. Beberapa biaya tersebut yakni,

  • Biaya Provisi

adalah biaya balas jasa ke bank karena pinjaman disetujui. Dikenakan sebanyak satu kali di awal proses pengambilan kredit

  • Biaya di Muka

adalah biaya yang harus dibayarkan di luar cicilan. Jumlah tergantung dari pihak bank.

  • Biaya Bunga

Pihak bank biasanya akan menetapkan bunga pada kredit yang diminta. Besar bunga berbeda-beda tergantung bank yang mengeluarkan kredit tersebut.

Beberapa bank kebanyakan meminta nasabah untuk membayar materai. Selain itu juga turut mengikutsertakan asuransi jiwa yang akan melindungi. Dengan jumlah pinjaman yang besar, pihak bank tidak ingin mengambil risiko jika sewaktu-waktu ada masalah yang terjadi.

Pastikan untuk memperhatikan maupun menyimak beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit. Prosedur ini mungkin tidak banyak berbeda dari pinjaman dengan kartu kredit.

Baiknya ambilah keputusan yang sesuai dengan kemampuanmu. Tidak perlu tergesa-gesa dalam menentukan pilihan karena pasti akan berpengaruh pada kebutuhan yang akan datang. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang ingin mencobanya.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami