9 Syarat Naik Pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 Terbaru

Syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 mengalami perbaruan terbaru. Ketahui informasinya secara lengkap, agar kamu dapat mengatur perjalanan di masa pembatasan kegiatan ini. Berikut CekAja berikan detil rinciannya.

9 Syarat Naik Pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 Terbaru

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kini terus berlanjut. Mulanya, pemerintah memulai PPKM Darurat hingga minggu ketiga Juli 2021, kemudian berubah nama dan detil aturannya menjadi PPKM Level 4, 3, dan 2 yang berlaku hingga 16 Agustus 2021.

Perbedaan kategori level tersebut disesuaikan dengan kategori zona jumlah kasus Covid-19 di setiap daerah.

Dengan adanya PPKM ini, berbagai kegiatan pun dibatasi guna mengurangi adanya kerumunan masyarakat yang berakibat pada peningkatan risiko penularan virus Covid-19.

Seperti kegiatan kerja di area perkantoran, jam operasional pusat perbelanjaan atau pasar dan toko-toko, kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi, termasuk kegiatan mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi publik seperti pesawat.

Maka dari itu, syarat naik pesawat saat PPKM Level 4 maupun Level 3 harus diketahui dan dipahami dengan seksama. Agar rencana penerbangan domestik yang kamu rancang bisa ikut mengalami penyesuaian, sesuai dengan aturan yang ada. Apalagi masih ada kemungkinan PPKM akan diperpanjang hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

Syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 sendiri diatur pada aturan yang diterbitkan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, yakni dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021.

Kali ini, CekAja akan memberikan detil informasi soal syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 dengan lengkap.

(Baca Juga: Daftar Pintu Tol yang Ditutup Selama PPKM Darurat)

Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi

Sebelum membahas poin-poin syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2, kamu juga sebaiknya mengetahui beberapa tips naik pesawat selama masa pandemi Covid-19. Di antaranya sebagai berikut:

Terapkan protokol kesehatan

Pastikan prokes lebih ketat, mengingat tingkat penyebaran virus Covid-19 kini semakin tinggi. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menggunakan masker ganda (masker medis yang dirangkap masker kain).

Jauhi titik keramaian di bandara

Misalnya pilih tempat duduk yang sedikit lebih jauh dari pintu boarding saat menunggu boarding time, atau pilih counter check-in dengan antrean paling sedikit.

Jangan menyentuh sembarang benda

Usahakan untuk tidak menyentuh benda yang tidak perlu. Seperti pegangan eskalator, atau bersandar pada dinding dan pintu di area bandara.

Usahakan tidak menggunakan toilet umum

Kamu sebaiknya tidak buang air di toilet umum, apalagi jika waktu penerbangan yang ditempuh masih di bawah 2 jam. Sebab toilet umum bisa menjadi tempat berisiko penularan virus.

Hindari makan dan minum selama perjalanan

Jika waktu penerbangan masih di bawah 2 jam, usahakan pula untuk makan dan minum dengan frekuensi yang diminimalisir saat berada di area bandara maupun pesawat. Ini juga penting agar tidak ada momen membuka masker.

Pilih maskapai penerbangan terbaik

Yakni maskapai dengan kursi berjarak, pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat, serta maskapai yang rutin melakukan pembersihan pesawat menggunakan disinfektan, dan vaksinasi seluruh kru yang bertugas.

(Baca Juga: 7 Peluang Bisnis di Bidang Jasa di Masa PPKM, Nikmat Cuannya!)

Syarat Naik Pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2

Untuk penerbangan domestik, syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 mengalami perbaruan. Aturan ini bisa dibilang menjadi lebih ketat jika dibandingkan dengan syarat naik pesawat di masa pandemi yang selama ini berlaku.

Hanya calon penumpang yang benar-benar bebas Covid-19 dan sudah divaksin yang boleh ikut terbang. Selain itu, jika sebelumnya penumpang anak-anak tetap diperbolehkan ikut terbang, maka tidak demikian halnya dengan syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 kali ini.

Protokol kesehatan tentu saja tetap wajib dilakukan selama perjalanan dan juga saat berada di bandara. Penumpang wajib mengenakan masker, serta menjaga jarak dan berusaha selalu mencuci tangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut syarat naik pesawat saat PPKM Level 4, 3, dan 2 yang berlaku berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021:

  • Terbang antarkota di Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen yang sampelnya diambil maksimal 1×24 jam sebelum terbang, dan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 lengkap 2 dosis. Atau menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum terbang, dan kartu vaksinasi Covid-19 dosis pertama.
  • Terbang dari/ke kota di Pulau Jawa dan Bali serta kota lain di wilayah PPKM Level 4 dan 3 wajib menunjukkan hasil negatf tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum terbang, dan kartu vaksinasi Covid-19 minimum dosis pertama.
  • Terbang dari/ke kota di wilayah PPKM Level 2 wajib menunjukkan hasil negatf tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum terbang, atau menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen yang sampelnya diambil maksimal 1×24 jam sebelum terbang.
  • Terbang ke NTT dan intra-NTT wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen yang sampelnya diambil maksimal 1×24 jam sebelum terbang, dan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 minimum dosis pertama.
  • Syarat tambahan terbang dari/ke Papua wajib menunjukkan SIKM, pengambilan tes PCR untuk intra-Papua maksimum 5×24 jam sebelum terbang.
  • Mengunduh dan melakukan registrasi di aplikasi eHAC Indonesia dan PeduliLindungi.
  • Tes Covid-19 dilakukan di fasilitas kesehatan yang terafiliasi dengan Kementrian Kesehatan. Info lebih lanjut bisa diakses di situs www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19.
  • Jika calon penumpang tidak dapat divaksin karena alasan medis tertentu, maka wajib menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter spesialis.
  • Anak-anak berusia di bawah 12 tahun tidak dapat melakukan penerbangan.

Itulah beberapa syarat naik pesawat saat PPKM Level 4 yang diberlakukan semua maskapai di Indonesia untuk penerbangan domestik.

Bagaimanapun juga, akan lebih aman jika kita tidak bepergian di masa pandemi ini, apalagi hanya untuk kebutuhan liburan semata.

Namun jika kamu tetap harus bepergian, pastikan kamu melindungi diri dengan memiliki asuransi kesehatan. Perbandingan dan proses pengajuan produk asuransi bisa dilakukan via CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding produk finansial yang membantumu mendapatkan rekomendasi pilihan produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang menguntungkan.

Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi soal jaminan layanan kesehatan jika terjadi risiko selama perjalanan ke luar kota atau di momen lain di masa depan.

Yuk, segera lihat rekomendasi asuransi terbaik untukmu dan ajukan hanya lewat CekAja.com!