Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Syarat Pengajuan Dan Metode Pembayaran KTA Online Bank Permata

by Maria Nofianti on 15 Januari, 2020

Agunan atau jaminan seringkali menjadi kendala bagi seseorang yang ingin melakukan pinjaman ke bank, atau lembaga keuangan. Mengingat sudah menjadi hal umum jika ingin meminjam uang ke bank atau sebuah lembaga keuangan profesional yang harus ada agunannya. Namun ternyata saat ini bermunculan produk pinjaman yang tak mengharuskan kita memiliki agunan, atau biasa disebut KTA, Kredit Tanpa Agunan.

Syarat Pengajuan Dan Metode Pembayaran KTA Online Bank Permata

Program Kredit Tanpa Agunan yang banyak diluncurkan oleh bank-bank di Indonesia dan menjadi populer belakangan ini. Pada dasarnya kredit tanpa agunan ini  adalah metode pinjaman yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau bank tanpa menggunakan jaminan apapun untuk memperoleh dana pinjaman itu.

Tentunya pinjaman tanpa agunan ini langsung menjadi favorit masyarakat karena tidak perlu repot-repot mencari benda atau barang untuk digunakan sebagai jaminan.

Kredit Tanpa Agunan ini dinilai menjadi pinjaman yang fleksibel karena bisa digunakan untuk membiayai berbagai macam hal baik yang bersifat konsumtif maupun untuk membiayai perbaikan rumah, biaya pendidikan anak, membayar biaya rumah sakit hingga pernikahan atau yang lainnya.

Biasanya bank yang mengeluarkan program Kredit Tanpa Agunan ini menawarkan dana pinjaman yang lebih besar dari kredit-kredit lainnya. Besarannya bahkan bisa sampai Rp 300 juta rupiah dan dengan rentang waktu sampai 72 bulan.

Salah satu bank yang mengeluarkan program Kredit Tanpa Agunan adalah Bank Permata. Besarnya bunga yang ditawarkan oleh Bank Permata memang cukup bersaing, yaitu dimulai dari 0,88% saja. Untuk biaya keterlambatan pembayaran angsuran adalah sebesar 5% dari cicilan yang telah ditentukan. Pinjaman yang bisa kamu dapatkan minimal Rp5 juta rupiah dan maksimal hingga Rp 300 juta rupiah.

Bank Permata telah mengeluarkan Kredit Tanpa Agunan Permata atau sering disebut PermataKTA dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Diantaranya adalah proses pencairan dana pinjaman yang bisa kamu dapatkan pada hari itu juga setelah syarat pengajuan terpenuhi. Ada 3 macam PermataKTA yang bisa kamu pilih yaitu:

Permata KTA Speed

Ini adalah program Kredit Tanpa Agunan yang dikeluarkan oleh Bank Permata dengan dana pinjaman hingga 300 juta rupiah untuk nasabah. Sebagai nasabah kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup dan dengan tenor hingga 60 bulan.

Pinjaman KTA ini nantinya akan dipotong untuk biaya admin sebesar 1,5% atau minimal Rp 150.000 rupiah. Tentu saja, setiap proses pinjam meminjam ada biaya administrasinya, jadi jangan marah hanya karena pinjaman yang kamu ajukan dan kamu terima tidak utuh.

Permata KTA Payroll

Kredit Tanpa Agunan Payroll, kredit jenis ini mirip dengan Permata KTA Speed seperti yang telah disebutkan. KTA ini hanya memiliki perbedaan bahwa pinjaman ini khusus bagi nasabah yang memiliki rekening payroll di Bank Permata yang digunakan untuk membayarkan penghasilannya. Jangka waktu pelunasan pinjaman ini sampai dengan 60 bulan.

Permata KTA Non-Payroll

Buat kamu yang bukan nasabah Bank Permata, kamu tetap masih bisa mengajukan program Kredit Tanpa Agunan ini loh. Perbedaannya hanya jangka waktu yang diberikan oleh Bank Permata untuk pelunasannya hanya sampai dengan 36 bulan. Wah, menyenangkan sekali ya, karena bukan nasabah pun diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman.

Di jaman yang serba online ini semua aktivitas kita akan lebih mudah untuk dilakukan. Begitu juga dengan pinjaman di bank. Dengan maraknya pinjaman online sekarang ini Bank Permata juga tidak mau kalah saing dalam memberikan pinjaman.

Kredit Tanpa Agunan dari Bank Permata juga memberikan kemudahan untuk kamu dengan memberikan Permata KTA Online. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga 300 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan pinjaman sampai 36 bulan. Kamu juga tidak wajib untuk memiliki kartu kredit jika akan melakukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan Bank Permata ini.

Setelah mengetahui berbagai macam jenis pinjaman KTA dari Bank Permata maka selanjutnya kamu pasti membutuhkan informasi tentang syarat pengajuan dan metode pembayaran KTA online Bank Permata. Untuk itu kita akan simak syarat-syaratnya dibawah ini :

  • WNI yang berdomisili di Indonesia
  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat pelunasan
  • Mempunyai pendapatan minimal Rp 3 juta per bulannya
  • Merupakan seorang karyawan/pegawai tetap, wirausahawan minimal 1 tahun atau wiraswasta dengan lama usaha minimal sudah 3 tahun
  • Fotokopi KTP yang berlaku
  • Fotokopi slip gaji
  • Fotokopi NPWP (jika pengajuan di atas Rp 50 juta)
  • Fotokopi Kartu Kredit (khusus non payroll)
  • Formulir pengajuan KTA

Ada banyak sekali yang harus kamu penuhi, namun persyaratan tersebut adalah satu hal yang penting, agar kamu lebih dipercaya dan memiliki keseriusan dalam berhutang. Setelah kamu melengkapi semua syarat di atas maka ada dua cara yang sangat amat mudah dalam mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan Permata ini.

Semua ini dilakukan dengan cara online, atau bisa juga menggunakan cara yang lainnya, yaitu kamu bisa menghubungi call center Bank Permata atau datang saja ke Kantor Cabang bank Permata di dekat kotamu. Dua cara online ini akan menghemat waktu dan energimu.

(Baca Juga: Mau Beli Flagship Smartphone dengan KTA? Ketahui Untung Ruginya)
1. Melalui aplikasi Permata Mobile X

Ini adalah aplikasi mobile banking dari bank Permata yang harus kamu punya jika ingin mengajukan pinjaman dengan cara online. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau Apple Store.

Aplikasi ini menggunakan user id, OTP dan password yang dikirimkan setelah kamu melengkapi identitas, nomor telepon, nomor rekening dan alamat yang sesuai dengan data-data di bank Permata dan aplikasi ini aman dalam melakukan transaksi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk aplikasi memakai password
  • Lalu pilih menu KTA, dan pilih “Ajukan Pinjaman Tunai”
  • Lalu pada halaman “KTA Regular” kamu klik Apply Now
  • Lalu akan ada tulisan “kamu punya 1 produk di keranjang” kemudian pilih “mulai pengajuan 1 produk”
  • Setelah itu unggah foto KTP dan NPWP dari smartphone kamu
  • Pilih plafon dan jangka waktu pinjaman yang kamu inginkan
  • Selanjutnya kamu diharuskan melengkapi data diantaranya mengenai pekerjaan kamu dan tujuan penggunaan KTA
  • Lalu klik konfirmasi dan proses selesai untuk pengajuan

Kamu akan menerima keputusan apakah pengajuan pinjaman KTA kamu akan diterima atau ditolak pada hari itu juga selama jam kerja. Tentu saja ini menjadi keunggulan bila dibandingkan dengan pengajuan kredit tanpa agunan di bank lain yang prosesnya bisa sampai 7-14 hari.

Tentu saja KTA di bank Permata bisa menjadi satu terobosan yang akan membuatmu mudah menerima pinjaman tanpa perlu direpotkan oleh proses ini dan itu.

2. Melalui situs komparasi keuangan

Pengajuan juga bisa dengan mudah dilakukan secara online melalui aplikasi di smartphone, namun jika kamu tidak mempunyai aplikasi Permata Mobile X maka kamu bisa menggunakan situs komparasi keuangan seperti CekAja.com atau Gobear Indonesia.

Situs ini akan membantu kamu dalam pengajuan pinjaman KTA online seperti layaknya memakai aplikasi Permata Mobile X. Jika kamu sudah memiliki semua persyaratannya maka kamu tinggal melakukan proses pengajuan seperti yang diperintahkan di situs itu.

Informasi selanjutnya yang bisa kita berikan adalah informasi mengenai bagaimana metode pembayaran KTA online ini. Dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh Bank Permata ternyata tidak hanya dalam pengajuan saja.

Bahkan metode pembayaran untuk pinjaman KTA ini juga dipermudah untuk kita. Di artikel tentang syarat pengajuan dan metode pembayaran KTA online Bank Permata ini ada 3 metode yang bisa digunakan untuk membayar pelunasan pinjaman Permata KTA yaitu:

1. Metode konvensional

Pembayaran dengan metode konvensional adalah pembayaran yang masih menggunakan uang tunai. Kamu tinggal datang ke Bank Permata dan menyetorkan angsuran sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan di kontrak pinjaman Permata KTA.

2. Metode online

Pembayaran ini menggunakan internet banking. Jika kamu adalah nasabah di bank anggota ATM Bersama/Prima maka pembayaran kamu dianggap valid. Pembayaran ini akan menggunakan menu transfer ke rekening bank lainnya. Sebaiknya kamu melakukan transaksi pembayaran dua hari sebelum tanggal jatuh tempo agar terhindar dari keterlambatan.

Jika kamu melakukan transaksi di hari kerja sebelum jam 5 sore maka akan diproses selama 2 hari. Tapi jika kamu melakukan transaksi setelah jam 5 sore dan dilakukan di hari Sabtu dan Minggu atau libur maka prose situ membutuhkan waktu 1 hari lagi.

(Baca Juga: Simak Tips Agar Terhindar dari Penipuan Penawaran KTA!)
3. Metode ATM Bersama/Prima

Penggunaan ATM bersama kini semakin memudahkan bagi kita yang ingin bertransaksi tunai namun memiliki ATM yang berbeda bank. Jadi membayar menggunakan ATM Bersama/Prima sering dijadikan pilihan bagi para nasabah. Ini akan memerlukan biaya sebesar Rp 7.500 yang akan langsung dipotong dari rekening kamu.

Transaksi ini sebaiknya dilakukan 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo agar bisa diproses hari itu juga. jangan lupa kamu juga harus melakukannya sebelum jam 5 sore dan bukan weekend atau hari libur.

Penting sekali sebenarnya memiliki dana darurat, karena hidup ini memang unik, ada beragam hal yang kadang tak bisa diprediksi dan ini berhubungan dengan finansial kita. Akan lebih aman jika kita memiliki tabungan dalam keadaan apapun, agar jika dibutuhkan, bisa langsung diambil.

Untuk memenuhi kebutuhan berbagai keperluan hidup, dan banyak kebutuhan darurat seperti hal yang mendesak atau tak terduga memang seharusnya kamu memiliki perencanaan keuangan yang bagus. Agar tak perlu meminjam uang, karena diakui atau tidak, meminjam uang bukanlah hal yang diinginkan kita semua, karena lebih nyaman dan puas menggunakan uang sendiri.

Namun kebutuhan dana yang besar dan mendadak seringkali membuat kamu pusing, dan apa boleh buat jika akhirnya memang harus mengajukan pinjaman.

Untuk solusinya maka mengajukan pinjaman Permata KTA bisa menjadi pilihannya. Semoga setelah membaca informasi tentang syarat pengajuan dan metode pembayaran KTA online Bank Permata ini akan membantu kamu dalam memperluas wawasan sebelum kamu memutuskan akan mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis