7 Syarat Terbaru Naik Pesawat saat Libur Akhir Tahun dari Pemerintah

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Pemerintah baru saja menetapkan syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun. Hal ini disampaikan melalui Surat Edaran dari Kementrian Perhubungan yang dirilis 19 Desember 2020 lalu. Berikut penjelasan selengkapnya.

Masa pandemi Covid-19 di Indonesia memasuki era new normal sejak pertengahan tahun 2020. Artinya, beberapa sektor industri dan kegiatan-kegiatan tertentu mulai diperbolehkan kembali.

Meskipun penerapan protokol kesehatan diterapkan, nyatanya tak membuat angka penderita Covid-19 menurun.

Sebaliknya, jumlah korban justru semakin banyak dan membuat kewalahan pada tenaga medis.

Di sisi lain, semakin banyak pula masyarakat yang ingin pergi liburan saat masa pandemi, dengan dalih penerapan protokol kesehatan tersebut.

Hal inilah yang membuat klaster penyebaran virus Covid-19 semakin melebar dan menambah jumlah korban.

Untuk mengantisipasi perluasan penyebaran virus, Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan syarat bepergian ke luar kota.

Jadi, siapapun orang yang ingin bepergian, harus mematuhi syarat tersebut. Selain itu, ada pula beberapa peraturan yang diatur oleh Pemerintah Daerah di beberapa wilayah, yang berlaku.

Diharapkan dengan adanya peraturan dan syarat itu dapat membuat masyarakat yang ingin bepergian untuk menyiapkan kondisi terbaik, atau justru berpikir ulang untuk hanya pergi saat ada kebutuhan mendesak saja.

Saat memasuki masa libur akhir tahun yang identik digunakan masyarakat untuk pergi liburan beramai-ramai, Kemenhub kembali mengeluarkan syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun.

Syarat ini diterbitkan melalui Surat Edaran (SE) No.22/2020 yang dirilis pada 19 Desember lalu.

Seperti apa isi dari syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun tersebut? Berikut CekAja jabarkan penjelasannya pada artikel ini.

Tips Bepergian Menggunakan Pesawat saat Pandemi

Sebelum membahas poin-poin syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun, ada tips aman bepergian menggunakan moda transportasi pesawat di saat masa pandemi.

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker, kamu disarankan menerapkan tips ini.

Agar risiko penularan virus corona yang berbahaya semakin menurun.

Jauhi spot keramaian di bandara

Tips pertama, kamu harus sebisa mungkin menjauhi spot atau titik keramaian di bandara.

Misalnya ruang antrean check in beberapa maskapai dalam satu terminal, ruang tunggu utama yang berdekatan dengan pintu jalur menuju pesawat, dan spot-spot lainnya.

Jangan menyentuh sembarang benda

Kedua, pastikan kamu selalu mengingat untuk tidak sembarangan menyentuh benda-benda di sekitarmu yang sekiranya tidak perlu.

Misalnya memegang pegangan eskalator, bersandar pada dinding atau pintu di area bandara, dan lain sebagainya.

Sebab, virus juga bisa hinggap di benda tertentu dan bertahan dalam jangka waktu beberapa menit hingga beberapa hari, lho.

(Baca Juga: 7 Syarat ke Luar Kota Saat New Normal Terbaru, Apa Saja?)

Sebisa mungkin jangan buang air dan makan minum

Jika perjalanan ditempuh dalam waktu yang sebentar, maka sebaiknya kamu tidak buang air di toilet umum, atau membuka masker saat makan atau minum di area bandara dan di dalam pesawat.

Toilet menjadi tempat dengan potensi hinggapan virus yang tinggi. Sedangkan saat makan atau minum, kita harus membuka masker yang meningkatkan risiko terkenanya droplet ke area mulut dan hidung.

Pilih maskapai dengan kursi berjarak

Terakhir, pilihlah maskapai yang menerapkan social distancing antar-penumpang, dengan memberi jarak pada kursi di dalam pesawat.

Sebab,faktanya, tidak semua maskapai menerapkan aturan kursi berjarak, lho. Jadi, ada baiknya jika kamu mengetahui kebijakan tiap maskapai secara detil.

Syarat Terbaru Naik Pesawat saat Libur Akhir Tahun

Pada SE Kemenhub No.22/2020 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang dengan Transportasi Udara Selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), aturan dibagi ke dalam butir a dan b.

Berikut ini beberapa poin yang terkandung dalam syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun yang dirilis oleh Kemenhub baru-baru ini.

1. Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan

Syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun yang pertama adalah wajib menerapkan protokol kesehatan.

Selama perjalanan, setiap penumpang harus terlebih dulu mencuci tangan dengan bersih, mengenakan masker kain atau masker medis, serta saling menjaga jarak dengan penumpang lainnya.

2. Swab RT-PCR untuk Penumpang dari Penerbangan Luar Negeri

Beberapa negara memang sudah membuka kembali penerbangan luar negeri.

Bagi kamu yang ingin datang dari negara lain, maka kamu wajib melakukan uji tes Covid-19 dengan metode swab RT-PCR test, dan dibuktikan dengan surat keterangan hasil negatif.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan tersebut berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu, untuk kamu yang ingin perlu ke luar negeri, pastikan kamu mengetahui peraturan di negara yang dituju dalam prosedur penerimaan warga asing.

Misalnya aturan untuk karantina selama 14 hari, uji swab test ulang, dan lain-lain.

3. Rapid Test Antigen untuk Penerbangan dari dan ke atau Antar Bandara di Pulau Jawa

Nah sedangkan jika kamu terbang dengan pesawat dari, ke, atau antar bandara di Pulau Jawa, uji rapid test antigen perlu dilakukan dengan hasil non-reaktif yang dibuktikan dengan surat keterangan dari laboratorium.

Perlu diketahui, jenis rapid test antigen berbeda dengan rapid test antibodi biasanya, karena memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan untuk syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun tersebut berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.

(Baca Juga: 10 Private Island Resort Terbaik di Indonesia, Pemandangan Super Indah)

4. Swab RT-PCR untuk Penumpang Penerbangan ke Bali

Syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun yang selanjutnya adalah swab test untuk penumpang yang menaiki pesawat dengan tujuan akhir Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Peraturan ini sesuai dengan peraturan daerah yang dirilis baru-baru ini, guna menekan jumlah wisatawan ke Bali akhir tahun.

Hasil swab test yang dinilai lebih akurat dibandingkan rapid test, akan memberi pencegahan lebih dalam laju penyebaran virus Covid-19.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan ini berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan.

5. Mengisi e-HAC Indonesia

Peraturan yang satu ini sebenarnya bukan merupakan syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun, karena sudah diterapkan sejak awal masa pandemi. Tapi, kamu juga mesti tahu.

Setiap penumpang pesawat wajib mengisi data riwayat perjalanan di aplikasi eHAC Indonesia yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android maupun iOS.

Ini adalah aplikasi yang dari Kementrian Kesehatan RI yang dibuat agar mempermudah pendataan penumpang antar-kota saat masa pandemi.

Sehingga apabila ada salah satu penumpang yang positif Covid-19, maka pencarian penumpang lain yang berisiko ikut terkena dapat lebih mudah dilakukan.

6. Tidak Makan dan Minum di Dalam Pesawat

Sebagai tambahan, Pemerintah juga menghimbau maskapai penerbangan untuk tidak memberlakukan layanan pemberian makanan atau minuman pada penumpang pesawat dengan durasi perjalanan kurang dari 2 jam.

Dengan begitu, peluang penumpang untuk membuka masker akan lebih sedikit, dan penularan virus melalui droplet saat makan dan minum dapat dicegah selama penerbangan berlangsung.

Pihak operator maskapai hanya boleh memberikan makanan atau minuman setelah penumpang turun dari pesawat saat sampai di bandara tujuan.

7. Penumpang Tidak Menunjukkan Gejala Covid-19

Syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun yang terakhir adalah calon penumpang harus dalam keadaan sehat sebelum melakukan perjalanan.

Di setiap bandara pasti aka nada pengecekan suhu tubuh. Tahap screening inilah yang memastikan kesehatan calon penumpang.

Jika calon penumpang sudah menyertakan hasil negatif dari swab test atau hasil non-reaktif dari rapid test, tetapi menunjukkan gejala Covid-19 saat melakukan perjalanan, bukan tidak mungkin petugas bandara akan membatalkan penerbanganmu.

Gejala Covid-19 yang umum di antaranya demam dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, batuk, dan sesak napas.

Itulah penjelasan tentang syarat terbaru naik pesawat saat libur akhir tahun.

Bagaimanapun juga, akan lebih aman jika kita tidak bepergian di masa pandemi ini, apalagi hanya untuk kebutuhan liburan semata.

Saat bepergian, pastikan kamu melindungi diri dengan memiliki asuransi kesehatan. Perbandingan dan proses pengajuan produk asuransi bisa dilakukan via CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding produk finansial yang membantumu mendapatkan rekomendasi pilihan produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Premi dijamin terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang menguntungkan.

Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi soal jaminan layanan kesehatan jika terjadi risiko selama perjalanan ke luar kota atau di momen lain di masa depan.

Yuk, segera lihat rekomendasi asuransi terbaik untukmu dan ajukan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah