Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tahapan dan Pengesahan Syarat Balik Nama Mobil

by lhmdi on 17 Mei, 2017

kredit mobil - CekAja.com

Ketika akan membeli mobil bekas atau mobil second, seseorang diwajibkan untuk menyiapkan syarat-syarat balik nama mobil. Tujuannya sederhana, agar saat pembayaran pajak mobil nantinya lebih mudah untuk diproses.

Jika tidak, maka orang yang akan segera memiliki mobil bekas tersebut harus meminjam Kartu Tanda Penduduk atau KTP pemilik mobil sebelumnya sebagai salah satu persyaratan untuk membayar pajak kendaraan khususnya mobil.

Supaya tidak ribet, maka proses balik nama harus segera dilakukan. Persyaratannya pun cukup mudah. Pemilik mobil baru hanya perlu menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen berikut:

  1. Salinan atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk dari pemilik mobil yang baru.
  2. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang asli dan salinan dalam bentuk fotokopi.
  3. Surat Tanda Nomor Kendaraan mobil yang asli beserta fotokopinya.
  4. Bukti kuitansi transaksi jual beli yang telah dibubuh dengan materai senilai Rp 6.000.
Datang ke Samsat

Setelah mempersiapkan berkas-berkas tersebut, datanglah ke Samsat dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Bawa mobil yang akan dibalik nama segala macam surat-suratnya. Setiba di kantor Samsat, langsung menuju ke tempat lokasi cek fisik kendaraan untuk mengetahui kondisi mobil secara utuh.
  2. Isi formulir tentang pengecekan fisik mobil yang meliputi nomor rangka dan nomor mesin dengan menggosokkan stiker.
  3. Lanjutkan dengan menyerahkan formulir kepada petugas terkait bersama STNK asli.
  4. Kemudian, kamu akan diminta memberikan dokumen-dokumen seperti formulir pengecekan fisik mobil, STNK asli dan fotokopi, formulir cek fisik, salinan BPKB, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik baru.
  5. Setelah pengecekan petugas, kamu akan diminta untuk menyerahkan BPKB asli dari mobil.
  6. Setelah mendapat panggilan dari petugas untuk mengambil dokumen, lanjutkan untuk melakukan pemeriksaan kedua melalui petugas khusus yang ada di Samsat. Di sini kamu akan mendapatkan surat tagihan yang nanti akan dibayarkan di kasir.
  7. Selanjutnya, bayar tagihan di loket yang disediakan. Jika belum membayar pajak, maka jangan lupa untuk melunasinya saat itu juga, agar proses balik nama mobil menjadi lebih lengkap.
  8. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat yang berisikan lunas dan petugas akan memberikan STNK yang sesuai dengan nama kamu. Terakhir, kamu akan mengurus BPKB baru dari mobil di Kepolisian Daerah atau Polda setempat.

Hal terpenting dari balik nama mobil adalah agar mendapatkan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan mobil yang baru. Oleh karena itu, setelah menyiapkan segala macam syarat melalui dokumen yang disiapkan, kita dapat mengurusnya langsung di kantor Samsat.

Sah! Tanda Balik Nama Mobil Sudah Selesai

Setelah melengkapi syarat balik nama mobil, dan mendapatkan STNK, jangan lupa untuk melakukan proses pengesahan STNK itu sendiri. Agar balik nama mobil semakin lengkap, siapkan beberapa dokumen.

(Baca juga: Istilah-istilah yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan)

Tenang saja, dokumen, ini tidak jauh berbeda ketika kamu melakukan proses balik nama mobil yang pertama. Berikut beberapa syarat serta kelengkapan dokumen yang harus kamu lakukan:

  1. Kartu Tanda Penduduk yang asli dan siapkan satu lembar salinannya.
  2. STNK asli yang sudah kamu dapatkan sebelumnya bersama satu lembar salinannya dalam bentuk fotokopi.
  3. BPKB asli dan satu lembar salinannya.
  4. Sebagai tambahan, siapkan surat pernyataan kepemilikan kendaraan bermotor bahwa tidak terdapat perubahan identitas pemilik hingga spesifikasi mobil.

Setelah menyiapkan syarat-syarat ini, kamu segera melangkahkan kaki ke kantor Samsat. Prosedurnya mudah. Langkahnya mengisi formulir pengesahan, lalu menyerahkannya ke loket pendaftaran bersama dengan dokumen-dokumen yang telah disiapkan tadi.

Setelah itu, hanya perlu menunggu, karena STNK akan segera dicetak menggunakan komputer dan disahkan melalui petugas resmi dari Samsat.

Biaya Balik Nama Mobil

Ketika akan melalui proses dan menyiapkan syarat balik nama mobil, hal yang paling utama dan diingat tentu saja adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan dari mobil. Namun, ternyata biaya yang dikeluarkan tidak hanya tentang Surat Tanda Nomor Kendaraan saja.

Di beberapa daerah, proses penerbitan biaya STNK tahun 2016 biasanya gratis. Namun, memasuki tahun 2017, terdapat biaya tambahan, bahkan kenaikan yang cukup besar dalam proses balik nama mobil. Lalu, apa saja macam-macam biaya yang melibatkan biaya balik nama sebuah mobil?

  1. Untuk menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang baru akan dikeluarkan biaya sebesar Rp 100.000
  2. Untuk menerbitkan BPKB mobil yang baru kamu akan diminta mengeluarkan uang sebesar Rp 225.000.
  3. Jumlah biaya BBN-KB yang dikeluarkan adalah sepuluh persen dari harga beli mobil dari pemilik pertama.
  4. Sebagai tambahan, kamu akan dibebankan dengan SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan khusus untuk mobil sebesar Rp 143.000.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.