Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tahapan Mendapatkan Peluang Usaha dengan Modal Kecil

by lhmdi on 8 Desember, 2016

pekerjaan sampingan akhir pekan - CekAja.com

Peluang bisnis dengan modal usaha kecil merupakan salah satu unit bisnis yang menjadi pilihan masyarakat saat ini untuk menambah penghasilan yang mereka miliki.

Bisnis atau usaha modal kecil sering dikaitkan dengan sekelompok atau individu yang ingin menjalankan kegiatan usaha disertai dana investasi berupa modal yang nilai kecil. Namun dari keputusan pemerintah melalui Kepres RI no 99 tahun 1998 mengungkapkan bahwa bisnis modal kecil merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang mayoritas dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Pemahaman usaha modal kecil ini pun  dilengkapi dengan perhitungan yang mengungkapkan bahwa usaha kecil memiliki kekayaan bersih sebesar Rp. 200.000.000, serta hasil penjualan tahunan yang mencapai Rp. 1.000.000.000.

(Baca juga: Jenis Potensi Bisnis Sekitar Perumahan di Bandung)

Jika dilihat dari pemahaman usaha modal kecil, tentunya tidak semua masyarakat yang ingin menjalankan usaha bisa masuk dalam kategori ini. Akan tetapi, hal ini tidak mematahkan semangat masyarakat yang ingin menjalankan usaha baru. Apalagi bagi yang memiliki semangat wiraswasta, tidak akan pernah ada istilah gagal dalam menjalankan setiap awal usaha atau bisnis lainnya.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Peluang usaha ini akan terus tumbuh dan tumbuh sesuai dengan banyak kebutuhan masyarakat. Sebagian contoh, tentunya kita bisa melihat layanan yang hanya bermula dari transportasi online melalui sepeda motor kini bisa berkembang ke unit bisnis lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan peluang usaha dengan modal kecil saat ini? Berikut tips yang akan kami bagi.

(Baca juga: 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Dimulai dari ide sederhana

Jangan anggap sepele sebuah ide sederhana, karena dari sanalah asal muasal sebuah peluang usaha bisa diciptakan. Sebuah usaha yang besar dan sukses dimulai dari awal yang sederhana.

Berkat ide-ide yang dikembangkan, serta kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut, bukan tidak mungkin sebuah ide tidak hanya menjadi wacana. Sebagai contoh, media sosial populer seperti Facebook awalnya adalah sebuah ide sederhana dari Mark Zuckerberg dan teman-temannya di masa kuliah.

Namun kini, Facebook tumbuh menjadi salah satu perusahaan besar. Peluang usaha pun tidak hanya harus di bidang teknologi, namun berangkat dari hal-hal sederhana yang terjadi di kalangan masyarakat. Apa saja jenis usaha modal kecil untung besar. Ada banyak bila kita teliti meriset pasar.

Indonesia pasar yang besar

Peluang usaha dengan modal kecil akan selalu terbuka ketika banyak masyarakat yang membutuhkan. Peluang pasar pun tidak hanya hadir di kota-kota besar, namun juga di kota-kota kecil atau setara dengan kabupaten. Jadi, jangan pernah bingung berencana untuk membuka usaha sampingan.

Jika kamu memiliki semangat seorang wiraswasta dan memiliki ide-ide kreatif, maka tuangkan ide-ide tersebut dalam bentuk hal yang nyata. Lalu, pastikan terlebih dahulu, apakah bisnis yang kamu jalankan memiliki pasarnya sendiri atau tersedianya seorang pembeli. jenis usaha modal kecil untung besar, peluang usaha dengan modal kecil, usaha kecil yang menjanjikan, usaha modal 1 juta, usaha modal kecil menguntungkan

Agar sesuai dengan rencana pertimbangkan juga kompetisi yang akan dijalani dengan pesaing-pesaing bisnis lainnya. Peluang usaha dengan modal kecil banyak, namun usaha kecil yang menjanjikan, susah dicari.

Siapkan modal

Memulai usaha, mau tidak mau harus disertai dengan modal. Jumlahnya pun tidak harus mencapai ratusan juta rupiah. Bahkan dengan nilai puluhan juta pun sebenarnya kamu sudah bisa membuat sebuah peluang usaha. Meskipun terbilang kecil, namun kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar. Ada juga usaha modal 1 juta usaha modal kecil menguntungkan

Selain itu mencari modal tambahan pun terbilang cukup mudah saat ini. Kamu bisa memilih menggunakan kredit tanpa agunan atau pinjaman KTA dari bank atau lembaga keuangan misalnya. Selain itu ada juga pinjaman yang bisa didapatkan dari lembaga keuangan seperti Pegadaian dan juga koperasi yang nilainya bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk modal usaha.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami