Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tahu Gak Kalau Harga Motor Honda Beda di Setiap Dealer?

by Satrya Agung on 4 April, 2016

motor matic - CekAja.com

Jika kamu cek harga motor Honda di tiap dealer pasti berbeda satu dengan yang lainnya.

Jika kamu bingung mengapa hal tersebut terjadi, tanda tanya tersebut tidak hanya dialami oleh kamu saja tapi banyak orang dan menjadi perbincangan khusus. Bukan hanya sekedar harga saja, bahkan diskon yang diberikan pun berbeda. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Bisa dipastikan setiap dealer akan menerapkan harga dan diskon yang berbeda-beda. Kita akan kupas bersama faktor apa saja yang menjadikan perbedaan ini sehingga kamu bisa mengerti. Sebelum kamu mengajukan kredit motor, berikut akan kita jabarkan beberapa hal yang menyebabkan perbedaan harga dealer satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Harga OTR

Harga OTR adalah Harga On The Road yang mana berarti harga jual sudah termasuk biaya proses surat-surat yang dibutuhkan, seperti STNK, BPKB dan Plat Nomor. Maka dengan harga tersebut kamu sudah bisa langsung membawa motormu menjelajah ke jalanan.

Harga OTR semua dealer yang berada di satu wilayah pastilah sama. Misal, harga OTR di daerah Jakarta bisa dipastikan semua dealer akan menetapkan harga yang sama. Namun harga tersebut akan berbeda di daerah yang lain, seperti Bogor atau Bekasi. Ini disebabkan pajak yang ditetapkan tiap daerah berbeda. Bukan itu saja, tapi akan ada biaya kirim yang berbeda ke tiap daerah. Dengan demikian harga motor Honda OTR pun akan berbeda di tiap daerah.

Harga Angsuran

Harga Angsuran ini ditetapkan oleh pihak Leasing dan tiap leasing menerapkan rate bunga yang berbeda. Jadi bisa dipastikan harga angsuran yang ditawarkan pun pasti akan berbeda. Dan untuk itu jangan sungkan untuk membandingkan harga leasing satu dengan yang lainnya. Dengan demikian kamu akan mendapatkan informasi mengenai angsuran terendah.

Diskon Yang Berbeda Dari Tiap Dealer

Diskon adalah hal yang paling menarik bagi konsumen. Makanya tak jarang diskon menjadi jurus jitu dalam mempromosikan sebuah barang. Semakin besar sebuah diskon maka semakin besar pula mengundang konsumen untuk melakukan transaksi.

Penerapan diskon ini pun akan berbeda di tiap dealer. Ini dikarenakan tiap dealer mempunyai strategi penjualan dan biaya merketing yang berbeda-beda. Baik itu langsung menjurus pada konsumen atau menggunakan mediator lain. Akankah lebih baik jika kamu langsung datang ke dealer resmi untuk bernegosiasi sehingga mendapatkan harga yang pas di kantong dan diskon yang menarik.

Jika kita simpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi harga motor di setiap dealer adalah:

  • Harga OTR yang berbeda yang dipengaruhi oleh pajak yang berbeda di tiap daerah serta besarnya biaya pengiriman unit kendaraan ke daerah tersebut.
  • Harga angsuran yang ditetapkan pihak leasing.
  • Diskon yang berbeda dari tiap dealer yang juga karena dipengaruhi dari strategi dan biaya operasional yang berbeda di tiap dealer.

Saran yang bisa kami berikan agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik adalah dengan membandingkan harga motor honda di tiap dealer yang ada di daerah kamu kemudian tanyakan apakah ada diskon apa tidak.

Jika memang ada diskon maka negosiasikan seberapa besar diskon yang bisa kamu peroleh. Setelag mendapatkan disok yang sangat baik, jangan berhenti dahulu, kamu juga bisa menanyakan bonus apa saja yang bisa diberikan dealer tersebut.

Biasanya pihak dealer akan memberik satu paket bonus yang berupa helm dan jaket. Tapi bisa saja kamu mendapatkan bonus tambahan lainnya. Terakhir pilih dengan seksama leasing yang akan kamu pilih jika kamu hendak membeli secara kredit. Dan pastikan leasing tersebut memberi harga angsuran yang paling rendah di antara leasing yang lain.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami