Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tahukah Kamu, Biaya Pengobatan Kanker Bisa Capai 100 Juta Rupiah Per Bulan!

by Rafly Aditia on 11 Desember, 2015

Kanker menjadi salah satu momok yang paling menakutkan saat ini bagi siapapaun, tidak peduli tua dan muda kini penyakit kanker mudah sekali menyerang manusia. Pola hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan yang penuh dengan pengawet dan sebagainya membuat kamu berisiko terserang penyakit kanker walau kamu masih muda.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dirilis oleh George Institute for Global Health, ternyata kanker bisa menjadi beban berat masyarakat dan sistem kesehatan dan perawatan di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia apabila tidak ditangani dengan cepat.

Biaya pengobatan kanker yang terbilang cukup mahal menjadi alasan mengapa kanker bisa membuat seseorang bangkrut walau sudah memiliki tabungan dan gaji bulanan yang besar.

Berapa sih kira-kira biaya untuk melakukan pengobatan kanker? Berikut perkiraan biaya pengobatan penyakit kanker secara keseluruhan;

(Baca juga: 75 Persen orang Bangkrut Pasca Didiagnosa Kanker, Kamu Jangan jadi Salah Satunya)

Biaya pengobatan kanker capai ratusan juta rupiah perbulan

Biaya diagnosa awal penyakit kanker, seperti dilansir dari herbalam, biasanya berkisar di anka 10 juta rupiah. Belum lagi apabila kanker yang sudah menjangkit di tubuh kamu sudah cukup akut dan memerlukan tindak lanjut operasi demi kesehatan kamu.

Maka, uang sekitar 25 sampai 29 juta rupiah perlu kembali kamu keluarkan. Untuk catatan, biaya tersebut merupakan biaya minimal. Tambahan biaya lainnya adalah seperti radiasi kemoterapi yang perlu dilakukan secara rutin yaitu rata-rata untuk kesembuhan sekitar 6 kali terapi memakin biaya 2-6 juta rupiah per satu kali terapi.

Apabila dihitung secara total semuanya, maka biaya pengobatan kanker ternyata bisa melebihi angka 100 juta rupiah per bulannya.

Bahkan, menurut Wakil Sekretaris Yayasan Kanker Indonesia Dr. Ulfana Said Umar, seperti dilansir dari herbalam, mengatakan, Rata-rata biaya yang dikeluarkan besar, yaitu antara 102-106 juta per bulan.

(Baca juga: Cara Memilih Jaminan Asuransi yang Tepat Untuk Kanker Stadium Satu dan Kanker Stadium Tiga)

Melihat biaya yang begitu besar ini, sebaiknya kamu mencegah penyakit kanker menghinggapi tubuh kamu dengan cara menjaga pola makan, istirahat dan menjalan pola hidup sehat setiap harinya.

Selain itu, untuk berjaga-jaga kamu juga perlu mendaftarkan diri pada layanan jasa asuransi kesehatan yang mengcover biaya pengobatan kanker sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, situasi keuanganmu tidak perlu diporak porandakan oleh tagihan dari rumah sakit yang mengejar-ngejar.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami