Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tahun 2016 Sudah Hampir Berakhir, Ini Resolusi Finansial yang Bisa Selamatkan Masa Depanmu

by Tisyrin N. T on 16 Desember, 2016

tips kaya di tahun 2018 - CekAja.com

Sudah menyusun resolusi finansial tahun 2018? Salah satu hal terpenting yang harus kamu perhatikan dalam hidupmu adalah masalah finansial. Jika kamu menyepelekan urusan yang satu ini, bisa-bisa kamu menghadapi berbagai kesulitan di masa kini maupun masa depan.

Tidak mau kehidupan finansialmu berantakan? Masukan beberapa hal berikut ini ke dalam resolusimu tahun 2018 agar masa depan terselamatkan.

Punya target jumlah tabungan sepanjang 2018

Jika selama ini kamu menghadapi masalah klasik yaitu sulit menabung, cobalah untuk lebih serius menghadapi 2018. Tidak peduli berapa banyak pengeluaranmu, kamu harus bisa menyisihkan uangmu.

Bahkan sebaiknya, kamu langsung menabung setelah mendapatkan gajian, sebelum kamu memakainya untuk berbagai keperluan lainnya. Kalau perlu, daftar tabungan berjangka agar uangnya terdebet otomatis dari rekeningmu.

Toh, kamu sendiri yang akan mendapatkan manfatkan dari menabung. Buatlah target spesifik jumlah tabungan yang ingin kamu sisihkan sepanjang 2018 dan berapa jumlah minimal uang per bulan yang harus kamu sisihkan.

Kalau kamu belum punya dana darurat, sebaiknya peruntukan uang yang kamu kumpulkan untuk dana darurat terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa menabung untuk mewujudkan mimpi-mimpimu menyiapkan biaya pernikahan, uang muka rumah hingga mobil. (Baca juga: Punya Tabungan 100 juta Habis dalam Sehari, Ini Sebabnya)

Mulai mempelajari atau mempraktekan investasi

Jika urusan menabung kamu sudah ‘khatam’, saatnya kamu mulai membuka diri mempelajari investasi. Ada banyak sekali jenis investasi mulai dari sektor keuangan hingga sektor riil. Investasi di sektor keuangan misalnya dalam bentuk deposito, reksadana, saham, hingga obligasi. Sementara investasi di sektor riil misalnya properti.

Apa gunanya investasi? Dengan investasi, uangmu akan berkembang, berbeda dengan menabung. Investasi akan sangat membantu memenuhi kebutuhan jangka panjangmu. Dengan kata lain, investasi bisa membantu meraih kesejahteraan di masa depan.

Melunasi hutang kartu kredit

Prioritaskan untuk melunasi hutang konsumtif berbunga tinggi. Hutang kartu kredit bunganya terbilang tinggi. Sebaiknya kamu menghindari bayar tagihan secara minimal karena bunga yang kamu tanggung akan semakin besar. Selanjutnya, atur ketat penggunaan kartu kreditmu. Jangan gunakan di atas kemampuanmu membayar tagihan.

Merintis bisnis sampingan

Tak ada salahnya mulai merintis bisnis sampingan sejak sekarang. Bukan tidak mungkin bisnis tersebut akan jadi ‘pegangan’ kamu di masa pensiun kelak. Lumayan bukan jika kamu mendapatkan tambahan pemasukan bersih dari keuntungan bisnismu Rp 1 juta saja per bulan?

Sedikit demi sedikit kamu bisa mengembangkannya agar omzetnya semakin besar. (Baca juga: 20 Keinginan yang Sering Jadi Resolusi Tapi Selalu Gagal)

Hidup sederhana dan hemat

Kamu mungkin kesulitan melakukannya. Mulailah berhemat dari hal sepele, misalnya dengan membawa bekal ke kantor dan minum kopi di kantor. Tahan godaan terhadap ajakan nongkrong di coffe shop mahal.

Kalaupun tidak bisa menghilangkan kebiasaan itu, kamu bisa menguranginya. Manfaat hidup sederhana dan hemat adalah, kamu bisa lebih mudah menabung serta akan lebih mensyukuri nikmat sekecil apapun.

Butuh dana tunai untuk kebutuhan darurat? Manfaatkan pinjaman tanpa agunan. Ajukan pinjaman cicilan murah secara online di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami