Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tahun Depan Mau Liburan Murah ke Eropa? Begini Caranya

by Rafly Aditia on 24 April, 2017

tips traveling_asuransi perjalanan - CekAja.com

Eropa memang memiliki daya pikat tersendiri bagi para traveler. Bahkan kalaupun kamu bukan seorang travel junkie, pasti memiliki keinginan mendatangi Eropa untuk menikmati segala keindahan alam, budaya, sampai wisata kulinernya!

Nah, untuk kamu yang ingin berpergian ke Eropa, berikut tips yang wajib kamu tahu untuk kenyamanan perjalanan.

Hitung dulu persiapan budget liburan!

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung budget persiapan liburan ke Eropa. Buatlah rencana pengeluaran mulai dari pengeluaran untuk transportasi, urusan dokumen, penginapan, makan, hingga oleh-oleh.

    • Biasanya tiket murah pesawat ke Eropa berkisar antara 900-1100 USD atau setara dengan Rp 11,7 juta- Rp 14,3 juta. Tetapi bukan tidak mugkin kalau kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari itu. Untuk mendapatkan tiket yang lebih murah bisa mencari harga promo di travel fair atau bisa juga manfaatkan situs-situs pencari tiket pesawat seperti kayak.com hingga Skyscanner. Agar lebih mudah, sebaiknya pilih Belanda sebagai negara tujuan agar pengurusan visa lebih mudah.
    • Urus visa jangan lupa! Kamu bisa mengurus visa dengan mudah dan murah kalau mau jalan-jalan ke Eropa, caranya adalah dengan memilih Visa Schengen yang bisa dibuat di kedutaan Belanda. Untuk harganya sekitar Rp 60 Euro atau setara Rp 850 ribu dengan masa kunjungan kurang dari 90 hari untuk usia di atas 12 tahun. Oh ya, kamu juga harus mengajukan Visa minimal 3 bulan sebelum waktu keberangkatan.
    • Pilih tiket kereta sesuai kebutuhan, misalnya dengan Eurail kamu bisa membeli tiket select pass dengan harga mulai dari 234 Euro atau setara dengan Rp 3,3 juta untuk kunjungan ke 3-5 negara. Kamu bisa pergi keliling negara Eropa yang berbatasan dengan Belanda.
    • Berhubung kamu ingin menghemat budget liburan, untuk urusan hotel sebaiknya kamu pilih airbnb atau couchsurfing yang bisa memberikanmu tempat menginap dengan biaya murah. Anggarkan sebesar Rp 5 juta untuk urusan penginapan selama di Eropa. Bukan hal yang sulit untuk mendapatkan tempat menginap dengan harga Rp 350 ribuan di Eropa lewat airbnb, sementara lewat situs couchsurfing justru kamu bisa mendapatkan tempat menginap gratis secara cuma-cuma.
    • Sementara untuk biaya makan atau konsumsi, setiap negara Eropa memiliki standar harga yang berbeda. Namun untuk berpergian selama 15 hari, kamu bisa menekan biaya konsumsi hingga Rp 4 jutaan selama di sana, dengan catatan memilih untuk makan makanan di pinggir jalan, fast food, dan juga membawa beberapa makanan instan dari Indonesia.
    • Untuk oleh-oleh dan biaya darurat tentunya relatif sesuai kebutuhan, tetapi setidaknya kamu bisa menganggarkan Rp 3 juta untuk kedua hal tersebut.
  • Total biaya yang kamu butuhkan setidaknya sekitar Rp 29 juta kamu sudah bisa pergi liburan keliling Eropa selama 15 hari.

Widget TRV Insurance

Bagaimana cara mengumpulkannya?

Nah, untuk itu setidaknya kamu harus memiliki uang minimal Rp 29 juta sebagai persiapan berlibur keliling Eropa. Sehingga dalam waktu 12 bulan ke depan minimal setiap bulannya kamu bisa menabung sekitar Rp 2,42 juta.

Apabila terasa berat bagimu untuk mengumpulkan uang sebanyak itu setiap bulan karena gaji yang dimiliki pas-pasan. Sebaiknya mulai sekarang cari sumber pendapatan tambahan seperti kerja sampingan, atau bisnis sampingan yang setidaknya bisa memberikan penghasilan tambahan sekitar Rp 1 juta per bulan demi meringankan dirimu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bonus tahunan dan bonus tunjangan hari raya sebagai salah satu sumber tambahan untuk dana liburan ke Eropa yang kamu impikan. Well, sudah saatnya kamu mulai menjalani rencana tersebut agar impian berlibur ke Eropa di tahun depan bisa terealisasi!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami