Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tak Hanya Nasabah, Ini Keuntungan Internet Bank BRI bagi Pihak Bank

by Dudung Rahmanto on 6 April, 2016

Internet Banking BRI adalah salah satu fasilitas penting yang disediakan oleh Bank BRI. Tak heran fasilitas perbankan satu ini jadi favorit nasabah, kepraktisan yang ditawarkan jadi penarik minat. Jika dulu kita harus antri di teller dan kemudian ditemukanlah mesin ATM, penggunaan teknologi bergeser lagi ke arah lebih praktis – bahkan kamu tak perlu lagi keluar rumah. Sebagai salah satu bank terbesar dan paling menyebar di Indonesia, BRI tak kalah dengan bank-bank lainnya soal inovasi.

Keuntungan bagi Pihak Bank

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya inovasi ini tak hanya diperuntukkan bagi para nasabah saja. Keputusan penggunaan teknologi semisal Internet Banking memberi keuntungan pula bagi pihak bank. Berikut manfaat Internet Banking bagi bank itu sendiri:

  1. Ekspansi bisnis lebih luas

Dahulu bank harus membuka kantor cabang baru apabila ingin beroperasi di suatu daerah tertentu. Hal ini kemudian dipermudah dengan menempatkan mesin ATM. Lalu kemudian semakin berkembang dengan adanya e-banking, seperti SMS Banking, mobile banking serta sekarang ada Internet Banking. Nasabah dapat melakukan beragam transaksi perbankan tanpa harus ke bank. Lebih efisien bagi nasabah dan untuk pihak bank juga, bukan?

  1. Loyalitas nasabah

Kalau dulu faktor mutlak seseorang membuka rekening di bank tertentu adalah karena ada atau tidaknya kantor cabang bank, sekarang hal tersebut tak jadi keharusan. Justru ada atau tidaknya fasilitas Internet Banking menjadi pertimbangan seseorang untuk memiliki rekening di bank tertentu. Bank BRI pun melihat hal ini sehingga membuka layanan IB BRI yang bisa kamu akses via https://ib.bri.co.id .

  1. Mengurangi biaya tetapi menambah pendapatan

Menariknya melalui layanan Internet Banking, khususnya Bank BRI dapat menekan biaya untuk pembukaan kantor cabang baru. Di lain pihak, pendapatan melalui transaksi Internet Banking bertambah. Untuk transfer sesama Bank BRI memang tak dikenakan biaya, namun transfer ke bank lain tetap ada biaya meski menggunakan Internet Banking.

Bahkan bisa diprediksi kalau bank yang memiliki fasilitas Internet Banking memperoleh keuntungan lebih banyak dibandingkan bank yang tak memiliki fasilitas tersebut. Ini karena nasabah butuh kepraktisan dan akses yang mudah untuk melakukan transaksi perbankan.

Nasabah Turut Merasakan Manfaat Internet Banking BRI

Tentu saja yang paling diprioritaskan oleh pihak bank adalah kepuasan dan kenyamanan nasabah. Internet Banking memberikan banyak sekali keuntungan bagi pihak nasabah juga: Hemat waktu, dapat diakses dari mana saja dan kapan saja (selama terkoneksi dengan Internet) serta beragam transaksi dapat dilakukan dengan ‘sekali klik’.

Pendaftaran Internet Banking di Bank BRI juga tak lama. Kamu hanya perlu mengunjungi mesin ATM BRI terdekat untuk melakukan pendaftaran user-ID dan password. Pilih menu Internet Banking pada mesin ATM. Sesudahnya kamu akan diberikan struk pendaftaran Internet Banking. Lalu, kamu dapat mendatangi Customer Service di kantor cabang BRI terdekat untuk pengajuan mTOKEN.

Agak berbeda dengan fasilitas Internet Banking dari bank lainnya yang mengandalkan token fisik, Bank BRI memilih token ‘virtual’ berupa nomor handphone yang didaftarkan Internet Banking. Ketika nasabah login ke laman situs IB BRI dan melakukan transaksi, kode respon untuk menyelesaikan transaksi akan dikirim ke nomor handphone yang telah didaftarkan mTOKEN. Jadi, tak perlu takut untuk tidak bawa token – karena biasanya kita hampir jarang lupa untuk bawa ponsel, bukan?

Kesimpulannya, Internet Banking menguntungkan bagi kedua belah pihak – bank dan nasabah.

Produk Unggulan Bank BRI :

Tentang Penulis

Jika ingin dibantu orang, maka bantulah orang lain terlebih dulu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami