Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Tak Harus Jadi Selebgram, Ini Cara Lain Dapatkan Uang di Instagram

by Miftahul Khoer on 5 September, 2018

Di zaman sekarang ini, ada banyak cara mendapatkan uang di Instagram. Anda bisa menjadi selebgram untuk mendapatkan endorse dari pengiklan. Karena saat ini tidak sedikit perusahaan memilih mempromosikan produk-produknya di media sosial seperti Instagram.

paket internet murah _ CekAja.com

Sederhana saja, karena selebgram ini memiliki followers dan penggemar yang banyak. Otomatis, perusahaan percaya bahwa dengan mempromosikan produk kepada mereka, target promosi bisa langsung kepada orang yang dituju.

Namun, tidak semua orang bisa menjadi selebgram. Oleh karena itu, ada beberapa cara mendapatkan endorse dengan mengelola akun-akun yang berpotensi menyedot banyak followers sehingga bisa seperti akun para selebgram. Yuk, simak ulasan berikut ini.

(Baca juga: Bagaimana Beli Rumah Lewat KPR Syariah dan Developer Syariah?)

Akun info

Anda bisa mencoba membuat akun informatif untuk mendapatkan uang dari Instagram. Jangan salah, akun informasi yang fokus tentang suatu daerah bisa secara cepat menambah followers dan berpotensi mendapatkan endorse dari pengiklan. Sehingga, Anda bisa mudah mendapatkan uang.

Anda bisa lihat akun @jktinfo yang setiap harinya update informasi-informasi terkini seputar Jakarta. Terkadang info yang ditayangkan lebih cepat dari media-media mainstream. Bahkan bisa menjadi rujukan awal media. Saat ini followers-nya lebih dari satu juta.

Anda juga bisa mencontoh akun @infobdg yang juga setiap harinya menampilkan info terkini seputar Bandung. Selain info update, akun ini juga banyak menampilkan foto-foto pemandangan dan wisata. Akun @infobdg saat ini sudah menarik lebih dari 580.000 followers.

(Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Vaksin untuk Anak dan Dewasa)

Selain itu, ada juga akun @depok24jam. Akun ini setiap harinya menampilkan informasi-informasi terkini seputar peristiwa, kriminal, kuliner hingga info lalu lintas. Saat ini akun @depok24jam sudah memiliki lebih dari 75.000 followers.

Dari contoh akun-akun info daerah di atas, Anda bisa melihat adanya endorse yang masuk ke masing-masing akun. Bayangkan jika satu unggahan endorse dihargai rata-rata Rp200.000 dikali sebulan, jutaan rupiah bisa didapat. Cukup menggiurkan bukan?

Jadi, Anda bisa coba untuk mengelola akun yang menampilkan informasi-informasi terkini seputar daerah Anda.

(Baca juga: Berbagai Keuntungan Finansial Jadi Atlet, Apa Saja?)

Akun lucu

Bagi sebagian orang, Instagram merupakan media untuk hiburan. Maka ketika ada akun yang mengunggah foto dan video lucu, orang akan banyak mengikuti akun tersebut. Akun-akun lucu ini followers-nya menyamai bahkan melebihi akun selebgram.

Seperti akun @awreceh.id followers-nya lebih dari satu juta. Ada juga akun @enamon_joke dengan jumlah followers-nya lebih dari 665.000. Keduanya menampilkan konten-konten lucu yang membuat orang ketawa.

Pengelola kedua akun ini tentu saja setiap harinya mendapatkan uang dari iklan. Anda bisa lihat ada beberapa iklan masuk di kedua akun tersebut.

(Baca juga: Mengenal Erick Thohir, Pengusaha di Balik Kesuksesan Asian Games 2018)

Akun komik

Bagi seniman, cara mendapatkan uang di Instagram terbilang relatif mudah. Ada beberapa contoh misalnya seniman komik terkenal di Indonesia yang followers-nya ratusan ribu hingga jutaan.

Salah satunya akun @tahilalats yang memuat komik-komik cerita sederhana tentang pengalaman sehari-hari dengan gaya khas. Akun ini sudah memiliki lebih dari 2,9 juta followers.

Dalam setiap unggahannya, followers akan dibuat berpikir dan bertanya-tanya dengan cerita komik yang ditampilkan. Tidak heran jika setiap unggahannya dibanjiri ribuan komentar.

Untuk urusan endorse, jangan ditanya. Anda bisa lihat sebagian besar endorse yang masuk ke @tahilalats adalah dari korporasi yang dibuat dengan gaya komik.

Ada juga akun komik @jukihoki dengan followers lebih dari 634.000 dan akun @komikazer dengan followers lebih dari 145.000. Keduanya kerap menampilkan cerita-cerita komik kocak. Mereka juga sering mendapat endorse dari korporasi.

(Baca juga: Yuk Mengenal Istilah Kredit Macet)

Akun gosip

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang kepo dengan akun-akun gosip seperti @lambe_turah. Bagaimana tidak, untuk melihat info dan gosip terkini tentang artis, Anda tidak perlu lagi nonton acara gosip di televisi. Karena informasi paling update bahkan bisa Anda dapat dari akun gosip macam @lambe_turah.

Saat ini, akun @lambe_turah sudah menyedot lebih dari 5,3 juta followers. Akun ini boleh dibilang akun pertama yang menghadirkan foto dan video tentang gosip-gosip selebriti terkini.

Banyaknya followers pada sebuah akun tentu saja dapat menghasilkan keuntungan. Apalagi  akun yang followers-nya sudah jutaan seperti @lambe_turah. Maka, tidak heran jika setiap harinya akun gosip ini sering mengunggah sesuatu yang bersifat iklan.

(Baca juga: Belajar Kaya Raya dari Jack Ma, Si Manusia Rp500 Triliun)

Selain @lambe_turah, ada juga akun-akun gosip lain seperti @jeng_kellin, @lambenyinyir hingga @mak_nyinyir yang followers-nya mencapai ratusan ribu. Tentu saja mereka juga kecipratan endorse hampir setiap hari.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mengelola akun-akun seperti di atas untuk mendapat uang dari Instagram. Sebisa mungkin Anda harus menjaga setiap konten yang Anda bagikan. Jangan sampai Anda menyebarkan konten-konten berbau SARA dan hoax.

Jika Anda bisa mengelola akun dan memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi followers, niscaya dengan sendirinya endorse atau iklan bakal antre di akun yang Anda kelola. Tidak percaya? Boleh dicoba!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.