Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Takjil Gratis Dibagikan di 5 Tempat Ini, Mana Saja?

by Miftahul Khoer on 10 Mei, 2019

Salah satu hal paling ditunggu-tunggu banyak orang selama Ramadan adalah waktu untuk berbuka puasa. Umat Muslim akan segera membatalkan puasa dengan penganan yang disebut takjil setelah seharian penuh menahan haus dan lapar. 

Ya, masyarakat biasanya menyebut makanan pembuka puasa sebagai takjil. Namun, jika merujuk makna aslinya, takjil sendiri diambil dari bahasa Arab yang bermakna ‘menyegerakan’. Artinya, dalam hal ini umat Muslim yang berpuasa dianjurkan untuk segera berbuka.

Menu pembuka puasa seperti yang kita tahu banyak dijual di hampir seluruh tempat di Indonesia. Namun, ada pula yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Kamu bisa memperoleh menu takjil secara cuma-cuma di lima tempat berikut ini:

  • Masjid

Sudah menjadi hal lumrah kalau hampir di setiap masjid selalu menyediakan menu takjil gratis. Makanan gratis tersebut biasanya berasal dari sumbangan masyarakat sekitar. Takjil akan dibagikan gratis khususnya buat para musafir atau orang yang tengah di perjalanan. 

Namun ingat ya, niatkan bahwa kamu datang ke masjid bukan hanya untuk makan gratis saja. Setelah kenyang, jangan kamu meninggalkan masjid begitu saja. Niatkan bahwa kamu benar-benar untuk ibadah bukan karena ingin makan saja.

(Baca juga: Daftar Tempat Ngabuburit dan Kulineran Asyik di Jabodetabek, Yuk Cek!)

  • Jalan raya

Salah satu tradisi orang Indonesia saat bulan puasa adalah bagi-bagi takjil gratis kepada para pengendara. Siapa saja yang melakukannya? Mereka biasanya berasal dari komunitas, warga, anak sekolah, mahasiswa hingga partai politik. Dengan begitu para pengendara tidak lagi harus membeli takjil dan bisa menghemat pengeluarannya.

Lokasi-lokasi yang biasa dijadikan tempat bagi-bagi takjil ini tak lain adalah di lampu merah, persimpangan dan jalan-jalan yang dilalui orang banyak. Memang, menu yang diberikan gak selalu mewah. Setidaknya, para pengendara bisa menyegerakan berbuka puasa. 

  • Stasiun MRT

Sejak dibuka pada Maret lalu, MRT menjadi salah satu moda transportasi kebanggaan warga Jakarta dan sekitarnya. Bagaimana tidak, orang-orang yang biasa macet-macetan di jalan raya kini bisa duduk manis menikmati moda transportasi baru. Untuk tahap awal, MRT melewati Lebak Bulus hingga ke Bundaran HI. Belum lagi, ke depan bakal ada rute Bundaran HI menuju Kampung Bandan.

MRT juga ternyata memberikan kenyamanan dan kemudahan lain bagi para penumpangnya. Selama bulan puasa ini, MRT menyiapkan takjil gratis khusus untuk para penumpang di Stasiun Fatmawati dan Stasiun Lebak Bulus. Menu yang disiapkan di dua stasiun tersebut berupa air putih dan kurma. Adapun makanan tersebut dibagikan mulai pukul 17.30 hingga pukul 19.30.

  • Mal

Selain taman dan alun-alun, warga biasanya ngabuburit di mal. Ya, tentu saja selain terhindar dari panas dan hujan, ngabuburit di mal juga bisa sekalian cuci mata. Namun jangan salah lho, banyak mal yang menyediakan menu takjil gratis buat para pengunjungnya.

Takjil gratis ini diberikan buat para pengunjung yang gak sempat berbuka puasa selama berada di dalam mal. Maklum, biasanya hampir semua tempat makan di mal selama bulan puasa penuh terisi. Dengan demikian, buat kamu yang lagi berada di mal, jangan khawatir deh. 

Mal-mal yang biasa membagikan takjil gratis antara lain Lippo Mall Kemang, Pejaten Village, Plaza Semanggi, Gajah Mada Plaza, Lippo Plaza Kramat Jati, Cibubur Junction, Cibinong City Mall, dan banyak lagi.

(Baca juga: 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Batal Puasa)
  • Toko, kafe, dan restoran

Selain keempat tempat di atas, ada juga tempat lain yang biasa memberikan menu takjil gratis, yakni toko-toko ritel besar. Nah, biasanya setiap sorenya mereka membagikan takjil gratis buat siapa pun yang melintas di depan tokonya.

Ada juga takjil gratis yang disediakan kafe dan restoran. Namun, meski gratis, di tempat ini kamu harus pesen menu makan utamanya. Setelah itu barulah kamu bakal dapat free takjil. 

Nah, kamu siap berburu makanan pembuka puasa ke mana nih? Buat kamu yang berencana buka puasa bersama, jangan lupa kantongi kartu kredit untuk mencicipi promo menariknya!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.