12 Tanaman Pembersih Udara yang Membuat Rumah Lebih Segar

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Berbagai tanaman pembersih udara yang sekaligus menjadi tanaman hias di rumah cukup efektif membuat udara rumah terasa segar. Yuk, ketahui daftar tanaman dengan kemampuan unik ini lebih lanjut!

Keterbatasan lahan terkadang membuat beberapa area tempat tinggal menjadi minim pohon atau tanaman. Akibatnya, udara di sekitar tempat tinggalmu menjadi gersang dan udara selalu terasa panas.

Apalagi jika kamu tinggal di area perkotaan atau lingkungan yang dekat dengan area industri. Polusi udara dipastikan tinggi, dan bisa saja mengancam kesehatan sistem pernapasan.

Dilansir dari Country Living, beberapa peneliti sangat merekomendasikan seluruh masyarakat untuk menanam tanaman yang mampu membersihkan udara.

Sebab, efektifitas tanaman ini cukup terjamin membantumu mendapatkan udara yang lebih bersih dan segar, tanpa harus melakukan usaha yang ribet.

Tanaman yang mampu membersihkan udara didominasi oleh tanaman mini yang memiliki tampilan cantik. Kamu juga bisa memilihnya sebagai tanaman hias di rumah. Dapat manfaat double, kan?

Cara Kerja Tanaman Membersihkan Udara

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah tanaman hias yang umumnya berukuran mini dapat membersihkan udara.

Jawabannya adalah melalui proses fotosintesis yang dilakukan tanaman pada siang hari.

Sejak dulu, kita tentu mengenal proses fotosintesis pada semua tanaman. Sinar matahari diubah sedemikian rupa dengan bantuan klorofil menjadi sumber energi dan makanan cadangan tanaman.

Energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat kemudian disimpan. Di dalam proses fotosintesis, terdapat pula pengubahan zat karbon dioksida menjadi oksigen yang baik untuk makhluk hidup lainnya.

Namun, tanaman pembersih udara memiliki kemampuan lebih dalam memproses perubahan zat tersebut.

Karbon dioksida yang diserap lebih banyak, dan menghasilkan jumlah oksigen yang lebih banyak pula.

Sekalipun ukurannya kecil, tapi kemampuan tanaman pembersih udara tidak bisa dianggap remeh. Buat kamu yang tinggal di tempat yang memiliki jumlah ventilasi terbatas, wajib banget meletakkan tanaman pembersih udara.

Perawatan tanaman-tanaman ini juga cukup mudah, karena terbagi atas tanaman yang mampu hidup di dalam ruangan dan luar ruangan.

Beberapa di antaranya juga hanya perlu disinari sinar matahari dalam kurun waktu yang agak lama. Misalnya tiga hari sekali, atau seminggu sekali.

Kamu juga tak perlu menyiram dengan air dalam jumlah yang banyak. Cukup rutin menyemprotkan air bersih agar tanaman pembersih udara bisa tetap hidup dan tumbuh dengan sehat.

(Baca Juga: 15 Daftar Tanaman Pembawa Keberuntungan dan Kekayaan Berlimpah)

Daftar Tanaman Pembersih Udara

Berikut ini beberapa tanaman pembersih udara yang efektif mengubah udara rumah menjadi segar:

1. Sansiviera

Tanaman pembersih udara yang sudah dikenal sejak dulu adalah sansiviera atau disebut juga dengan tanaman lidah mertua.

Sansiviera masuk ke dalam jenis kaktus hias yang tidak berbahaya, karena duri hanya terdapat pada bagian ujung daun saja.

Warna hijau dan corak kuning membuat tampilannya cantik. Daun yang kokoh praktis dirawat, karena hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari.

Jenis sansevieria yang populer adalah sansevieria pagoda dan sansivieria boncel. Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan atau di dekat jendela rumah.

2. Lidah Buaya

Selain memiliki khasiat melimpah untuk kesehatan tubuh manusia, tanaman lidah buaya yang hidup juga mampu membersihkan udara dengan maksimal.

Bagian sukulennya akan menyerap zat formaldehyde dan benzene yang biasanya terkandung dalam udara yang berkualitas buruk karena kontaminasi dengan detergen, pernis, atau pelapis lantai.

Udara pun akan terasa lebih segar jika ditanami lidah buaya.

Rawat tanaman lidah buaya dengan meletakkannya di teras rumah. Sebab lidah buaya memerlukan sinar matahari yang cukup.

3. Bunga Gerbera

Bunga hias cantik seperti gerbera juga bisa menjadi tanaman pembersih udara di rumahmu. Bunga yang juga dikenal dengan nama herbras ini bisa tumbuh di pot maupun tanah di halaman rumah.

Ada banyak pilihan warna yang bisa kam pilih. Seperti jingga, merah, putih, kuning, dan merah muda.

Bunga gerbera harus disiram setiap hari. Bahkan jika cuaca sedang sangat terik, kamu harus menyiramnya hingga dua kali sehari.

4. Bunga Krisan

Selain gerbera, bunga krisan juga masuk ke dalam tanaman cantik yang mampu membersihkan udara. Krisan cocok diletakkan di sudut dapur bersih atau area luar rumah.

Zat ammonia yang biasa tercampur di udara rumah yang memiliki banyak barang berbahan plastic bisa diserap oleh bunga cantik ini.

Letakkan bunga krisan di tempat yang disinari sinar matahari yang cukup, seperti area jendela.

5. Bunga Peace Lily

Tampilannya yang sangat cantik dengan warna putih bercahaya menjadi alasan tepat untuk memilih bunga peace lily menjadi tanaman pembersih udara di rumah.

Zat benzene dan formalin mampu diserap oleh bunga ini. Untuk merawatnya, kamu harus memperhatikan asupan air yang pas. Bunga peace lily menyukai tanah yang lembab dan tempat yang teduh.

6. Sri Rejeki

Tanaman pembersih udara selanjutnya adalah sri rejeki atau dikenal dengan nama chinese evergreen.

Kemampuan sri rejeki yang dapat menyerap zat detergen sangat kamu butuhkan. Kamu bisa meletakkannya di area yang agak lembab seperti koridor rumah atau area kamar mandi.

Pisahkan sri rejeki dari tanaman lain, untuk menghindari perubahan warna daun menjadi cokelat.

7. Sirih Gading

Sirih gading biasa dijadikan tanaman hias gantung berukuran mini. Tanaman ini juga bisa merambat, dan membuat tampilan ruanganmu terlihat estetik.

Nama Devil’s Ivy adalah sebutan internasional untuk sirih gading yang mampu menyerap zat formalin di dalam udara yang kotor. Akan lebih cocok jika sirih gading diletakkan di area teras rumah.

(Baca Juga: 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam)

8. Suplir

Suplir adalah tanaman yang masuk ke dalam jenis paku-pakuan, namun minim serbuk paku (spora). Sehingga tidak akan mengganggu pernapasanmu, dan malah ampuh membuat udara lebih bersih.

Untuk menjaga pertumbuhan suplir, letakkan pada area yang disinari matahari yang cukup namun tidak terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti area pinggir teras rumah.

9. Spider Plant

Nama tanaman spider plant mungkin masih asing di telingamu, tapi jika melihat bentuknya, kamu pasti langsung mengenali tanaman indoor ini.

Bukan cuma jadi tanaman hias, spider plant juga mampu menyerap karbon monoksida yang berbahaya jika dihidup manusia dan binatang.

Perawatannya sederhana karena hanya perlu disemprot sedikit air di pagi hari, dan tidak memerlukan cahaya sinar matahari langsung.

10. Rubber Plant

Rubber plant atau Ficus elastic adalah tanaman kecil asal India yang kini sudah banyak dijual di Indonesia. Tanaman ini mudah dirawat, karena hanya perlu disiram saat musim kemarau saja.

Tidak masalah jika rubber plant diletakkan di dalam ruangan, karena tidak membutuhkan sinar matahari yang melimpah.

11. Lady Palm

Jenis tanaman palem mini yang biasa kita temui seperti lady palm ternyata juga masuk ke dalam daftar tanaman pembersih udara.

Karena lebih cocok ditanam di area yang lembab, lady palm sebaiknya diletakkan di area kamar mandi agar supaya sekaligus bikin area ini terlihat estetik.

12. Dracaena

Tanaman pembersih udara yang terakhir adalah dracaena yang banyak dijual oleh penjual tanaman hias. Berbagai zat polutan akan diserap oleh tanaman ini, dan diubah menjadi oksigen bersih.

Dracaena termasuk tanaman yang tumbuh perlahan, namun bisa tumbuh tinggi hingga 8 kaki. Jadi, sebaiknya letakkan dracaena di bagian rumah yang memiliki tinggi yang cukup.

Beli Tanaman Kini Bisa Via Online!

Itulah daftar tanaman pembersih udara yang ampuh membuat udara lebih segar, dan mudah ditemui di pasar tanaman di Indonesia.

Kini, membeli tanaman bisa kamu lakukan dengan cara sederhana. Sudah banyak penjual yang menjual tanaman hias secara online, dengan packaging aman dan rapi.

Jadi, kamu enggak perlu keluar rumah untuk membelinya di masa pandemi ini.

Biar makin untung, yuk, belanja dengan menggunakan kartu kredit banyak promo dari CekAja. Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai kebutuhanmu, dengan cicilan ringan dan suku bunga yang kompetitif.

Pengajuan kartu kredit juga sangat mudah, karena semuanya dilakukan secara online. Transaksi di CekAja dijamin aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

Yuk, cek kartu kredit yang pas untukmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah