15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Tanaman pengusir nyamuk, bisa dijadikan sebagai penolong dari berbagai ancaman penyakit akibat nyamuk, selain menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari iritasi kulit hingga bahaya malaria dan Deman Berdarah Dengue DBD.

15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Beberapa tanaman memang memiliki kemampuan untuk mengusir  nyamuk karena aromanya yang tak disukai nyamuk. Tapi, bukan berarti tanaman pengusir nyamuk beraroma busuk atau aroma yang juga tidak disukai manusia.

Tanaman yang dapat mengusir nyamuk di bawah ini bisa dimanfaatkan dengan beberapa cara ditanam saja di halaman rumah maupun di pot.

Jika kamu ingin langsung mengaplikasikannya pada kulit, kamu harus mengambil salah satu bagian tanaman untuk digosokkan pada kulit, mengekstrak minyaknya atau mengambil sarinya.

Menariknya, sebagian besar tanaman pengusir nyamuk memiliki bentuk yang cantik sehingga bisa juga dijadikan tanaman hias di rumah.

Berikut ini daftar tanaman pengusir nyamuk yang bisa menjadi pilihanmu. Perlu diketahui, tanaman ini hanya mampu membuat nyamuk tidak mendekat saja, bukan sebagai pembunuh nyamuk.

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk

1. Lavender

Lavender - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Lavender adalah salah satu tanaman yang dijadikan bahan baku lotion antinyamuk. Bagian daunnya memiliki aroma yang segar, sedangkan bunga begitu wangi.

Yang membuat lavender mampu mengusir nyamuk adalah karena kandungan zat lynalyl asetat dan zat linalool yang tidak disukai nyamuk. Lavender mudah ditanam di pot maupun di tanah halaman rumah yang sedikit gembur dan subur.

2. Serai Wangi

Serai Wangi - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Serai wangi atau Cymbopogon nardus dapat dimanfaatkan ekstrak minyaknya untuk dioleskan ke kulit sebagai tanaman pengusir nyamuk. Minyak serai wangi bisa didapat dengan teknik penyulingan.

Tingkat ketahanan minyak serai wangi diperkirakan sekitar 2 jam, karena mudah terevaporasi alias menguap. Jadi, setiap dua jam sekali, kamu bisa mengoleskannya ke kulitmu. walau

3. Geranium

Geranium - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Bunga geranium mengandung zat sitronelol dan geraniol yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini mudah di tanam di dalam pot yang diletakkan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Manfaat double bisa kamu dapatkan jika menanam tanaman ini. Sebab warna bunga geranium sangat cantik dan cerah, cocok banget untuk dijadikan tanaman hias yang diletakkan di sudut ruangan maupun digantung di dinding rumah.

4. Bawang Putih

Bawang Putih - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Bawang putih sering kali ditanam sebagai bumbu dapur yang menambah cita rasa pada makanan. Eits, tapi kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tanaman obat herbal serta pengusir nyamuk.

Caranya, letakkan umbi bawang putih yang sudah dikupas di ventilasi atau di depan pintu rumah. Peletakan bawang putih di titik-titik sirkulasi udara ruangan akan membuat nyamuk enggan untuk masuk ke rumahmu.

Buat kamu yang kurang suka dengan aroma bawang putih, kamu bisa menambahkan aroma essential oil, menggunakan pengharum ruangan tambahan, atau lilin aroma terapi.

5. Pennyroyal

Pennyroyal - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Salah satu jenis tanaman hias ini juga memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk. Pennyroyal cocok ditanam di area pekarangan rumah agar mencegah nyamuk masuk ke rumah.

Lingkungan rumah yang ditanami pennyroyal juga akan jadi lebih bersih karena terhindar dari berbagai serangga.

6. Peppermint

Peppermint - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Jika rumahmu di area daratan tinggi, maka pilih saja peppermint sebagai tanaman pengusir nyamuk paling efektif.

Aroma dari tanaman ini tidak disukai nyamuk, dan bagian daunnya bisa kamu tumbuk kasar dan dibalurkan ke kulit untuk menghilangkan rasa sakit dan bekas luka akibat gigitan serangga atau nyamuk.

(Baca Juga: 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan)

7. Akar Kucing (Catnip)

Akar Kucing Catnip - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Tanaman ini mungkin lebih populer saat dijadikan sebagai pemicu tingkah reaktif kucing dibandingkan dengan perannya sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Kamu tak perlu mengolah akar kucing dengan cara yang ribet. Cukup tanam di area pekarangan rumah. Aroma khas akar kucing tidak disukai nyamuk, sehingga rumah akan bebas dari binatang penghisap darah tersebut.

8. Neem Leaves

Neem Leaves - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Neem leaves yang berasal dari India tidak hanya mampu menjadi tanaman pengusir nyamuk. Tetapi juga menjadi tanaman pengusir serangga lainnya yang menjadi hama.

Air rebusan yang mengandung ekstrak neem leaves dijadikan cairan insektisida yang aman disemprotkan ke berbagai sudut ruangan yang diduga menjadi tempat nyamuk bersarang. Dijamin, nyamuk akan langsung pergi dan tidak kembali.

9. Lemon Balm

Lemon Balm - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Lemon balm sebenarnya merupakan tanaman liar yang mudah ditemui. Senyawa sitronelal dan aroma segar dari lemon balm tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini tumbuh merambat dan cepat tumbuh dan bertambah banyak jumlahnya. Cocok ditanam di halaman rumah maupun sebagai tanaman rambat di area dinding pagar atau dinding rumah bagian depan.

10. Selasih/Basil

Selasih atau Basil - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Bagian daun dari tanaman selasih yang masih satu kerabat dengan basil bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk karena aroma khasnya.

Jika kamu menginginkan tanaman sederhana yang gampang dikembangkan, maka selasih sangat cocok untuk dipilih. Bibit selasih hanya perlu ditanam di tanah gembur di luar ruangan, dengan penyiramannya tak perlu sering dilakukan.

11. Bunga Krisan

Bunga Krisan - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Bunga hias dengan warna putih dan merah muda ini juga bisa digunakan menjadi tanaman pengusir nyamuk. Aroma wangi dari bunga krisan yang manusia sukai justru dibenci nyamuk.

Tak hanya sebagai tanaman hias dan pengusir nyamuk, krisan yang dikeringkan juga bisa dijadikan teh herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Wah, cukup banyak ya manfaatnya?

12. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Jangan ragu memanfaatkan bunga kamboja sebagai tanaman hias di rumah hanya karena julukan bunga keramat. Sebab, bunga kamboja mampu tumbuh dan berbunga sepanjang tahun, serta mampu menjadi tanaman pengusir nyamuk.

Senyawa geraniol dari minyak atsiri yang terkandung pada bunga kamboja membuat nyamuk ogah dekat dengannya.

13. Bunga  Marigold

Bunga Marigold - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Banyak pecinta tanaman hias yang memilih bunga marigold sebagai bunga yang mempercantik pekarangan rumah. Ternyata, bunga yang identik dengan warna cerah ini uga mengandung zat pyrethrum yang tidak disukai serangga, termasuk nyamuk.

Untuk menambah manfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk, letakkan bunga marigold didekat tanaman tomat yang sudah berbuah. Nyamuk bakal sangat membenci aroma keduanya!

(Baca Juga: 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik)

14. Bunga Rosemary

Bunga Rosemary - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Bunga cantik berwarna ungu ini juga menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk. Aroma rosemary rupanya tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini mudah ditanam dengan perawatan seadanya, kuat terhadap paparan sinar matahari langsung, dan harga bibitnya murah.

15. Zodia

Zodia - 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam

Tanaman yang berasal dari Papua ini biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Siapa sangka kalau nyamuk tidak menyukai aroma segar dari daun zodia.

Zodia sangat mudah ditanam dengan perawatan yang sederhana. Tanaman zodia akan tumbuh subur dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup, dan penyiraman air yang tidak terlalu sering.

Zodia yang tumbuh dewasa hanya mampu tumbuh dengan ketinggian maksimal 70 cm, sehingga pas untuk diletakkan di dalam ruangan.

Itulah berbagai tanaman yang mampu pengusir nyamuk. Bahaya nyamuk yang berkembangbiak di area rumah bisa membawa penyakit berbahaya yang mengancam kondisi kesehatanmu.

Lindungi dirimu dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan yang memberi jaminan pada pelayanan kesehatan terbaik.

Tak perlu khawatir dengan biaya premi. Sebab, CekAja.com akan membantumu membandingkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Yuk, saatnya mulai cek, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan lewat CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah