10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif 

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Bukan hanya serangga seperti nyamuk dan kecoa, kehadiran hewan mamalia seperti tikus pun, ternyata sering membuat kegelisahan para pemilik rumah. Terlebih, ketimbang nyamuk dan kecoa, tikus memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga lebih sulit untuk dimusnahkan. Tapi kamu tau gak sih, kalau tikus ternyata bisa diusir dengan tanaman pengusir tikus? 

10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Buat kamu yang baru tahu, mungkin akan bingung, memang tikus takut dengan tanaman? Bukannya yang takut tanaman tertentu, biasanya serangga seperti nyamuk? 

Eits, jangan salah, karena ada beberapa tanaman pengusir tikus yang bisa efektif bikin rumah bebas tikus loh. 

Tikus Hewan yang Merugikan

Di Beberapa negara, mungkin tikus menjadi hewan yang dilindungi, disembah, bahkan, dijadikan sebagai menu makanan. Namun, nyatanya tikus sering dibasmi karena dianggap merugikan, khususnya di Indonesia. 

Mengapa tikus dibasmi dan tidak disukai? Pasalnya tikus bisa disebut sebagai hewan yang merugikan. Tikus yang masuk ke dalam rumah, akan membawa kuman dan bakteri, yang bisa mempengaruhi kesehatan manusia. 

Tidak hanya di rumah, di lahan pertanian pun, tikus sering membuat ladang padi hingga jagung, rusak akibat ulah tikus. Hal tersebut pun juga akan menimbulkan kerugian, bagi para petani. 

(Baca Juga: Kepribadian dan Karakter Shio Tikus Ramalan 2020)

Tinggalkan Cara Membuat Perangkap Tikus dengan Racun

Sebelum kamu mengetahui adanya tanaman pengusir tikus, mungkin kamu pernah mencoba atau masih menggunakan racun tikus, sebagai alat untuk membasmi tikus. 

Jika masih, coba tinggalkan cara tersebut, karena membasmi tikus dengan racun, bisa memberikan dampak buruk, seperti:

  • Lokasi tikus mati setelah diracun, tidak diketahui (tiba-tiba tercium bau busuk atau bangkai di genting, di balik lemari, di dalam saluran air, dan tempat-tempat tak terjangkau).
  • Menimbulkan bau bangkai yang menyengat, karena kamu tidak bisa menjangkau di mana bangkai tikus berada
  • Racun yang dibawa tikus, bisa menyebar kemana pun dia pergi
  • Racun, bisa saja menempel dari tikus ke peralatan masak/makan, ke makanan, yang sangat berbahaya, jika tertelan manusia.

Meski masih ada penggunaan racun tikus, dan bahan kimia lainnya untuk membasmi tikus, mungkin kamu perlu mencoba membasmi tikus dengan bahan alami, seperti menggunakan tanaman pengusir tikus berikut ini. 

10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Tanaman pengusir tikus yang pertama dan yang paling mudah didapat adalah bawang merah dan bawang putih. Kamu bisa menanam tanaman bawang merah dan bawang putih di pot kecil, di halaman rumah. 

Dengan begitu, tikus akan takut masuk ke rumah kamu. Tanaman bawang merah dan putih juga bisa sekaligus kamu panen untuk kebutuhan bumbu dapur. 

Selain berbentuk tanaman pengusir tikus, bawang merah dan bawang putih juga bisa kamu iris-iris, dan letakan di mana pun tikus bisa lewat.

2. Tanaman Mint

Tanaman Mint - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Tanaman pengusir tikus selanjutnya adalah tanaman mint. Selain mudah untuk dibudidayakan, tanaman mint efektif untuk mengusir tikus beserta hama lainnya. 

Kamu bisa menanam tanaman pengusir tikus yang memiliki aroma khas ini, di halaman depan rumah, di pinggiran dekat jendela, saluran pipa, dan lokasi lainnya yang sering dijadikan pintu masuk tikus ke dalam rumah. 

Tanaman mint juga bisa kamu gunakan untuk keperluan dapur, seperti untuk membuat kue, atau minuman, karena rasanya yang pedas dan segar.

3. Tanaman Sage

Tanaman Sage - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Buat kamu yang baru dengar, tanaman sage ternyata juga masuk ke dalam daftar tanaman pengusir tikus paling efektif. Untuk para pecinta tanaman hias, mungkin sage lebih cocok untuk mempercantik taman. 

Tapi, tanaman sage ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengusir tikus, karena bau menyengatnya, yang tidak disukai tikus. Ada dua jenis tanaman sage, yakni sage hijau dan sage putih. 

Apapun jenisnya, tanaman sage bisa digunakan untuk menangkal tikus masuk ke dalam rumah, karena memiliki aroma kuat. Sage juga sangat mudah ditanam, di segala jenis tanah dan cuaca.

4. Lavender

Lavender - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Tidak hanya nyamuk yang tidak suka aroma dari lavender, ternyata tikus juga tidak suka dengan aroma khas tanaman berwarna ungu yang satu ini. Dilansir Liputan6.com dari laman RexResearch.com, lavender masuk sebagai tanaman pengusir tikus paling efektif. 

Memiliki penampilan yang cantik, warna bunga yang indah, serta aroma yang menenangkan, membuat lavender tak hanya bisa digunakan untuk mengusir tikus. Tanaman lavender juga bisa digunakan untuk menghias di rumah. 

Tanaman lavender sendiri, lebih cocok ditanam pada suhu kering, dan harus banyak terkena sinar matahari. Sehingga, kamu tidak perlu untuk memberinya pupuk dan penyemprot, karena tanaman ini mudah berkembang.

5. Tanaman Bintaro

Tanaman Bintaro - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Terdengar seperti nama kota, tanaman bintaro juga bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir tikus paling efektif selanjutnya. Tanaman bintaro sendiri merupakan tumbuhan pantai atau paya berupa pohon, yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 12 meter. 

Tanaman bintaro ini memiliki bunga yang harum berbentuk terompet, dan buah bintaro berbentuk telur panjang, yang akan berubah warna merah terang ketika matang. 

Mengapa tanaman bintaro bisa jadi tanaman pengusir tikus? Buah bintaro yang sangat menarik perhatian tersebut, ternyata bisa membuat tikus mencoba untuk memakannya. Namun, buah bintaro ternyata mengandung racun, dan memiliki aroma yang hanya bisa dicium oleh tikus. 

Nah, dengan begitu kamu bisa meletakan buah bintaro di beberapa sudut rumah, seperti halaman depan, dapur, saluran air, dan lain-lain, agar tikus enggan masuk. 

Namun, kamu juga perlu hati-hati dengan buah bintaro yang beracun, terutama bagi yang punya anak kecil. Karena, racunnya juga bisa berbahaya untuk manusia.

6. Mengkudu

Mengkudu - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Tanaman pengusir tikus yang berikutnya adalah tanaman mengkudu. Meski sudah jarang ditemukan, tanaman ini sangat mudah tumbuh di mana saja loh. 

Mengapa mengkudu tidak disukai tikus? Hal tersebut karena buah mengkudu memiliki aroma yang menyengat dan rasa pahit, yang tidak disukai tikus. 

Kamu bisa menanam tanaman mengkudu di halaman depan rumah, atau di pot yang bisa disimpan di sudut-sudut rumah. Bahkan, agar lebih praktis, kamu juga bisa membuat ramuan dari sari mengkudu dan air, selanjutnya kamu bisa semprotkan di lokasi-lokasi tempat tikus berada.

7. Buah yang Berkulit Tajam dan Bau Menyengat

Buah yang Berkulit Tajam dan Bau Menyengat - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Meski tanaman pengusir tikus yang satu ini, tidak memungkinkan untuk ditanam di halaman rumah, dan tumbuh dalam waktu cepat, kamu bisa langsung menggunakan buahnya saja. Di sini kamu bisa menggunakan buah durian dan nangka, untuk mengusir tikus. 

Durian dan nangka, memiliki kulit yang berduri tajam dan aroma yang menyengat, jadi sangat memungkinkan untuk bisa mengusir tikus. Kamu tinggal letakan saja buah durian atau nangka utuh atau kulitnya saja di tempat-tempat yang sering didatangi tikus.

8. Tanaman Tikel Balung

Tanaman Tikel Balung - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Tanaman pengusir tikus yang efektif yang satu ini juga mengandung racun untuk membasmi tikus, yang terletak pada getahnya. Bahkan, selain tikus, getah tanaman tikel balung, juga bisa membasmi kadal dan kutu. 

Kamu bisa meletakan getah tanaman tikel balung, di lokasi yang sering dilalui tikus, misalnya di dekat jendela, saluran air, pagar, dan lokasi lainnya. 

Namun, kamu juga harus hati-hati dengan getah dari tanaman ini, karena bisa mengiritasi mata dan kulit. 

(Baca Juga: Rekomendasi Jamu Menyehatkan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

9. Cengkeh

Cengkeh - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Seperti yang diketahui, bahwa cengkeh memiliki aroma yang khas dan disukai manusia. Tapi aroma khas cengkeh ternyata tidak disukai oleh tikus. 

Sehingga, cengkeh bisa dijadikan tanaman pengusir tikus. Kamu bisa ambil bunga cengkeh dari pohonnya, lalu simpan di dalam kasa, setelah itu kamu tinggal letakan di sudut-sudut rumah. Niscaya, tikus tidak akan mau mendekat apalagi masuk ke rumah kamu.

10. Lada bubuk

Lada bubuk - 10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Efektif

Meski bukan termasuk tanaman pengusir tikus, lada bubuk yang sering digunakan untuk masak, ternyata juga bisa membasmi tikus loh. 

Kamu bisa taburkan lada bubuk di tempat-tempat yang sering dilewati tikus. Dengan aroma khas yang pedas, akan membuat tikus enggan mendekati. 

Nah, itu dia beberapa informasi terkait tanaman pengusir tikus. Jika tidak segera dibasmi, tikus akan membawa kuman penyakit bahkan virus, terlebih di masa pandemi seperti ini, kebersihan rumah harus sangat diperhatikan. 

Jika, salah satu anggota sudah terserang penyakit, seperti flu, diare, dan lain-lain akibat penyakit yang dibawa tikus, besar kemungkinan, seluruh anggota keluarga bisa tertular.  

Lindungi Rumah dari Tikus Pakai Tanaman, Lindungi Diri dari Risiko Penyakit Pakai Asuransi Kesehatan

Nah, selain melindungi rumah dari tikus dan hama lainnya, kamu juga harus melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko penyakit, dengan asuransi kesehatan. Tidak hanya risiko kesehatan, asuransi kesehatan juga meminimalisir kerugian finansial. 

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, setiap individu, seperti sudah harus wajib memiliki asuransi kesehatan. Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan dengan mudah hanya melalui CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa mengetahui segala informasi terkait produk asuransi kesehatan, membandingkan produk, hingga mengajukan secara online. Jadi, kapan lagi kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dengan mudah dan praktis, seperti di CekAja.com?