Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Tanaman-tanaman Cantik yang Bisa Membuat Udara Rumahmu Lebih Sehat

by Ariesta on 16 Desember, 2016

budidaya tanaman - CekAja.com

Dekorasi membuat rumah tampak lebih indah. Pajangan seperti guci atau barang-barang antik lainnya memang mempercantik rumah, tapi perawatannya butuh usaha dan biaya ekstra.

Nah, kenapa tidak memilih tanaman yang lebih murah dan jelas-jelas membuat rumahmu lebih sehat. Tanaman meningkatkan kadar oksigen, menyingkarkan racun di udara, sehingga membuat udara di dalam rumah lebih sehat.

Selain lebih sehat, suasana rumah pun jadi lebih segar karena bernuansa hijau. Letakkan tanaman-tanaman berikut ini dan rasakan manfaatnya.

Lidah buaya

Gel di dalam lidah buaya memiliki manfaat menyembuhkan. Tidak hanya meredakan perih pada kulit yang terbakar matahari, tapi juga mempercepat penyembuhan luka. Lidah buaya ibarat monitor kualitas udara di dalam rumah.

Tanaman ini membantu kamu membersihkan udara yang terkontaminasi polusi sperti yang terdapat dalam cairan pembersih. Jika udara di dalam rumah kotor atau terkontaminasi, warna lidah buaya akan berubah cokelat. Letakkan lidah buaya di tempat yang terkena sinar matahari. (Baca juga: Ini Caranya Agar Rumahmu Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa Pasang AC)

English Ivy

Para ilmuwan NASA memasukan English Ivy sebagai tanaman pembersih udara nomor satu. English Ivy merupakan tanaman paling efektif menyerap formaldehyde. Tanamam ini juga cepat tumbuh dan mudah dirawat. Tanam di temperature sedang dengan kadar sinar matahari sedang.

Pohon karet

Pohon karet sangat bagus dalam membersihkan udara dan merupakan salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh. Hal ini karena pohon karet dapat tumbuh bahkan dalam pencahayaan redup dan iklim dingin. Tumbuhan yang mudah dipellihara ini memiliki kekuatan dalam mengeliminasi racun dan berperan sebagai pembersih udara yang efektif.

Lili

Bunga lili tidak hanya cantik, tapi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi racun di udara. Cara pemeliharaannya pun tergolong mudah.

Snake Plant (Lidah mertua)

Di Amerika tanaman ini disebut sebagai snake plant, di Indonesia dikenal dengan nama lidah mertua. Lidah mertua tidak butuh banyak sinar matahari atau air untuk tumbuh. Karenanya tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam rumah.

Lidah mertua menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen di malam hari (sedangkan tanaman lain menghasilkan oksigen di siang hari). Taruh satu di sudut kamarmu sebagai pembersih udara alami.

Bambu

Bambu yang multifungsi juga termasuk dalam daftar NASA sebagai pembersih udara nomor satu dengan skor 8,4. Bambu membersihkan benzene dan trichloroethylene. Bambu tumbuh subur jika mendapat sinar matahari langsung dan asupan air yang cukup.

Philodendron

Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo (“cinta”) dan dendron (“pohon”). Sama seperti English Ivy, tanaman ini juga sangat baik dalam menyerap racun xylene.

Philodendron dapat hidup hingga bertahun-tahun jika dirawat. Sirami dengan air takaran sedang dan sinari dengan matahari agar daun-daunnya yang cantik tumbuh subur. 

Spider plant

Spider plant merupakan tanaman hias yang paling banyak dikenal.  Tanaman ini mudah dirawat dan juga masuk ke dalam daftar NASA sebagai pembersih udara terbaik. Spider plant berperan hebat dalam melawan polusi seperti benzene, formaldehyde, carbon monoxide, dan xylene.

Sirih gading

Sirih gading telah sejak dulu digunakan sebagai tanaman hias. NASA menyebut jika sirih gading mampu menyerap toksik formaldehyde yang terkandung dalam udara. Tanaman ini bisa diletakkan di meja atau digantung. Gantung di dapur atau ruang keluarga dan rasakan udara di rumah jadi lebih bersih dan segar. (Baca juga: 20 Keinginan yang Sering Jadi Resolusi Tapi Selalu Gagal)

Lavender

Lavender merupakan anti nyamuk alami. Lavender mengandung linalool dan linalyl acetate yang aromanya tidak disukai nyamuk. Dengan memelihara tanaman ini di rumah, kamu tidak perlu membakar atau menyemprot obat nyamuk yang baunya menyengat. Dengan demikian keluarga lebih sehat dan terhindar dari deman berdarah.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon dan cash back hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di CekAja.com.

Tentang Penulis