Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tanda Baterai HP Bocor, Lemah, atau Rusak Beserta Cara Mengatasinya

by Estrin Vanadianti Lestari on 29 Maret, 2020

Seperti yang diketahui bahwa handphone atau HP, saat ini sudah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang. Tidak hanya karena fungsinya, pengguna juga mengincar keunggulan dari setiap produk HP, seperti memori, kamera, RAM, hingga ketahanan baterainya. Namun, sebagian dari pengguna HP ternyata tidak tahu tanda baterai HP bocor, melemah, atau rusak.

Padahal, baterai menjadi bagian paling penting dari barang multifungsi tersebut. Tanpa baterai yang sehat, HP tak memiliki fungsi apa-apa, bahkan hanya untuk sekedar berkomunikasi. Jadi, sangat penting untuk diketahui bagi para pengguna, terkait tanda baterai HP bocor, lemah atau rusak.

Namun, biasanya juga disebabkan dengan ulah penggunanya sendiri. Pasalnya, untuk kasus baterai HP bocor ketika baru beli, itu sangat jarang terjadi. Nah, sebelum mengetahui ciri-ciri nya, lebih baik simak penyebab baterai HP bocor berikut:

Penyebab Baterai HP Bocor
  • Sering atau bahkan terlalu sering charger HP, di mana setiap bertemu colokan langsung charger, powerbank masih penuh langsung charger.
  • Melakukan charger ketika daya baterai masih cukup banyak atau di atas 40%
  • Menggunakan HP untuk telepon, bermain game, streaming, ketika sedang dicharge
  • Sering menggunakan chargeran yang berbeda-beda
  • Menggunakan chargeran palsu atau tidak original
  • Melakukan charger di colokan yang memiliki tegangan terlalu tinggi

Terlebih, jenis baterai yang tertanam dalam produk HP terbaru merupakan jenis baterai permanen, sehingga sudah jarang yang baterainya bisa dilepas-pasang. Sehingga, jika ada tanda baterai HP bocor, lemah atau rusak, kamu tidak bisa memeriksa kondisi baterai secara langsung.

Tanda Baterai HP Bocor, Cepat Lemah, dan Rusak

Nah, daripada kamu terus-terusan melakukan kesalahan yang menyebabkan baterai HP bocor tanpa disadari, lebih baik intip tanda baterai HP bocor, lemah, dan rusak berikut ini:

1. Baterai HP Cepat Penuh dan Cepat Habis

Tanda baterai HP bocor, lemah dan rusak yang pertama adalah ketika baterai HP cepat penuh saat di charge, namun cepat habis saat digunakan. Nah, jika tanda ini terjadi pada baterai HP kamu, artinya daya penyimpanan baterai sudah mulai rusak.

2. Ketika Charge Baterai HP Penuh, Setelah Dicabut Langsung Mati

Tnda baterai HP bocor, lemah dan rusak berikutnya adalah ketika HP dicharger baterai menunjukan bahwa daya sudah penuh, namun setelah dicabut, HP tiba-tiba langsung mati.

Nah, jika tanda ini terjadi pada HP kamu, maka ini menandakan bahwa adanya kerusakan total pada baterai HP kamu. Sehingga, kamu harus menggantinya agar HP bisa digunakan kembali.

3. Bagian Belakang HP Terlihat Mengembung

Sama halnya dengan HP yang memiliki baterai yang bisa dilepas, tanda baterai HP bocor pada jenis HP dengan baterai tanam adalah terlihat bagian belakang HP yang mengembung.

Jika kamu tidak bisa melihatnya dengan jelas, kamu bisa melihatnya dengan meletakan HP di lantai atau permukaan yang rata. Setelah itu putar HP kamu, jika HP bisa berputar, maka bisa dipastikan baterai HP mengembung.

(Baca Juga: 10 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Paling Ampuh)
4. HP Sulit Penuh atau Lama Terisi Ketika Dicharger

Tanda selanjutnya adalah daya pengisian baterai ketika dicharger sulit penuh. Umumnya, waktu charger hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja hingga daya terisi penuh.

Namun, jika waktu daya pengisian baterai kamu lebih dari 3 jam, maka kemungkinan besar baterai HP kamu bocor atau bermasalah.

5. HP Sering Panas

Tanda baterai HP bocor selanjutnya ini juga mungkin sering terjadi pada HP kamu, yakni HP jadi sering panas, bahkan ketika tidak kamu gunakan.

Umumnya, HP akan panas jika digunakan untuk bermain game, telepon, menonton video, edit foto atau video dan lain-lain yang terlalu lama. Namun, jika HP kamu panas bahkan ketika tidak sedang digunakan, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda baterai kamu bocor, lemah, atau rusak.

6. Indikator Baterai Tidak Muncul

Biasanya, ketika melakukan pengisian daya HP, ikon baterai di HP akan muncul ikon, bahwa HP sedang dalam pengisian daya. Ikon tersebut biasanya muncul di samping simbol baterai atau ditengah-tengah baterai.

Namun, jika ikon indikator tersebut tidak muncul saat pengisian daya, maka hal tersebut perlu kamu curigai. Kemungkinan yang bisa dilihat adalah chargeran kamu yang bermasalah, atau bisa menjadi sebuah tanda baterai HP bocor. lemah atau rusak.

7. HP Hanya Bisa Hidup Jika Dicharger

Tanda yang terakhir adalah HP hanya bisa hidup ketika dicharger saja. Sehingga, kamu hanya bisa menggunakan HP dengan keadaan tercolok chargeran saja.

Dalam kasus ini, sudah dipastikan bahwa baterai HP kamu sedang bermasalah. Kamu harus segera mengganti baterai HP kamu dengan yang baru. Hal ini perlu dilakukan, agar kegiatanmu tidak dibatasi dengan baterai HP yang rusak dan mati ketika tidak dicharger.

Cara Mengatasi Baterai HP Bocor

Jika keadaan baterai HP kamu masih memperlihatkan tanda-tanda bocor yang masih ringan, maka kamu bisa mengatasinya agar tidak semakin bocor. Berikut cara mengatasi baterai HP yang bocor:

  • Pilihlah wallpaper warna gelap
  • Menggunakan dark mode
  • Matikan aplikasi Google bawaan
  • Gunakan fitur atau aplikasi penghematan baterai
  • Rajin update aplikasi
  • Atur kecerahan layar

Nah, itu dia beberapa informasi tanda baterai HP bocor beserta cara mengatasinya, Jika baterai HP sudah menunjukan tanda yang sudah parah, maka harus dilakukan perbaikan atau ganti baterai secepatnya.

Mau punya HP dengan baterai super awet, fast charging, tanpa takut bocor? Kamu bisa loh miliki HP dengan teknologi baterai tersebut, dengan pasaran harga yang tidak terlalu mahal.

Jangan lupa, melakukan pembayaran dengan kartu kredit, agar kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan. Karena, selain lebih praktis, kartu kredit bisa memberikanmu banyak promo menarik ketika membeli HP.

Mulai dari diskon, cashback, cicilan 0 persen, hingga rewards. Yuk. tunggu apa lagi, ajukan segera kartu kredit pilihanmu hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk