6 Tanda Penuaan Kulit Kepala dan Rambut, Salah Satunya Beruban!

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Jika kamu mengalami hal-hal berikut di kepalamu, besar kemungkinan itu adalah sebuah tanda penuaan kulit kepala dan rambut, yang seharusnya bisa kamu cegah! Hal-hal seperti apa? Yuk simak informasi lengkapnya di sini!

Ternyata, tanda-tanda penuaan dini, tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja loh. Pasalnya, kulit kepala dan rambut, juga bisa mengalami penuaan, dengan memberi tanda yang wajib kamu ketahui.

Generasi Milenial Takut Mengalami Penuaan Dini 

Jika, penuaan dini terjadi pada wajah kulit, seperti muncul garis-garis halus, lipatan di bawah mata, hingga keriput, mungkin kamu akan langsung menggunakan produk anti-aging.

Bahkan, dilansir journal.sociolla.com, sebuah survei pernah dilakukan, dan menghasilkan jawaban bahwa sebanyak 42 persen wanita milenial (usia 25-35 tahun), sudah memiliki kekhawatiran akan tanda penuaan dini.

Dengan ketakutan tersebut, banyak dari mereka yang sudah mulai menggunakan produk perawatan anti-aging, di usia 26 tahun.

Lantas, apa saja tanda penuaan kulit kepala dan rambut, yang bisa dilihat dan bagaimana cara mencegahnya?

Sebelum membahas tanda penuaan kulit kepala dan rambut, yuk simak dulu sekilas tentang penuaan dini pada kulit kepala dan rambut, berikut ini.

Faktor Penuaan Dini Kulit Kepala dan Rambut

Dilansir dari kumparan.com, Dr. Jennifer Chwalek, MD, yang merupakan seorang dokter kulit, asal Millburn New Jersey mengatakan bahwa, adanya tanda penuaan kulit kepala dan rambut, di usia 20-an umumnya, disebabkan oleh faktor gen.

Tidak hanya gen, faktor stres yang tidak bisa diatasi dengan baik, juga bisa menjadi faktor penuaan dini pada kulit kepala dan rambut.

(Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Rontok)

Selain faktor dari dalam, faktor luar juga ikut mempengaruhi terjadinya penuaan kulit kepala dan rambut, yakni sinar matahari.

6 Tanda Penuaan Kulit Kepala dan Rambut

1. Kulit kepala terasa gatal dan mudah berketombe

Tanda penuaan kulit kepala dan rambut yang pertama adalah kamu akan merasa gatal dan mudah berketombe.

Tidak hanya kulit wajah dan kulit lainnya, kulit kepala juga memiliki lapisan sel kulit mati, yang akan terus meregenerasi.

Namun, jika waktu proses regenerasi terlalu cepat, hal tersebut bisa mengakibatkan berkurangnya produksi minyak alami kulit kepala.

Hal tersebut juga yang akan membuat serpihan sel kulit mati, berubah menjadi ketombe. Maka tak heran jika, kulit kepala akan mudah berketombe dan terasa sangat gatal.

Tidak hanya itu, polusi udara, juga bisa menjadi salah satu faktornya. Kualitas udara yang buruk, mengakibatkan melemahnya lapisan kulit epidermis dan dermis.

Jika digaruk, kulit kepala akan semakin mengelupas, bahkan garukan juga bisa mengakibatkan luka.

Jadi, jika tanda tersebut mulai dirasakan, cobalah untuk melakukan perawatan rambut, dan lindungi kepala dengan pelindung agar terhindar dari polusi.

2. Kulit kepala terasa lebih kering dan bersisik

Selain gatal dan berketombe, tanda penuaan kulit kepala dan rambut, juga akan terasa lebih kering, tidak ternutrisi dan bersisik.

Perlu diketahui, bahwa kulit kepala secara alami memproduksi minyak sebum, yang akan berfungsi untuk melembabkan kulit kepala.

Sehingga, jika kulit kepala menjadi kering, artinya terjadi penurunan produksi minyak, yang membuat kulit kepala menjadi kaku.

Seperti kulit wajah, ketika kulit kepala kering maka akan lebih mudah mengalami masalah. Sebut saja seperti eksim, karena kulit kepala yg kering akan membuat bakteri lebih mudah masuk.

3. Rambut menjadi kusam

Rambut yang sehat, tentu akan terlihat hitam dan berkilau. Sehingga jika kamu merasa rambutmu menjadi kusam tak berkilau, bisa jadi termasuk tanda penuaan kulit kepala dan rambut.

Hal tersebut biasanya terjadi karena rambut kamu sering terpapar sinar matahari, polusi, udara terlalu panas atau dingin, hingga akibat perawatan yang salah.

Selain itu penyebab lain rambut kusam juga bisa dikarenakan, penggunaan sampo yang berlebihan, menggunakan produk yang tidak tepat, hingga faktor hormonal.

Faktor hormonal ini, biasa dialami oleh orang yang sedang stres hingga ibu hamil. Jika kamu merasakan tanda ini, segeralah lakukan perawatan rambut yang tepat, agar rambut bisa kembali berkilau.

4. Rambut menjadi rapuh dan kasar

Selain berkilau, rambut sehat juga akan terlihat halus, kuat, hingga mudah diatur. Jika rambutmu mudah rapuh, bercabang, dan kasar, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda penuaan kulit kepala dan rambut.

Tanda penuaan ini, biasanya diakibatkan, kamu yang sering menggunakan hairdryer dan catokan.

Pasalnya, alat tersebut menimbulkan hawa panas pada rambut, dan rambut bisa kehilangan kelembabannya.

Nah, untuk cara mengatasinya, kamu bisa melakukan berbagai perawatan rambut, seperti menggunakan vitamin rambut, masker rambut, serum, dan lainnya.

5. Volume rambut mulai berkurang

Tanda penuaan kulit kepala dan rambut yang berikutnya ini, mungkin lebih sering terjadi yakni rambut perlahan, akan kehilangan volume dan ketebalannya, terlebih pada saat usia seiring bertambah tua.

Proses penipisan rambut ini, umumnya ditimbulkan oleh pola makan yang tidak sehat, kurangnya nutrisi untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, hingga faktor genetik.

Ada banyak cara untuk mengembalikan volume rambut, meski tidak sesubur saat muda, yakni dengan perawatan, minyak penyubur rambut, shampo.

Meski tidak membuat tebal seperti harapan kami, perawatan tersebut setidaknya bisa membuat kulit kepala dan akar rambut lebih kuat, dan tidak mudah rontok.

6. Rambut mulai beruban

Semakin tua, rambut manusia akan berubah warna menjadi putih, atau biasa disebut dengan uban. Maka tak heran, jika tanpa penuaan kulit kepala dan rambut ini terjadi, kamu sering disebut sudah tua.

Nah, dengan seiring bertambahnya usia, ternyata juga bisa menyebabkan dua sel pigmen pada rambut, eumelanin dan pheomelanin, memburuk sehingga menghasilkan warna keabuan.

Jika rambut sudah berubah warna menjadi keabuan atau putih, maka tidak akan bisa kembali lagi menjadi hitam.

Bila masalah tersebut kamu alami, cara mengatasinya hanyalah dengan menyemir rambut, menjadi warna hitam. Kamu bisa menggunakan pewarna alami, seperti minyak kemiri dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa tanda penuaan kulit kepala dan rambut, yang wajib diketahui. Adapun rambut juga perlu dijaga, karena rambut adalah mahkota kepala.

Untuk merawatnya, kamu bisa melakukan berbagai cara, mulai dari yang alami, hingga yang praktis seperti ke salon.

(Baca Juga: 10 Merek Hair Tonic Terbaik)

Nah, buat kamu yang lebih suka perawatan ke salon, terlebih masalah rambut sudah sangat parah, kamu bisa pergi ke salon khusus perawatan.

Kamu bisa melakukan perawatan hair mask, creambath, spa rambut, pemberian serum dan vitamin, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu repot menyiapkan peralatan dan bahan, kamu hanya tinggal membayar biaya perawatannya.

Agar lebih hemat dan praktis, kamu juga bisa melakukan pembayaran biaya perawatan rambut, menggunakan kartu kredit.

Dengan kartu kredit, semua hal apapun bisa kamu lakukan hanya dengan sekali gesek. Kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan diskon, cashback, dan masih banyak lagi.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Dengan mengajukan kartu kredit di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan produk kartu kredit,, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, secara online.

Tidak hanya satu, tapi ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan lakukan perawatan rambut di salon favoritmu!