Tangkis Virus, Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

4 min. membaca Oleh CekAja on

Badai virus Corona atau Covid-19 belum juga berlalu. Makin hari, jumlah warga yang terpapar Corona makin meningkat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan virus Corona adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Menanam Jahe Merah Termudah Hasil Melimpah

Banyak macam hal yang dilakukan dan dianjurkan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Corona, seperti di rumah aja, rajin membersihkan tangan, menjaga jarak (social distancing/physical distancing), dan sebagainya.

Dari beragam cara itu, satu hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Imunitas tubuh yang baik bakal mampu menangkal serang virus secara efektif, tak terkecuali virus Corona.

Nah, dalam hal ini, kamu tidak perlu bergantung kepada orang lain. Kamu cukup mengonsumsi makanan serta vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Apa saja jenisnya? Berikut ini beberapa daftarnya:

1. Paprika Merah

Paprika Merah - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Mengonsumsi buah jeruk biasanya dianjurkan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin C. Itu tidak salah memang. Namun, jeruk bukanlah makanan dengan kandungan vitamin C paling banyak.

Jika kamu ingin mendapatkan vitamin C yang banyak, mengonsumsi paprika merah adalah pilihan yang tepat. Paprika merah merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C paling banyak di antara buah dan sayuran.

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak jika dibandingan dengan jeruk. Tidak hanya itu, makanan jenis ini juga kaya akan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

Sebagaimana diketahui, vitamin C sangat penting bagi kesehatan dalam hal meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga diyakini dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan serta membantu perbaikan jaringan di dalam tubuh.

2. Bawang Putih

Bawang Putih - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih? Mudah ditemukan di pasaran, bawang putih hadir untuk memberikan cita rasa yang nikmat pada beberapa jenis masakan.

Tidak hanya memberikan kenikmatan dalam makanan, bawang putih juga berperan dalam memberikan “kenikmatan” pada kesehatan. Bawang putih diyakini mampu memerangi infeksi yang menyerang tubuh.

Bawang putih memiliki konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang. Hal itulah yang membuat bawang putih dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat melawan infeksi pada tubuh.

(Baca juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh)

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga siung bawang putih per hari dapat mencegah kamu dari serangan pilek. Atau jika sudah telanjur, mengonsumsi bawang putih akan memulihkan kamu dari pilek tersebut.

Tidak hanya itu, mengonsumsi bawang putih secara rutin juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Brokoli

Brokoli - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Sayuran gimbal ini merupakan salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar tubuh memiliki sistem imun yang baik dalam rangka menjaga kesehatan.

Brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

Kandungan nutrisi pada brokoli inilah yang dapat menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa melawan serangan bakteri dan virus.

Guna mendapatkan nutrisi yang maksimal dari sayuran jenis ini, kamu bisa memakannya dalam kondisi mentah tentunya setelah dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu. Tidak suka mentah, mengonsumsinya setelah dimasak pun tidak masalah.

4. Bayam

Bayam - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Seperti halnya brokoli, bayam juga kaya akan vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan antioksidan. Nutrisi pada bayam ini dinilai berkerja sangat efektif dalam rangka menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilihan cara mengonsumsinya pun sama dengan brokoli. Kamu bisa memakan bayam dalam kondisi mentah agar mendapat nutrisi yang maksimal. Namun, mengonsumsi setelah dimasak pun tidak masalah.

Hanya, jangan memasak bayam dalam waktu yang terlalu lama. Sebab, hal itu bisa menyebabkan nutrisi pada bayam terbuang dengan percuma.

5. Yogurt

Yogurt - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Mengonsumsi yogurt juga dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan jenis ini mengandung probiotik yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Probiotik merupakan bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan manusia. Bakteri ini berperan dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Selain itu, probiotik yang terkandung pada yogurt juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Yogurt bukanlah jenis makanan yang sulit untuk didapatkan di pasaran. Hanya, kini banyak tersedia yogurt dengan berbagai rasa.

Alih-alih mengonsumsi yogurt yang sarat akan kandung gula, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi yogurt tawar. Saat melahapnya, kamu bisa menambahkan buah-buahan dan madu untuk mendapatkan rasa manis.

6. Jahe

Jahe - Tangkis Virus Ini 6 Jenis Makanan Penggenjot Imun Tubuh

Begitu wabah virus Corona merebak, jahe merupakan salah satu makanan yang cukup sulit ditemui di pasaran. Sebab, makanan ini dianggap mampu menangkal serangan virus yang belum ada obat ataupun vaksinnya ini.

Di masyarakat, jahe dikenal sebagai campuran masakan dan sebagai obat yang diramu menjadi minuman. Sebagai obat, mengonsumsi jahe memberikan efek hangat pada tubuh sehingga sering dimanfaatkan untuk mengusir masuk angin.

Terlepas dari hal itu, jenis tanaman rimpang ini memang memiliki kandungan zinc dan zat besi. Nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi jahe diyakini dapat mencegah atau melawan serangan infeksi pada tubuh.

(Baca juga: Cara Menanam Jahe Merah Termudah Hasil Melimpah)

Tak ayal jahe menjadi makanan sederhana yang diburu masyarakat untuk menangkal virus yang menyerang sistem pernapasan ini, hingga langka di pasaran.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Buruan beli di supermarket terdekat untuk melindungi kamu dan keluarga dari virus Corona.

Biar belanjanya lebih hemat, manfaatkan kartu kredit CIMB Niaga yang bisa kamu ajukan lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

CekAja

CekAja