Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tanpa Agunan Pun Anda Bisa Dapatkan Pinjaman 100 Juta!

by Satrya Agung on 10 November, 2016

Hidup kadang di atas, kadang di bawah. Kadang banyak duit, tapi kok seringnya bokek ya? Bukannya apa-apa, walau sudah bersusah payah untuk berhemat dan menabung sebanyak mungkin, tapi ketika tertimpa musibah, maka semua rencana keuangan pun bisa berantakan.

Sebagai contoh, tahukah kamu bahwa 75% orang bankrut ketika didiagnosa terkena kanker. Ini disebabkan tingginya biaya pengobatan sedangkan si pasien tidak mempunyai asuransi. Tak ayal semua tabungan dan asset akan terkuras habis.

Oke, itu tadi sebuah contoh kasus, dan mari kita berdoa agar tak terkena masalah tersebut. Sekarang kita fokuskan saja pada solusi jika di suatu saat kita membutuhkan uang banyak untuk kebutuhan sesuatu. Apa jalan keluarnya?

Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Cara tercepat adalah dengan mengajukan permohonan pinjaman pada bank dengan tanpa agunan atau jaminan. Seperti yang sudah kita ketahui, rata-rata semua bank menyediakan program Kredit Tanpa Agunan ini atau disebut KTA. Tapi berapa jumlah pinjaman yang bisa kita dapatkan? Apakah mungkin kita mendapatkan pinjaman 100 juta dengan tanpa agunan? Apakah dana yang cair sesuai dengan yang kita ajukan?

Sebenarnya yang perlu kita perhatikan adalah berapa besaran pinjaman yang sesuai dengan keuangan kita. Yuk kita bahas…

Setiap bank sebelum menyetujui sebuah pengajuan pinjaman akan menganalisa terlebih dahulu. Baik dari sisi performa kredit kita, maupun kekuatan finansial kita.

Sebagai contoh, kita mengajukan pinjaman 100 juta tanpa agunan, tapi yang disetujui dan cair hanya 70 juta saja. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kenapa pinjaman yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataannya.

Seperti, total pendapatan perbulan atau gaji jika Anda seorang karyawan. Lalu apakah Anda mempunyai tagihan lainnya dan berapa besarannya, dan limit dan rasio pemakaian kartu kredit Anda. Ya, kartu kredit menjadi andil terpenting jika Anda akan mengajukan pinjaman dengan tanpa agunan. Itu sudah menjadi syarat paling utama.

Perlu diingat, bahwa pihak bank hanya akan menyetujui peminjaman tanpa agunan jika jumlah pinjaman tak lebih dari 4 kali limit kartu kredit yang dimiliki. Kemudian bank akan memeriksa apakah Anda mempunyai cicilan lain.

Jika ditemukan maka bank akan menganalisanya, apakah setelah semua tagihan dibayarkan (termasuk tagihan KTA dan cicilan lain) sisa dari gaji Anda masih lebih dari cukup. Karena pihak Bank juga tak ingin kehidupan Anda jadi morat-marit karena kelabakan bayar utang yang berujung kredit macet.

Kartu Kredit

Jadi kalau Anda punya kartu kredit dengan limit 25 juta maka maksimal pinjaman yang akan didapatkan sebesar 100 juta. Tapi untuk lebih detailnya baiknya Anda melakukan simulasi kredit terlebih dahulu agar mendapat gambaran jelas berapa kiranya jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

Untuk mengetahui berapa tagihan perbulan dengan membagi jumlah pinjaman dengan tenor jangka waktu kemudian digabung dari hasil perkalian jumlah pinjaman kali total bunga pertahun dikali tenor dan dibagi tenor.

Udah dapat hasilnya? Atau pusing?

Nah biar gampang, klik aja Kalkulator KTA ini. Anda tinggal memasukkan angka-angkanya dan otomatis hasilnya akan keluar. Simple kan…

Jadi…setelah Anda mendapat gambaran berapa banyak pinjaman tanpa agunan yang akan diajukan dan saat disetujui, maka dibutuhkan kedisiplinan dalam membayar tagihannya. Karena semua itu akan mempengaruhi catatan kredit Anda. Karena jika tidak, maka ini akan jadi masalah di kemudian hari. Setuju?!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.