Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tanpa Bisa Ditawar, Jenis Kosmetik Ini Wajib Masuk Daftar Belanja Kamu

by Ariesta on 17 Juni, 2016

Kosmetik tidak bisa dipisahkan dari keseharian wanita. Demi mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat, dibutuhkan perawatan yang telaten.

Selebriti Korea misalnya, terkenal akan kulit mereka yang cerah, mulus, tanpa cela. Tak mengherankan jika ritual perawatan kulit mereka sampai membutuhkan tujuh langkah.

Kosmetik dan makeup juga digunakan untuk menutupi kekurangan. Kamu yang merasa ada bagian dari wajahmu yang kurang oke, jenis kosmetik berikut wajib dimiliki.

Perawatan kulit khusus untuk si kulit sensitif

Fotolia_20303696_Subscription_L

Kulit sensitif tidak boleh memakai produk sembarangan. Jika asal memakai kosmetik atau parahnya sering berganti-ganti karena termakan iklan, siap-siap saja kulit jadi break out. Kulit break out ditandai dengan kusam atau kemerahan, berjerawat parah, bahkan mengelupas. Jika terjadi iritasi seperti ini, mungkin kamu tidak cocok dengan produk yang ada di pasaran dan harus berkonsultasi ke dokter kulit.

Memang perawatan untuk kulit sensitif pasti akan menguras kocek. Tapi sebagai kaum yang sangat peduli dengan penampilan, harga menjadi nomor dua asalkan wajah kembali ke sedia kala. (Baca juga: Mahalnya Perawatan Selebriti Hollywood Demi Tampil Cantik di Usia Tua)

Pensil alis untuk si alis botak

12-celebrities-with-and-without-their-eyebrows-2-16429-1427900420-11_big

Pensil alis memang menjadi makeup item paling ngehits selama dua tahun terakhir. Jika para selebriti Korea mempopulerkan alias rata horizontal, selebriti Hollywood menmperkenalkan alis tebal dengan ujung lancip.

Untuk mendapatkan alis yang sempurna, para wanita sampai memakai alat bantu cetakan alis. Tapi sayangnya usaha membentuk alis ini malah berakhir menjadi alis ‘Shinchan’ alias tidak alami.

Conclear untuk yang punya flek

conclear

Flek atau noda kehitaman di wajah disebabkan karena paparan sinar UV  yang menembus lapisan epidermis kulit. Bisa juga karena pemakaian kosmetik berbahan kimia, radikal bebas, dan penuaan.

Flek yang tidak bisa dihilangkan bisa disamarkan dengan menggunakan conclear. Setelah memakai pelembap, oleskan conclear di bagian flek lalu tepuk-tepuk ringan hingga menyatu dengan kulit. Sempurnakan dengan alas bedak/bb cream/cushion, lalu akhiri dengan bedak. Warna kulit pun terlihat lebih merata.

Pelembap untuk kulit kering

dry skin

Kunci kulit sehat dan tampak awet muda terletak pada kulit yang lembap. Kulit yang kering mudah menjadi keriput bahkan luka. Kamu yang memilik kulit kering wajib memakai pelembap sebelum beraktivitas.

Jika sering berada di ruangan ber-AC, semprotkan face spray tiap kali kulit terasa kencang. Perbanyak minum air putih dan oleskan krim malam sebelum tidur.

Sunblock untuk pekerja outdoor

Woman Applying Sunscreen --- Image by © Royalty-Free/Corbis

Sinar UVA dan UVB adalah musuh utama bagi kulit. Paparan sinat matahri yang berlebihan dapat menimbulkan noda hitam (flek), gangguan pigmentasi, keriput, kerusakan DNA hingga menyebabkan kanker kulit. Untuk melindungi kulit, kamu butuh memakai tabir surya/sunscreen/sunblock.

Biasanya produk sunblock mencantumkan nilai Sun Protecting Factor (SPF). Nilai tersebut menunjukkan kekuatan tabir surya dalam melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Seberapa lama kulit terlindungi oleh tabir surya sangat ditentukan oleh nilai SPF yang tertera pada produk tersebut. Misalnya sunblock dengan nilai SPF 20, berarti bisa melindungi kulit selama 20 x 10 menit = 200 menit atau sekitar tiga jam. Lewat dari itu kamu harus kembali mengoleskan jika ingin kulit tetap terlindungi.

Eyeliner untuk mata kecil

applying-liquid-eyeliner-step4

Bagi kamu pemilik mata kecil/sipit, eyeliner menjadi senjata ampuh karena dapat membuat mata terkesan lebar. Tidak perlu operasi lipatan mata seperti banyak dilakukan seleb Korea. Cukup aplikasikan eyeliner di garis mata. (Baca juga: Ladies, Enam Trik Ini Dijamin Bikin Kamu Awet Muda Meski Usia Makin Bertambah)

Ada bermacam-macam eyeliner mulai dari pensil, cair, gel. Eyeliner cair cocok digunakan sehari-hari karena ringan dan mudah diaplikasikan bagi pemula. Sayangnya eyeliner pensil lebih cepat luntur meskipun mengatasnamakan waterpoof.

Eyeliner cair lebih tahan lama namun cara pemakaiannya harus ekstra hati-hati. Kamu yang ingin mendapatkan efek mata dramatis ala wanita Timur Tengah juga bisa mencoba eyeliner kajal.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami