Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tanpa Keluar Rumah, Ibu Rumah Tangga Dapat Penghasilan Tambahan dengan Pekerjaan Ini

by Rafly Aditia on 24 Februari, 2016

izin usaha - CekAja.com

Karena kebutuhan ekonomi, banyak ibu rumah tangga cari penghasilan tambahan demi keuangan keluarga dengan melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan.

Seorang ibu rumah tangga seringkali merasa bosan dengan apa yang dilakukannya. Wajar memang, mengingat rutinitas harian yang dilakukan hanya seputar anak dan rumah. Kesibukan tersebut juga cenderung padat.

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan artinya tidak bisa ciptakan peluang bisnis dan peluang usaha yang bisa menambah pundi-pundi keuangan. Bahkan, ada beberapa pekerjaan sampingan yang berikan pendapatan menarik dan dapat dilakukan sambil urus rumah tangga.

Apalagi kebutuhan ekonomi yang menghimpit mengharuskan kamu sebagai ibu rumah tangga juga memiliki penghasilan. Nah, beberapa pekerjaan sampingan yang disebutkan di artikel ini dianggap memiliki potensi yang bisa berikan penghasilan besar.

Kelebihannya, pekerjaan ini tanpa harus meninggalkan tugas utama mengurus anak dan rumah. Penasaran apa saja pekerjaan yang bisa digeluti? Berikut adalah daftarnya:

Virtual Assistant

Profesi yang masih belum familiar di Indonesia ini ternyata cukup menghasilkan loh sebenarnya. Beberapa orang secara pribadi membutuhkan virtual assistant, mereka biasanya membutuhkan orang-orang yang bisa online dari pagi atau sore untuk menjadi asisten mereka secara online.

Pekerjaan ini bisa dibilang sangat mudah, yang penting kamu memiliki koneksi internet dan dapat mengoperasikan beberapa aplikasi messenger biasa seperti Skype, YM, dan sebagainya. Gajinya juga cukup lumayan, yaitu sebesar Rp2 juta per bulan.

Tutor Online

Kalau saat ini kamu berstatus sebagai ibu rumah tangga yang sempat mengenyam bangku perguruan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana, terutama sarjana pendidikan maka sebaiknya manfaatkan kelebihan tersebut untuk menjadi tutor.

Namun, tutor yang dimaksud bukan sebagai guru privat yang datang kerumah tetapi sebagai tutor online. Saat ini, di negara-negara maju sudah banyak orang yang menjalankan profesi sebagai tutor online. Uang yang didapatkan juga cukup menarik, setidaknya cukuplah untuk menambah penghasilan suami. (Baca juga: Sepele, Tapi Bisa Bikin Keuangan Kamu Lebih Sehat dan Hemat?)

Translator

Perlu diketahui, saat ini pekerjaan untuk menjadi translator atau penerjemah banyak yang tidak mengharuskan kehadiran di kantor sebanyak 5 hari seminggu. Di zaman yang modern ini, banyak sekali pekerjaan sebagai Translator yang bisa dilakukan di rumah asalkan memiliki koneksi internet yang mumpuni untuk bekerja.

Pastinya, kondisi ini akan sangat cocok bagi ibu rumah tangga karena bisa sekaligus bekerja sekaligus mengurus anak di rumah. Gaji sebagai penerjemah online juga cukup menggiurkan yaitu untuk yang berpengalaman kurang dari 3 tahun bisa mendapatkan gaji bulanan hingga 5 juta rupiah seperti yang dilaporkan oleh hasil survei dari gajimu.com.

Writer/Editor

Tidak jauh berbeda dengan pekerjaan sebagai translator. Bekerja sebagai Writer/Editor juga kini bisa dilakukan di rumah. Sudah banyak perusahaan yang memperbolehkan para writer/editor mereka bekerja dimanapun yang mereka mau asalkan pekerjaannya dapat terlaksana dengan baik dan pastinya tepat waktu.

Untuk itu, bidang pekerjaan yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga yang memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang penulisan. Gaji sebagai writer atau editor online pun juga cukup menggiurkan, menurut website qerja.com penghasilan sebagai writer cukup beragam yaitu berada di kisaran Rp 2,5 juta – Rp 8 juta per bulan tergantung pengalaman, tanggung jawab dan perusahaan tempat bekerja tentunya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami