Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tarif Endorsement 7 Artis Ini Selangit, Ada yang Sampai Miliaran

by Sindhi Aderianti on 7 November, 2019

Seorang artis dengan nama besarnya, memiliki banyak peluang untuk meraup lebih banyak pundi-pundi. Tak hanya melalui pekerjaan utamanya seperti membintangi film atau iklan saja, tapi para selebritas kini punya sumber penghasilan dari endorsement di media sosial yang tak kalah menjanjikan.

Selena Gomez
Foto: Instagram/Diolah

Bagaimana tidak, followers dan likes mereka saja ada ratusan ribu hingga jutaan orang. Dua faktor itulah yang kemudian ‘mengundang’ brand dari berbagai segmen tertarik untuk mempromosikan produknya lewat media sosial artis. Logikanya jika pengikut mereka banyak, tentu barang yang dipromosikan bisa cepat laku.

Endorsement ini pastinya tidak gratis, sang pesohor akan mendapat bayaran sesuai rate card yang mereka tentukan sendiri. Umumnya, promosi tersebut dibagi menjadi 2 bentuk unggahan; feed dan IG story. Tarif endorse dari kedua unggahan tadi juga berbeda-beda, apalagi kalau postingannya berupa video. Selain dibayar, produk yang dikirimkan juga akan menjadi hak milik mereka. Menang banyak!

Media sosial, utamanya Instagram layak disebut sebagai ladang mencari uang baru. Baik artis dalam negeri ataupun luar, mereka terbukti meraup banyak untung dari endorsement ini. Soal tarif, bahkan ada yang satu postingannya dibayar Rp50 miliar. Berikut daftar 7 seleb dengan bayaran endorse tertinggi di dunia, seperti yang dikutip dari Hopperhq.com:

1. Selena Gomez

Eksistensi Selena Gomez di media sosial memang tak diragukan lagi. Jumlah followers akun Instargamnya hingga detik ini mencapai 160 juta orang. Sampai-sampai ia dijuluk ‘Ratu Instagram’. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tarif endorse pelantun The Heart Wants What It Wants tersebut meningkat amat tajam, yakni Rp7,2 miliar sekarang menjadi Rp50 miliar untuk satu buah unggahan foto.

(Baca juga: Lima Cara Meraup Uang dari Instagram)
2. Kylie Jenner

Anggota klan Kardashian-Jenner ini memang juga eksis di media sosial. Akun Instagram pribadinya kini sudah diikuti oleh 150 juta followers. Wow, hampir mendekati jumlah penduduk Indonesia ya. Kabarnya, ibu dari Stormi Webster tersebut memiliki bayaran USD1,266 juta untuk sekali posting. Jika dirupiahkan, jumlahnya bisa mencapai Rp17 miliar lebih. Sudah kaya dari ngartis dan usaha lini makeup Kylie Cosmetics, endorse pun cuan.

3. Christiano Ronaldo

Bukan artis, tapi pemain bola. Christiano Ronaldo termasuk bintang lapangan hijau yang juga memiliki bayaran fantastis untuk sekali endorse di akun Instagramnya. Punggawa Juventus ini menerima 643,08 ribu euro atau sekitar Rp14,12 miliar per unggahan. Uniknya, angka tersebut lebih tinggi daripada gaji mingguannya dalam klub asal Italia tersebut yang berjumlah 750 ribu dollar atau Rp9,6 miliar per minggu.

4. Dwayne Johnson

Jauh sebelum menjadi selebriti papan atas, Dwayne Johnson merupakan seorang pegulat profesional dengan nama panggung The Rock. Kini selain populer membintangi banyak judul film Hollywood, ia juga cukup sering menerima endorsement di Instagram. Dengan 47,84 juta followers, tarif yang dikenakan pria berotot ini untuk sekali posting adalah USD882.000. Kalau di Indonesia, hitungannya jadi milyarder dalam sedetik!

5. Syahrini

Di Indonesia, artis dengan bayaran endorse termahal sepanjang tahun ini jatuh kepada penyanyi dan sosialita Syahrini. Istri pengusaha Reino Barack itu punya jumlah followers 19,4 juta. Meski tak sebanyak pengikut Ayu Ting Ting, tarif endorse Syahrini lebih fantastis. Kalau mau bisnismu mendadak laris manis karena pelantun lagu Sesuatu tersebut, siap-siap merogoh kocek dalam-dalam, karena sekali posting-nya mencapai Rp100 juta!

6. Raffi Ahmad-Nagita Slavina

Menduduki peringkat kedua, ada pasangan hits Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan tarif endorse yang selangit. Dua sejoli tersebut mungkin tak begitu aktif lagi di dunia entertainment. Bahkan mereka baru saja memutuskan untuk rehat sejenak dari layar kaca. Namun, endorse tetap saja jalan terus. Sekali posting di Instagram, orangtua Rafathar tersebut membanderol harga sekitar Rp22 juta.

(Baca juga: Cek 5 Tips Dagang di Instagram Dijamin Laris Manis)
7. Luna Maya

Aktris dan model Luna Maya juga mematok tarif cukup mahal untuk sekali posting di Instagram. Wanita berdarah Austria ini tampak sering membantu promosi berbagai jenis brand, dari segmen ‘kelas kakap’ sampai UKM. Bermodalkan jumlah followers 23,5 juta orang, Luna memasang tarif Rp11,2 juta saat melakukan kerja sama tersebut. Walau sedang tidak mengerjakan proyek film, cuan terus ngalir nih!

Berminat menggunakan jasa endorsement artis? Meski terbilang mahal, tak dapat dipungkiri banyak penjual yang merasa diuntungkan karena exposure dari mereka. Bahkan ‘uang keluar sebanding dengan uang masuk’ pasca endorse tersebut. Jadi bisa dibilang endorsement sah-sah saja dilakukan, karena ibarat simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.