Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tata Cara dan Niat Membayar Zakat Fitrah, Jangan Sampai Terlambat!

by Sindhi Aderianti on 14 Mei, 2020

Zakat merupakan salah satu ibadah yang harus dibayarkan oleh setiap umat Muslim. Dalam rukun Islam,  berada di urutan ke-3, dimana berarti hukumnya wajib selagi mampu. Terdapat dua jenis zakat, antara lain mal dan fitrah. Khusus untuk membayar zakat fitrah, pelaksanaannya harus berlangsung sebelum salat Hari Raya Idul Fitri.

Tata Cara dan Niat Membayar Zakat Fitrah

Seperti dikutip melalui Badan Amil Zakat Nasional, pelaksanaan zakat fitrah tercantum dalam hadits Rasulullah SAW yang mengatakan, “Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum salat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR Abu Daud).

Manfaat Zakat Fitrah

Tidak ada kewajiban yang diperintahkan tanpa alasan tertentu. Zakat, termasuk fitrah memberi banyak manfaat. Baik itu untuk penerima zakat (mustahiq), serta pemberi zakat (muzaki). Berikut di antaranya manfaat-manfaat tersebut:

1. Membersihkan harta dan jiwa

Pada harta yang kita miliki, sejatinya terdapat hak-hak orang lain di dalamnya. Dengan mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki untuk kaum yang berhak, tentunya akan mensucikan harta kita. Setelah menunaikan zakat, perasaan seseorang juga akan lebih lega dan hati lebih tenang karena salah satu kewajiban sudah dilaksanakan.

2. Sarana pengendalian diri

Zakat membuat kita semakin pandai mengendalikan diri, baik dalam menggunakna uang ataupun bersikap. Dengan zakat fitrah, diri pun kembali diingatkan untuk mensyukuri nikmat dari Yang Maha Esa. Sementara itu ketimbang menggunakan uang secara konsumtif, akan lebih baik kalau digunakan untuk kebaikan sesama. Lewat zakat yang ditunikan, selain mendapatkan pahala juga hati jadi lebih tenang.

3. Pengelolaan uang

Manfaat zakat yang bisa dirasakan secara personal juga mencakup urusan pengelolaan uang. Dengan menunaikan zakat, kita akan terbiasa mengatur keuangan. Karena kita akan menghitung anggaran keuangan yang dibutuhkan. Dengan begitu, akan membuat kita selalu menyisihkan uang di awal. Kita juga akan lebih bijak dalam menggunakan harta yang dimiliki.

4. Mengurangi kemiskinan

Selain mendapat pahala, zakat dapat memperpendek jurang antara si kaya dan si miskin. Bagaimana tidak, zakat dengan memberikan sebagian harta yang kita punya kepada orang-orang yang membutuhkan dapat membantu pemerintah untuk mengurangi kemiskinan.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok, seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Kualitas beras atau makanan pokok ini juga harus sesuai dengan yang kita konsumsi sehari-hari.

Tak hanya membayarkan dengan beras atau makanan pokok, umat Muslim juga diperbolehkan membayar zakat fitrah dalam bentuk uang tunai seharga 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras.

(Baca Juga: Cara Aman Bayar Zakat Online Lewat BAZNAZ Direkomendasikan OJK)

Niat Zakat Fitrah

Bukan hanya soal tata cara membayar harus diketahui sesuai pedoman, membayar zakat fitrah juga harus disertai niat. Niat membayar zakat menjadi penentu apakah amalan yang dilakukan sah atau tidak. Berikut merupakan doa lengkap membayar zakat fitrah:

  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Nawaitu an ukhrija zakaatalfithri ‘an nafsii fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitraah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah ta’aala.”

  • Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Nawaitu an’ukhrija zakaatalfithri ‘anwalidii … fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku (sebutkan nama) fardu karena Alalh ta’aala.”

  • Niat Zakat Fitrah untuk Istri

Nawaitu an ukhrija zakaatafithri ‘anzawjatii fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah ta’aala.”

  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Nawaitu an’ukhrija zakaatalfithri ‘annii wa’anjamii’i maa yalza munii nafakootuhum syar’an fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya ku tanggung fardu karena Allah ta’aala.”

  • Niat Zakat Fitrah untuk Perempuan

Nawaitu an’ukhrija zakaatalfithri ‘anbintii … fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku (sebutkan nama) fardu karena Allah ta’aala.”

  • Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

Nawaitu an’ukhrija zakaatalfithri ‘an … fardhon lillaahi ta’aala; “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk (sebutkan nama) fardu karena Allah ta’aala.”

Langkah Melakukan Zakat Online

Tren membayar zakat fitrah telah berubah. Apalagi saat ini, PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 masih berlangsung hinga akhir Mei 2020. Pembayaran zakat secara online pun dinilai sebagai langkah yang tepat bagi masyarakat selagi di rumah saja.

Simpul Kebaikan merupakan situs pembayaran zakat dan donasi secara online, dikelola langsung oleh BAZNAS (BAZIS) milik Provinsi DKI Jakarta. Melalui situs ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran zakat fitrah secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs Simpul Kebaikan https://simpulkebaikan.id/
  2. Pilih opsi Zakat Fitrah dan “Donasi Sekarang
  3. Selanjutnya, pilih jumlah anggota keluarga yang ingin kamu bayarkan zakat fitrahnya. Setiap orang akan dikenakan biaya zakat fitrah sebesar Rp 35.000.
  4. Lanjutkan dengan menekan tombol “Donasi Sekarang”
  5. Setelah muncul notifikasi yang menunjukan bahwa pembayaran telah dimasukan secara otomatis ke keranjang, pilih opsi “Bayar Sekarang”.
  6. Pada laman berikutnya, pastikan kamu sudah memasukan jumlah orang yang ingin dibayarkan zakat fitrahnya dengan benar.
  7. Jika sudah, klik tombol “Pilih Metode Pembayaran” da kamu dapat mengisi profil data diri pada kolom-kolom yang sudah tersedia.
  8. Pilih metode pembayaran dan klik “Bayar Sekarang”.
  9. Lakukan pembayaran sesuai dengan nomor rekening yang tercantum.
  10. Terakhir, konfirmasi pembayaranmu dengan memilih opsi “Konfirmasi Donasi” dan masukan nomor invoice pembayaran.

Seperti itulah tata cara dan niat membayar zakat fitrah. Segerakan ibadah ini sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Semoga niat baikmu ini sah dan diterima oleh-Nya.

Butuh produk keuangan untuk mempermudah segala urusanmu di tengah pandemi ini? CekAja.com menawarkan beragam asuransi, kartu kredit , hingga pinjaman online terpercaya yang bisa kamu ajukan secara online. Cukup akses www.cekaja.com untuk  mendapatkannnya. Silahakn mencoba!

(Baca Juga: Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.